One Day Tour di Irlandia: Lagi-lagi Mendapat Pelajaran

Dublin bukan satu-satunya county (Irlandia membagi wilayahnya ke dalam county-county) di Irlandia yang memiliki banyak spot wisata. Ada beberapa county di luar Dublin yang objek wisatanya terlalu sayang untuk dilewatkan. Nggak perlu susah-susah menyewa kendaraan untuk bisa mengunjungi county-county ini. Cukup dengan ikutan tur satu hari atau one day tour saja.

Mencari agen yang memfasilitasi one day tour ini juga nggak sulit. Biasanya di hotel atau hostel tersedia tawaran-tawaran one day tour ini. Namun biasanya pihak hotel atau hostel bekerjasama dengan agen one day tour tertentu, sehingga pilihannya tidak banyak. Nah, kalau pilihannya mau lebih variatif, kita bisa datang ke pusat-pusat informasi turis yang tersebar di berbagai pelosok Dublin.

Saat traveling ke Irlandia pada September 2013 lalu, saya ikutan 2 one day tour. Yang pertama saya menggunakan jasa Over The Top Tours dengan tujuan Wicklow Mountain National Park. Berkumpul di meeting point, di depan Gresham Hotel, O'Connell Street pada pukul 09.00, sore hari sekitar pukul 17.00 saya sudah sampai lagi di Dublin. Biayanya cukup 28 Euro saja. Harga tersebut sudah all in kecuali untuk makan siang di sebuah restoran yang sudah mereka tentukan, yang harus dibayar sendiri.

Hari itu, mini van ini full membawa para peserta tur

Menggunakan mini van berwarna merah, tur dipandu oleh Denis yang bukan saja berfungsi sebagai pemandu wisata tapi juga sopir. Sepanjang perjalanan Denis akan menerangkan tentang tempat-tempat wisata yang kami kunjungi. Overall Denis adalah orang yang informatif dan cukup menyenangkan. Satu-satunya masalah yang saya hadapi adalah aksen Irlandianya yang kadang membuat saya harus meminta penjelasan ulang ;p

One day tour kedua yang saya ikuti adalah dari MacCoole Tours dengan tujuan Cliffs of Moher. Berbekal pengalaman dari tur sebelumnya, jadi wajar bila saya berekspektasi bahwa tur kali ini tidak jauh berbeda dengan hari kemarin. Namun ternyata one day tour ini berbeda. Bila yang pertama, semua peserta tur ini menggunakan mini van yang sama dengan pemandu yang terus mendampingi dari awal sampai akhir, tidak demikian yang ini.

Bertemu di meeting point, di depan Dublin Tourism Office pada pukul 07.00, seorang perempuan muda bernama Caroline memperkenalkan diri sebagai salah satu dari pemilik MacCoole Tours. Selanjutnya dia menjelaskan kepada saya dan tiga peserta tur lainnya (yang merupakan perempuan semua) bahwa kami akan naik bus dan kemudian turun di suatu tempat tertentu untuk berganti bus agar bisa sampai ke tempat wisata. Caroline sendiri tidak akan ikut dalam tur tersebut.

"Jangan khawatir, sopir akan memberitahumu di mana harus turun. Kami sering kok, melakukan ini. Kamu akan baik-baik saja," kata dia kepada saya. Jelas dia melihat kekhawatiran di wajah saya. Memang sih, pada akhirnya tur berbiaya 45 Euro ini berakhir baik-baik saja, meskipun saat pergantian bus, saya dan tiga teman baru saya sempat kebingungan harus menunggu di mana untuk berganti bus selanjutnya.

Namun dari tur ini lagi-lagi saya memetik pelajaran bahwa asalkan kita kreatif semuanya bisa dilakukan. Saya berpikiran seperti ini: perjalanan ke Cliffs of Moher cukup jauh. Tidak seperti ke Wicklow yang hanya makan waktu sekitar 1 jam dari Dublin City Center, ke sini memakan waktu sekitar 3 jam. Kebayang nggak kerugian yang mereka alami ketika peserta tur hanya empat orang saja seperti hari itu. Jadi bekerja sama dengan bus antar county (yang saya naiki pertama dengan tujuan Dublin - Galway) dan dengan bus one day tour lain (yang saya naiki kedua) tentu merupakan pilihan bijak.  Cerdas!