6 Rekomendasi Oleh-oleh dari Edinburgh, Skotlandia dan Kisaran Harganya

Bawa oleh-oleh apa dari Skotlandia? Mungkin enam rekomendasi oleh-oleh dari Edinburgh ini bisa jadi masukan.

1. Shortbread 


Untuk yang suka biskuit, camilan asli Skotlandia ini wajib dibeli. Ada banyak jenis shortbread dan dijual dalam berbagai merek. Namun yang paling populer adalah dari merek Walkers. Shortbread Walkers bisa ditemui di mana-mana, baik di tempat yang menjual aneka oleh-oleh maupun camilan. Saya membeli shortbread Walkers dengan jenis Pure Butter Rounds dengan berat 150 gram. Lucunya, harga shortbread ini dijual dengan harga yang berbeda-beda. Ada yang menjualnya seharga 4.99 pounds per kotak, ada yang menjualnya seharga 10 pounds untuk tiga kotak dan ada juga yang menjualnya seharga 4.99 pounds untuk tiga kotak. Harga yang terakhir adalah yang termurah dari hasil pengamatan saya di beberapa toko. Saya membelinya di toko oleh-oleh Hector Russell di 137 - 141 High Street, Royal Mile. Bagaimana rasanya? Enak! Saya sih, suka.   

2. Anjing Skye Terrier
Saya dengan monumen Bobby

Tentunya saya tidak merekomendasikan untuk membeli anjing sungguhan. Yang saya maksud adalah merchandise dengan bentuk anjing skye terrier. Kenapa? Karena ini merupakan jenis yang sama dengan Greyfriars Bobby, anjing yang terkenal dengan kesetiannya karena ia menjaga kuburan tuannya, John Gray selama 14 tahun hingga maut menjemputnya pada 14 Januari 1872. Ia pun dikuburkan di lokasi pemakaman yang sama dengan tuannya, yaitu Greyfriars Kirkyard, Edinburg. Karena kesetiannya ini Bobby menjadi sangat terkenal di Skotlandia. Selain bisa menemukan kuburan Bobby, kita juga akan bertemu dengan monumennya yang dibangun dekat pemakaman. Aneka merchandise Bobby, mulai dari magnet, gantungan kunci dan sebagainya bisa ditemukan di toko oleh-oleh di Skotlandia. Untuk magnet dan gantungan kunci harganya sekitar 3 - 4 pounds per buahnya. 

3. Tartan

Skotlandia terkenal dengan kilt-nya, yaitu rok dengan motif tartan yang dipakai oleh para pria. Karena itu, membeli oleh-oleh sesuatu yang berbau tartan tentunya "Skotlandia banget". Baik kilt maupun merchandise tartan lainnya sangat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh atau pakaian di Skotlandia. Harganya pun bervariasi, tergantung barang apa yang dibeli. Contohnya dompet harganya 6.99 pounds dan scarf seharga 6.50 pounds. Kedua barang tersebut saya lihat di toko merchandise di Edinburgh Castle.   

4. Scarf

Saat berjalan-jalan di Royal Mile, Edinburgh saya melihat banyak sekali toko yang menjual scarf dengan bahan cashmere dan lambswool. Tingkat kelembutan masing-masing scarf tergantung dari berapa persen kandungan cashmere dan lambswool yang dimiliki. Semakin banyak persentase cashmere dan lambswool-nya semakin mahal harganya. Kalau dari sepengamatan sekilas, scarf yang berbahan cashmere harganya lebih mahal dari yang berbahan lambswool. Harga untuk scarf dengan bahan 100% lambswool yang saya lihat di toko merchandise Edinburgh Castle adalah 21 - 24 pounds.  

5. Merchandise Harry Potter

Sebagai kota lahirnya Harry Potter, wajar bila Edinburgh sangat menjual hal tersebut. Selain terdapat tur untuk menapaki jejak Harry Potter, di kota ini juga banyak toko-toko 'sihir' yang menjual aneka souvenir Harry Potter. Sebut saja World of Wizardry dan Diagon House adalah dua nama toko yang menjual banyak aksesoris Harry dan teman-temannya, seperti boneka hedwig, tongkat sihir, t-shirt dan banyak lagi lainnya. Tapi saya lupa berapa masing-masing harganya.     

6. Souvenir 

Oleh-oleh standar tentunya adalah aneka souvenir khas Skotlandia, seperti gantungan kunci tulisan Skotlandia, magnet pria memakai kilt dan Edinburgh Castle, T-Shirt tulisan Edinburgh, pulpen tartan dan semacamnya. Harga magnet dan gantungan kunci di toko oleh-oleh sepanjang Royal Mile rata-rata sekitar 3 - 4 pounds namun saya menemukan magnet besi pria memakai kilt di Edinburgh Castle hanya seharga  2.99 pounds. 

Punya rekomendasi oleh-oleh dari Skotlandia lainnya? Mau dong, infonya.


Booking.com ----------@yanilauwoie----------


Share:

0 komentar