Persyaratan Visa Irlandia

Foto Ilustrasi: Pixabay

Ini persyaratan yang dikirimkan kepada saya oleh Konsulat Irlandia di Jakarta saat saya mau mengurus visa Irlandia pada September 2013.

  1. Mengisi formulir online di sini. Dari isian ini, kita akan mendapatkan summary/ringkasan. Summary dari formulir ini, di-print sebanyak 2x.
  2. Biaya: 500 ribu.
  3. Dokumen penunjang (masing-masing 2 rangkap), yang terdiri dari:
  • Surat sponsor dari perusahaan dalam bahasa Inggris. Maksudnya surat yang menyatakan: benar kita adalah karyawan perusahaan tersebut, berapa jumlah gaji yang kita dapat per bulannya dan kita akan kembali lagi bekerja di perusahaan tersebut setelah kita pulang dari Irlandia. 
  • Reference letter form Irlandia. Ini akan diberikan oleh pihak Konsulat kepada kita dan nanti tinggal kita isi.
  • Rekening Bank 3 bulan terakhir.
  • Konfirmasi hotel di Irlandia. Saya memesan lewat booking.com namun setelah itu saya mengemail hotel yang bersangkutan dan minta surat konfirmasi langsung dari hotel tersebut.
  • Travel Insurance. Saya memakai Mega Insurance.
  • Flight Itinerary. Print out saja, bukan tiket. Maksudnya bukti kita sudah booking tiket (tanpa harus dibeli/bayar terlebih dahulu).
  • Akte lahir/akte nikah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan memakai penerjemah tersumpah. Saya menggunakan jasa CV. Indotrans Media. Pada saat menyerahkan dokumen ke Konsulat, akte asli harus dibawa untuk diperiksa, tapi tidak ditahan, langsung bisa kita bawa pulang lagi.
  • Fotokopi passport: yang ada foto, alamat dan lembaran yang ada visa. Sama seperti akte, passport asli juga harus dibawa saat penyerahan dokumen. Tapi passport bisa langsung kita bawa pulang lagi.
  • Foto ukuran 3,5 cm x 4 cm dengan latar belakang putih.
Jadi saat ke Konsulat yang harus dibawa adalah semua item tersebut di atas. Sebelum datang ke Konsulat pastikan membuat janji terlebih dahulu lewat nomor telepon: (021) 515.1977. 

Update 17 Januari 2015: Saat saya datang ke pameran travel dan budaya, Destination Europe pada 18 -19 Oktober 2014 lalu di Balai Kartini, Jakarta, saya sempat mengunjungi booth Irlandia. Petugas yang bertugas saat itu menerangkan bahwa Irlandia sudah punya Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta. Jadi mengurus visa Irlandia akan lebih mudah dan dengan waktu lebih singkat. 

Ini alamat Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta yang tercantum di katalog Destination Europe:  
Embassy of Ireland
CEO Suite, 17th floor, 
Indonesia Stock Exchange Tower 2. 
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53, Jakarta 12190. 
Telp: (021) 5291.7453
----------@yanilauwoie----------


Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Baca Juga:

Share:

26 komentar

  1. Mbaaa...salam kenal! Mo tanya, dokumen rangkap dua maksudnya di foto copy atau harus punya dua dok asli? Terus surat referensi itu minta dimana mbak kalo pergi sbg turis tanpa undangan? Ma kasih sebelumnya mbaakkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Aku mau menyapa tapi nggak tahu namanya siapa ;p

      Dokumen rangkap dua itu fotokopian. Surat referensi itu akan dikasih oleh Konsulat Irlandia di Jakarta. Jadi petugas konsulat mengirimkan aku syarat-syarat yang harus dipenuhi sekaligus surat referensi. Aku juga pergi ke Irlandia sebagai turis kok. Bukan undangan dan nggak kenal siapa-siapa di sana. Tapi Alhamdulillah dapat visanya :) Kamu rencana pergi kapan? Saran aku urus dari jauh-jauh hari karena visanya lama keluarnya.

      Delete
  2. Mbaa Yani...maaf hehe. Namaku Risa! Cerita mbak keren bgt n bner2 bikin smangat pergi ke sana! Aku rencana mau ke sana Desember ini mbak tapi ke Belanda dulu ke tempat teman. Kabarnya harus keluar dulu Schengennya ya mbak baru bisa apply? Kalo asuransinya apakah boleh pake yg Schengen ato bikin lagi mbak? Maaf aku banyak tanya......ma acih lg mbak Yani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Risa :)

      Sebenarnya kamu bisa paralel dalam apply kedua visa sih, karena untuk apply visa Irlandia, passport kamu tidak akan ditahan di Konsulat sedangkan kalau apply visa Schengen, passport kamu pasti ditahan Kedutaan Belanda. Jadi saat kamu datang ke Konsulat Irlandia harus bawa passport asli untuk dilihat petugas, tapi setelah itu, passport bisa langsung kamu bawa pulang, sehingga kalau besoknya mau apply visa Schengen passport-nya bisa dibawa.

      Tapi kalau pengalaman aku waktu itu, aku dapat visa Schengen dulu, baru apply visa Irlandia. Terserah kamu sih, enaknya bagaimana. Mau apply paralel antara visa Irlandia dan Schengen atau dapat Schengen dulu baru apply Irlandia.

      Hanya saja yang harus dipertimbangkan adalah durasi waktu saat apply. Visa Irlandia keluarnya lama. Beda sama Schengen. Waktu pengalaman aku, Visa Schengen ku jadi dalam waktu 4 hari kerja, aku apply dari Kedutaan Jerman. Sedangkan visa Irlandia baru dapat dalam waktu sekitar 2 bulan.

      Btw, Irlandia di Bulan Desember dingin banget lho. Jadi harus siap-siap bawa pakaian tebal ;p

      Delete
  3. Permisi mau tanya dong kakak, kalau misalnya kedatangan saya ke sana karena undangan dari teman dan keluarga dari teman saya disana ,itu berarti syarat nya sama seperti diatas atau bagaimana. karena saya belum pernah mengurus Visa Ireland sebelumnya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah ke sana atas undangan seseorang. Tapi setahu saya, kalau atas undangan seseorang harus ada invitation letter dari orang tersebut dan harus menyertakan surat keterangan kerja orang tersebut dan copy buku rekening orang tersebut. Tapi untuk pastinya tanya langsung aja ke Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta ya. Mereka sekarang sudah punya Kedutaan di sini, seperti update yang saya ditulis di atas :)

      Delete
  4. Mba mau nanya, kalau penterjemah tersumpah apakah sudah di tentukan sebelumnya oleh pihak kedutaan atau kita bebas memilih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Njoel (eh benar nggak ini nama panggilannya? ;p)

      Waktu itu aku bebas memilih sendiri penerjemah tersumpahnya. Aku googling dan dapat penerjemah tersumpah tersebut di atas. Tapi saat itu aku kan, urus visanya masih di Konsulat karena mereka belum punya Kedutaan di sini. Nah, sekarang kan, mereka sudah punya Kedutaan di sini, coba kamu telepon aja ke sana, siapa tahu ada persyaratan yang berubah. Good luck ya :)

      Delete
  5. Halo Mba,

    Dulu mba Yani apply tourist visa berate lama prosesnya?
    Saya masukin dokumen tgl 5 Mei 2015 tapi sampe sekarang kok belum dapat telp ya dari Embassy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang prosesnya agak lama. Aku waktu itu apply tanggal 25 Juni 2013 dan baru approved 4 September 2013. Kamu sering-sering follow up aja ke embassy-nya. Good luck ya :)

      Delete
    2. Salam kenal mba yani.. Makasih info nya membantu bgt. Mba aq mau nanya, utk visa irlandia perlu police record ga? Klu utk visa turis utk brp lama ya? Makasih ya mba infonya :)

      Delete
    3. Hai Dina...

      Aku waktu itu tidak memakai police record dan memang tidak diminta untuk mengumpulkan..

      Maksudnya berapa lama apanya? Pengurusannya? Aku waktu itu butuh waktu sekita 2 bulan baru di-approved visanya..

      Delete
  6. Makasih byk mba infonya.. Untung aq blom urus skck, hehe... Mba mau nanya lg utk dapatin itinary ticket bgmn caranya ya? Trus klu akta nikah kan skrg sdh ada bhs ing, apa perlu di translate penerjemah tersumpah lagi mba? Makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itinerary tiket pesawat kamu akan dapatkan kalau sudah booking tiket pesawat. Aku sih waktu itu booking di travel agent. Jadi travel agent yang akan mengeluarkan itinerary tiket pesawat tersebut.

      Aku belum pernah apply visa pakai akte nikah ;p Tapi logikanya kalau akte nikahnya sudah dalam bahasa Inggris nggak perlu penerjemah tersumpah lagi. Karena fungsi penerjemah tersumpah kan untuk men-translate dokumen yang tadinya berbahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris. Tapi untuk pastinya coba kamu telepon pihak Kedutaan Irlandia ya :)

      Delete
  7. hi mba Yani, visa buat au pair kan masuk visa pekerja, gimana buat persyaratan nomor 1 (surat referensi dari perusahaan) tahun depan saya sudah tidak bekerja dan mau berangkat jadi au pair dan bagaimana ttg surat referensi itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dewi...

      Aku nggak punya pengalaman apply visa pekerja. Tapi logikanya, kalau kamu mau apply visa pekerja kamu harus punya surat referensi dari perusahaan yang mempekerjakan kamu. Kalau sudah tidak bekerja lagi di Indonesia, berarti surat referensinya adalah dari perusahaan yang mempekerjakan kamu di Irlandia. Tapi untuk memastikannya kamu telpon aja kedutaan Irlandia yang ada di Jakarta ya.. :)

      Delete
    2. maksud saya pada kalimat yang mb tulis ini mba "akan kembali lagi bekerja di perusahaan tersebut setelah kita pulang dari Irlandia".
      Jadi jika th depan saya sudah tidak bekerja, dan ini urusan tentang au pair,jadi g ada sangkut paut dengan perusahaan sy bekerja berarti suratnya di ganti surat pernyataan host fam dari Irlandia begitu kan mba?ini rencananya saya mau tlp kedutaan Irlandia di Jakarta.

      Delete
    3. Yes harusnya sih, seperti itu...
      Good luck ya :)

      Delete
    4. halo mbak... mau tanya, mbak sudah dpt kah info mengenai visa untuk au pair ke irlandia nya? hehehe makasih mbak... boleh email saya mbak ke mellyssatama@ymail.com

      Delete
    5. Hai Adela...

      Ini maksudnya nanya ke Mbak Dewita, kan? Karena aku nggak punya info untuk visa au pair..

      Delete
  8. Aq single mba Aq rencana mau ke Ireland tahun depan Dapat undangan dari calon suami trus gimana cara urus visa ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo NonaDetry...

      Coba kamu tanya sama kedutaan Irlandia langsung ya.. Aku belum pernah berkunjung karena undangan, jadi nggak punya pengalaman urus visa karena undangan...

      Good luck ya :)

      Delete
  9. waduhhh lama juga ya sampe bulanan. ckckkc.
    ahh tapi coba ahh, siapa tau tembus.
    oia, terima kasih sudah share infonya.

    :toast

    ReplyDelete
  10. hai mba, aku tau postinganny udah agak lama hehehe tp aku mau tanya2 boleh ya
    mba masuk ke dublin waktu itu dr mana flightnya? naek maskapai apa, ryan air bukan?
    aku cuma mau tanya ttg detail bandara dan imigrasi disana sih
    makasih sebelumnya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Galuh...

      Aku waktu itu terbang dari Praha pakai pesawat Aer Lingus. Aku sih, tidak mengalami kendala apa-apa saat di bandara dan imigrasi Dublin. Malah petugas imigrasinya cenderung baik...

      Delete