Uniknya KFC di Praha: Dari Refill Minuman Sampai Kode Toilet

Saat bingung mau makan apa ketika traveling ke Eropa, September 2013 lalu, biasanya saya akan “lari” ke restoran cepat saji seperti McDonald's, KFC dan teman-temannya. Bisa dibilang nyaris di semua kota yang saya kunjungi di Eropa, saya mampir ke tempat-tempat tersebut. Nah, dari beberapa restoran cepat saji yang saya datangi, saya menemukan hal tidak biasa saat mengunjungi KFC-KFC Praha, Ceko.

Keunikan pertama yang saya temui adalah ketika saya dan 2 teman saya, Feny serta Mira mampir ke KFC yang ada di Wenceslas Square. Di sini mereka memperbolehkan untuk refill minuman. Jadi cukup bayar satu kali, nambah minumannya boleh sepuasnya. Tapi mereka tidak menyediakan saus. Kalau ingin saus (yang rasanya pun tidak pedas karena sausnya adalah saus tomat), harus bayar 8 CZK (1 Euro = 24 CZK).

Hmm.. Saya dan Feny sibuk membahas bahwa peraturan ini kebalikan dengan yang ada di Indonesia. Di Indonesia kita bisa ambil saus sepuasnya tapi tidak untuk urusan minum. “Mereka pintar juga strateginya. Logikanya kalau sausnya tidak pedas kayak gini, siapa juga yang mau minum terus-terusan?” kata Feny. Saat itu saya mengamini apa yang Feny bilang. Ditambah dengan cuaca Praha yang waktu itu menurut ukuran saya dingin, siapa juga yang mau minum softdrink dingin bergelas-gelas?

Tapi mungkin untuk orang yang niat serius untuk makan, minum 1 gelas atau maksimal 2 gelas setelah makan rasanya cukup. Tapi bagaimana bila yang datang, sengaja hanya untuk hangout sambil ngobrol dengan teman? Kan lumayan bisa minum berkali-kali tapi bayarnya sekali. Nah, untuk itu mereka sudah punya strategi lainnya, yaitu toilet berbayar. Sekali masuk, harus bayar 10 CZK. Nah, silahkan deh, minum gratis bergelas-gelas, toh pipisnya bayar juga ;p

Ngomong-ngomong toilet, satu lagi keunikan yang saya temukan dari KFC yang ada di Praha. Kali ini di KFC Kaprova. Lokasinya dekat money changer, eXchange, tidak jauh dari Old Town Square. Di KFC sini, saya mendapatkan struk pembayaran yang sudah ada kode untuk toilet. Saya sempat bengong ketika sang pelayan menjelaskan kode toilet tersebut. Like… what???




Untungnya kode toilet ini bisa dipakai berulang-ulang. Jadi meskipun hanya mendapatkan 1 struk belanja, tapi saya, Mira dan Feny semuanya bisa pipis. Yang pertama mencoba ini adalah Feny. Dia ke toilet sambil membawa-bawa struk tersebut. Sementara saya dan Mira menunggu di meja makan kami.

Feny selesai, giliran saya berikutnya. Saya membawa struk tersebut sambil memandangi tulisan: TOILET ENTER CODE: 4567. Saat saya sampai di depan toilet, pintu toilet tertutup. Saya berasumsi, saya harus memasukkan deretan angka ini untuk membuka pintu. Saya celingak-celinguk di mana kah saya harus memasukkan kode ini. Ketika mata saya masih mencari, tiba-tiba pintu terbuka dari dalam. Seorang wanita keluar. Saya pun langsung masuk ke dalam. Masih bingung, di mana seharusnya kode ini dimasukkan.

Sekembalinya saya ke meja makan, saya menceritakan pengalaman saya. “Oh, itu karena ada yang buka dari dalam makanya lo bisa masuk. Kalau nggak ada orang, lo harus masukin kode itu dulu, baru pintunya kebuka,” jelas Feny. Ah ya sudah lah ya, saya juga nggak sepenasaran itu untuk balik lagi ke toilet dan mencoba si kode ;p

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie


 

Share:

0 komentar