Dublin, Kota Nyaman Untuk Solo Traveler

Tuhan tahu betapa luar biasa takutnya saya ketika saya harus menginjakkan kaki sendirian di negara impian saya, Irlandia pada September 2013 lalu. Tapi pilihan saya saat itu adalah pergi sendirian atau tidak pergi sama sekali. Saya pun, mengambil pilihan pertama.

Irlandia adalah negara pertama sekaligus terjauh yang pernah saya datangi sendirian. Jangankan ke Irlandia, di dalam negeri saja, saya belum pernah traveling sendirian. Jadi wajar dong, kalau saya deg-degan luar biasa ketika harus ke negara ini sendirian. Tapiiii... setelah satu minggu menghabiskan waktu di negara berangin tersebut, saya simpulkan bahwa Dublin, yang merupakan ibukota negara Irlandia adalah salah satu kota di Eropa yang nyaman untuk solo traveler. Berikut 5 alasan kenapa saya berpendapat demikian:

1. English Speaking Country
Memang benar Irlandia punya bahasa sendiri, yaitu bahasa Gaelic. Namun karena mereka dijajah Inggris sekian lama, maka bahasa Inggris sudah seperti bahasa ibu bagi mereka. Siapapun yang saya ajak bicara, mulai dari anak sekolah yang saya mintai tolong untuk memotret saya ;p, pelayan kafe, penjual souvenir, petugas tourist information center sampai random people yang saya temui di jalan untuk sekedar menanyakan arah, bisa berbahasa Inggris dengan sangat fasih. Singkatnya, senyasar-nyasarnya saya, saya bisa menanyakan arah jalan pulang tanpa harus berbahasa isyarat.

2.  Tourism Information Center Everywhere
Sebagai orang baru yang clueless dengan arah, keberadaan tourism information center tentu sangat membantu. Nah, di Dublin ini pusat informasi untuk turis tersebar di mana-mana. Selain menjual paket untuk wisata, mereka juga memberikan informasi dan peta secara cuma-cuma. Jadi yang perlu saya lakukan adalah, datang ke tourism information center, menyebutkan tujuan saya dan mereka akan dengan baik hati memberi tanda di peta, arah mana yang harus saya ambil. Salah satu tourism information center yang sering saya datangi adalah yang berada dekat hostel saya di Bachelor's Walk Street. Saking seringnya saya ke sini, suatu pagi, salah satu petugasnya, David sampai pernah berkata seperti ini kepada saya: "What can I do for you, today?" Ahahahaha. Dia tahu banget saya butuh bantuan petunjuk arah lagi.

3. Tourism Objects Around The City
Berbagai objek wisata di Dublin lokasinya berdekatan. Nyaris semuanya bisa didatangi dengan berjalan kaki. Dalam satu hari sangat memungkinkan bisa mengelilingi General Post Office (GPO), Ha'Penny/Liffey Bridge, City Hall, Dublin Castle, Dublinia, Christ Church Cathedral, St. Patrick's Cathedral, St. Patrick's Park dan Temple Bar area, dengan berjalan kaki. Selama di Dublin tidak pernah satu kali pun saya menggunakan sarana transportasi untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di sana. Semuanya saya lakukan dengan berjalan kaki.

Dublinia dan Christ Church Cathedral yang dihubungkan oleh jembatan


4. Free Walking Tour
Ada banyak jasa yang menawarkan free walking tour di Dublin. Benar-benar bebas biaya. Kita hanya perlu memberikan tip se-ikhlasnya begitu tour-nya selesai. Free walking tour ini akan membawa kita ke beberapa objek wisata gratis di Dublin dalam waktu beberapa jam. Plus, mereka pun akan menceritakan sejarah di balik objek wisata tersebut. Untuk solo traveler ini pilihan yang sangat menarik. Selain dapat tur gratis, kita bisa kenalan dengan traveler lain yang ikutan tour ini juga. Informasi mengenai free walking tour ini juga mudah didapatkan. Di hostel tempat saya menginap dan di tourism information center banyak tersedia info jasa free walking tour.

5. Lots of One Day Tour
Kalau free walking tour adalah solusi untuk tour keliling Dublin, maka solusi untuk tour keluar Dublin adalah menggunakan jasa one day tour. Dua kali saya menggunakan jasa one day tour ini. Pertama saat saya ingin mengunjungi Wicklow Mountain National Park (sekitar 1 jam dari Dublin City Center) dan Cliffs of Moher (sekitar 3 jam dari Dublin City Center). Dengan ikutan tour ini saya nggak perlu khawatir bagaimana caranya mengunjungi tempat-tempat tersebut sendirian. Tinggal bayar dan duduk tenang. Kalau beruntung, kita bisa dapat teman baru lewat one day tour ini. Sama seperti free walking tour, informasi mengenai one day tour keluar kota Dublin bisa didapatkan di penginapan dan tourism information center.

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie

YouTube: yanilauwoie

Baca Juga:

Share:

0 komentar