Ireland: Larger than Dreams


“What bring you to Ireland?”

“If I tell you, promise me, you won’t laugh.”
“I won’t.”

Mulailah saya bercerita kepada Michael (teman baru yang saya temui di Irlandia) bahwa saya sudah memiliki mimpi untuk datang ke Irlandia sejak saya duduk di bangku SMA. Dan yang bertanggungjawab sama mimpi saya tersebut adalah… Boyzone. Yap, boyband asal Irlandia yang ngetop di era 90-an. Saya sudah tidak ngefans dengan mereka seperti saat SMA dulu, tapi mimpi mendatangi negara mereka tidak memupus. Mungkin sama halnya, saat ini banyak orang yang ingin berkunjung ke Korea Selatan karena ngefans dengan serial drama Korea atau boyband-boyband asal Korea. So, if you’re one of them, you know exactly what I mean.

Tidak mudah bagi saya untuk datang ke Irlandia. Selain biaya perjalanan yang tidak murah (untuk standar kantong saya), mendapatkan visa Irlandia juga memiliki dramanya sendiri. Tidak segampang mendapatkan visa Schengen. Belum lagi saya khawatir karena harus datang ke negara ini sendirian (saya berpisah dengan Mira dan Feny di kota Praha, Ceko). Perasaan campur aduk antara excited dan ketakutan bikin saya deg-degan luar biasa. Rasanya seperti ingin melakukan ciuman pertama. Hahahaha… 

Monumen O'Connell

Tapi rasa takut itu berubah menjadi rasa senang luar biasa ketika saya menjejakkan kaki di Dublin, Irlandia pada 14 September 2013. Setelah meletakkan barang di hostel, hal pertama yang saya lakukan adalah duduk di bawah monumen O’Connell (yang dibangun untuk mengenang Daniel O’Connell, tokoh nasionalis Irlandia) di O'Connell Street dan hanya memandangi orang yang lalu lalang. Sekitar 30 menit saya hanya duduk terdiam dan memandangi sekitar. Di kepala saya terus-menerus terulang kata-kata, “Gila! Gue ada di Dublin. Gue ada di Irlandia. Mimpi lo tercapai, Yan. Mimpi 15 tahun itu terwujud!” 

Seorang teman baik, Delphine, bertanya pada saya, “Was it like in your dreams?” Saya belum menjawab pertanyaannya. Karena jujur saja, Irlandia memang impian saya, tapi saya tidak pernah memimpikannya seperti itu. Maksudnya memimpikan rupa negara tersebut seperti apa atau apa saja yang harus saya kunjungi di negara tersebut. Saya benar-benar tidak punya bayangan apa-apa soal Irlandia. Tidak berekspektasi apa-apa. Yang saya tahu adalah saya ingin ke Irlandia karena ingin melihat negara idola masa remaja saya berasal. Terdengar bodoh, ya? Hehehe… Tidak apa-apa. Toh impian bodoh itu akhirnya benar-benar membawa saya sampai ke negara yang ternyata punya landscape luar biasa indah.

Wicklow National Park, tempat syuting film P.S. I Love You
  
Saking indahnya negara ini sering jadi lokasi syuting film-film Hollywood. Saya pun mengunjungi lokasi-lokasi yang sempat jadi syuting film P.S. I Love You (2007), Leap Year, dan Harry Potter and the Half-Blood Prince. Saya girang bukan main bisa berkunjung ke sana karena film-film tersebut adalah film favorit saya. Benar-benar tidak menyangka. Saking terharunya, mata saya sampai berkaca-kaca. Ahahahahaha…

Seminggu di Irlandia, saya merasa jatuh hati dengan negara tersebut. Jatuh hati dengan landscape-nya, jatuh hati dengan musik tradisionalnya dan pastinya jatuh hati dengan orang-orangnya yang ramah dan humoris. Bisa datang ke negara impian dan akhirnya jatuh hati dengan negara tersebut benar-benar di luar bayangan saya.

Jadi mungkin saya akan menjawab pertanyaan Delphine seperti ini, “It was larger than my dreams.”


----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h



Baca Juga:

Share:

16 komentar

  1. Love your story !! (hopefully, google trad was here eheh)
    Happy for you my dear friend :)

    ReplyDelete
  2. aaah, yani bikin iriiii! trus, trus mana lagi cerita soal michael? emang gak perlu takut traveling sendirian, karena biasanya suka ada aja yang nemenin ;)

    ReplyDelete
  3. Wahh serius nih ke Irlandia sendirian? Aduh pengen nangis. Saya juga udah empat tahun ini punya impian ke sana, lagi ngumpulin uang juga. Tapi masih takut sendiri... maaf ya jadi curhat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nila...

      Aduh, gara-gara komen kamu pengen nangis, aku juga jadi pengen nangis karena ingat semua perjuangan dan kenangan manis di Irlandia. Jangan takut sendirian karena Dublin kota yang nyaman untuk solo traveler. Aku juga nulis tuh di blog ini tentang alasan kenapa Dublin nyaman buat kita yang ingin jalan-jalan sendiri. Baca ya dan pasti kamu langsung berani :)

      Ah, aku jadi ingin ke Irlandia lagi nih. Hehehehe...

      Delete
  4. I fell in love with Ireland after I watched P.S I love you..and everything about Ireland makes me wanna go there even more..wish me luck ya..it's been my dream, too

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sari...

      Goooood luuuuck!
      Semoga bisa segera menikmati indahnya Irlandia.. Dan yang paling penting, semoga bisa menggapai mimpi karena rasanya luaaaaaar biasa :)

      Delete
  5. Duuuhh senengnya bisa keliling dunia, pengen dong diajaaaakkkk hehehe.
    Btw biayanya nya kan ga sedikit tuh, gimana dong caranya?

    #SenengBacaBlogYani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Agung...

      Wah senangnya ada yang senang baca blog ini. Hehehehe... Thank you ya... :)

      Aku sih, waktu itu nabung sampai 2 tahun Mas untuk bisa keliling Eropa. Eh nggak keliling banget sih, karena cuma 6 negara aja ;p

      Delete
  6. Hai hai hai... Btw aku running agency, sometime perlu bantuan journalist or blogger utk review sebuah tempat and product, bisa contact kemana yaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik.. Selama ada kaitannya dengan travel okelah.. Hehehe...
      Bisa email ke: hey_i_am_yani@yahoo.com

      Thank you Mas Agung :)

      Delete
  7. wah mba kita kayanya sama tapi beda generasi ya :D aku juga punya mimpi pengen ke ireland gara-gara ngefans sama member One Direction yaitu Niall Horan dari SMA (sekarang saya 21thn :'D) dia dari Ireland dan sering banget promosiin negara nya jadi pengen kesana banget!! ga tau kenapa padahal belum begitu ngerti wisata disana apa aja hehe
    pokoknya ingin/harus kesana!
    semoga bisa tercapai kaya mba yani juga ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.... :)
      Kalau ada keinginan kuat dan diikuti usaha, Insya Allah akan terwujud. Semangat yaaaa... :)

      Delete
  8. hey mba.. inspiring! ini seperti cerita saya, saya Westlife lover setengah mati dan sampai hari ini masih pengen banget ke Ireland. tahun 2012 saya ke UK, tapi tidak sempat nyebrang ke Ireland karena sama orang tua dan mereka lebih milih untuk ke negara west europe yang lain. saya rencana pengen backpackeran aja ke sana sama suami. kira2 berapa total cost yang diperluin dari berangkat sampe pulang ya mbak? mba puny itinerary nya kah buat dishare? thanks in advance ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mark lover. Hehehehe...

      Kalau ditanya total cost khusus Ireland saja saya nggak bisa jawab. Soalnya waktu itu selain Ireland, saya kelima negara Eropa lain, jadi total cost-nya untuk 6 negara.

      Untuk itinerary saya nggak bikin. Tapi mungkin bisa dilihat saya kemana saya di Ireland di tautan berikut ya: https://yanilauwoie.blogspot.co.id/search/label/Irlandia

      Selamat jalan-jalan. You will love Ireland :)

      Delete