13 Tempat Wisata Gratis di Melbourne, Australia (Part 1)


Saya dua kali mengunjungi Melbourne, Australia. Bulan November, 2014 dan Mei 2015. Ada banyak tempat menarik yang bisa didatangi di ibukota negara bagian Victoria, Australia ini. Serunya, banyak yang bisa dikunjungi tanpa membayar. Berikut 13 tempat yang bisa dikunjungi secara gratis di Melbourne.

1. Yarra River
Kalau ingin tur keliling Yarra River dengan kapal tentu harus mengeluarkan uang. Tapi untuk yang gratisan kita bisa sekedar duduk-duduk di kursi-kursi yang disediakan di sekitaran Yarra river. Saya menikmati area Yarra river di sekitaran Southbank. Duduk di sini sore hari sambil menikmati semilir angin dan melihat gedung-gedung pencakar langit dan langit itu sendiri berganti warna cukup menyenangkan.

Pemandangan di sekitar Yarra River.

2. Arts Centre Melbourne
Daya tarik utama tempat ini tentu pada spire atau menara setinggi 162 meter. Saat malam tiba, menara ini sangat gemerlap karena memiliki 14 ribu lampu pijar. Di tempat yang berlokasi di St. Kilda Road ini ada banyak pertunjukan seni digelar. Untuk yang gratisan, kita bisa menikmati pameran yang sedang digelar di sana. 

3. National Gallery of Victoria
Tepat di sebelah Arts Centre Melbourne ada National Gallery of Victoria. Koleksi yang berkaitan dengan seni dan budaya yang dimiliki tempat ini beragam dari seluruh dunia. Saya sempat girang sendiri saat melihat ada wayang dipamerkan di bagian Asian Collection. Bangga rasanya :)   

 Selain memajang wayang, ada penjelasan juga tentang apa itu wayang.

4. Princess Bridge
Karena ada sungai Yarra di tengah kota, wajar ada banyak jembatan di Melbourne. Tapi jembatan yang menghubungkan antara St. Kilda Road (dekat Arts Centre Melbourne) dan Swanston Street (dekat Flinders Station) ini tidak boleh dilewatkan karena termasuk jembatan tua di Melbourne. Bayangkan saja, peletakkan batu pertamanya tahun 1886 dan dibuka untuk publik pada tahun 1888. Salah satu jembatan bersejarah. 

5. Flinders Station 
Tempat ini sebenarnya stasiun kereta api namun bentuknya yang cantik membuat tempat yang mulai dibangun pada 1905 ini jadi buruan turis. Desain bangunannya yang bergaya french renaissance merupakan karya dari James Fawcett dan H.P.C Ashworth. Kedua arsitek ini memenangkan kompetisi desain stasiun yang sengaja digelar oleh pemerintah kota Melbourne.

 Foto di depan Flinders Station? Wajib banget ;p

6. Federation Square
Tepat di sebrang Flinders Station ada Federation Square. Untuk yang mencari free wifi atau nonton pertandingan bola di giant screen cuma-cuma bisa datang ke sini. Saat di sini saya juga dibuat kagum dengan bangunan Atrium dan Yarra Building yang berdesain dekonstruktif. Kelihatan unik!  

Klik di sini, untuk tempat wisata gratis di Melbourne no. 7 - 13.  



----------@yanilauwoie----------

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie

YouTube: yanilauwoie

Blog Sebelumnya:

  

Share:

4 komentar

  1. Senang sekali saya menemukan blognya Mba Yanie. Bulan depan mau ke Melb, banyak banget tips termasuk tempat wisata dan harga makanan. Bantu banget buat siapkan budget. Blognya asik dibaca dan membantu banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Rani..

      Terima kasih untuk apresiasinya :)
      Selamat jalan-jalan ke Melbourne. Pasti suka, deh. Saya saja sudah empat kali ke sana tapi tidak bosan-bosan :)

      Delete
  2. Halo Yani, ingin tahu
    1. Apakah ada kartu pass selama di Melbourne utk transport kemana2 ? Jika ada apakah lbh murah dibandingkan pakai tiket lepasan sekali beli gt ?
    2. Untuk waktu 4 hari apakah bs mengunjungi semua Tempat Wisata Gratis di Melbourne yang Yani sarankan ?
    3. Rencana saya juga ingin mengunjungi Mt Buller, karena saya tiba saat Winter. Apakah Yani pny rekomendasi cara termurah kesana ? haruskah pakai tour ?
    Terimakasih atas jawabannnya. Salam, Jun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      1. Saya nggak punya pengalaman pakai Melbourne pass. Lebih sering menggunakan transportasi gratisan yang memang disediakan pemerintah kota Melbourne :)

      2.13 tempat wisata ini letaknya di tengah kota dan banyak yang saling berdekatan. Dalam waktu 2 hari juga bisa jelajahi semuanya...

      3. Sayangnya saya belum pernah ke Mt. Buller :D

      Delete