Turis Indonesia Terkenal Tukang Pipis di Korea Selatan

Turis Indonesia terkenal sebagai tukang pipis! Pernyataan itu keluar dari tour guide saya saat di Korea Selatan, Mr. Danny. Kok bisa? Awalnya saya mempertanyakan itu, namun setelah beberapa hari di negara ginseng itu saya mengerti kenapa Mr. Danny berkata demikian.

Saya pergi ke Korea Selatan dalam rangka memenuhi tugas kantor, yaitu meliput tempat-tempat wisata di Korea Selatan. Tugas yang tentunya bikin iri banyak orang. Hehehehe. Berangkat dari Jakarta 22 November 2012 malam, saya yang waktu itu berangkat bareng rombongan WITA Tour sampai di Seoul, Korea Selatan 23 November 2012 menjelang sore hari.

Begitu sampai di bandara Incheon langsung disambut oleh tour guide yang pandai sekali berbahasa Indonesia. “Panggil saja saya Mr. Danny,” begitu kata bapak yang sempat tinggal di Indonesia selama belasan tahun ini. Mr. Danny kemudian membawa kami semua menuju bus.


Mr. Danny dan saya

Di dalam bus, Mr. Danny cerita bahwa turis Indonesia terkenal akan empat hal. “Pertama, orang Indonesia itu suka senyum,” ucapnya. Saya mengamini kalimatnya. Karena ini bukan pertama kalinya saya mendengar bahwa kita ini terkenal sebagai orang-orang yang ramah. Salah satu alasannya adalah senyum itu tadi. Pernyataan Mr. Danny berikutnya juga bukan hal asing di telinga saya, yaitu terkenal suka belanja.

Tahun 2010, saat saya liburan ke Hong Kong, saya sempat mampir ke salah satu night market di sana. Begitu penjualnya tahu saya adalah orang Indonesia, dia langsung berkata dengan bahasa Indonesia, ”Ini murah-murah!” Wow, pasti banyak orang Indonesia yang belanja di tempat itu sampai penjualnya bisa menghapal beberapa kata dalam bahasa Indonesia. Jadi kalimat orang Indonesia suka belanja juga tidak mengejutkan saya.

Tipikal orang Indonesia yang ketiga yang disebutkan Mr. Danny juga saya anggap hal yang biasa. Dia bilang orang Indonesia suka menghilang atau jam karet. Maksudnya, saat disuruh kumpul di jam tertentu, pasti ada aja orang yang menghilang atau belum datang dan harus dicari terlebih dahulu. Saya pikir ini wajar karena sedang wisata, pasti keasyikan foto dan jadi lupa waktu.

Nah, satu pernyataan terakhir dari dia-lah yang membuat saya terkejut. Sambil senyum dia bilang bahwa orang Indonesia itu suka pipis. Puluhan tahun menjadi orang Indonesia, baru kali itu saya mendengar stereotype seperti itu. Kok bisa ya, Mr. Danny menganggap kita ini orang-orang yang suka pipis? Tidak percaya dengan ucapannya, saya hanya tertawa saja menanggapinya.

 Ini dia rombongan yang mempertegas orang Indonesia sebagai tukang pipis. Hehehe...

Tapiiiii, setelah menghabiskan beberapa hari di Korea Selatan, saya langsung mengerti kenapa Mr. Danny berkata seperti itu. Karena itu lah yang dilakukan oleh saya dan seluruh rombongan tur kami, sebentar-sebentar pipis. Begitu sampai ke satu lokasi wisata, yang dicari pertama kalinya adalah toilet, mau pergi dari tempat wisata tersebut ke toilet lagi, makan di restoran bukan sibuk cari tempat duduk tapi heboh ke toilet dulu, pokoknya toilet jadi most wanted place, deh. Hahahaha.

Kenapa bisa begitu? Akhir November mulai masuk winter alias musim dingin di Korea Selatan. Dengan suhu belasan derajat celcius dan bahkan pernah berada di suhu 5 derajat celcius, siapa juga yang nggak selalu ingin pipis? ;p

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie

Baca Juga:


Blog Sebelumnya:

Share:

34 komentar

  1. Replies
    1. Salah satu kenikmatan bekerja sebagai Jurnalis :)

      Delete
  2. Salam kenal mba yani, ayik ya mba bisa jalan2 gratisan ke korea tour guidenya bisa bahasa indonesia pula.. Mba boleh saya minta no HP, BB atau WA'a Mr. danny yg faseh bahasa indonesia.. Rencana pingin backpaker ke korea.. Kirim ke email saya boleh mba reredm@gmail.com.. Makasih ya mba atas info dan artikel pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rere...

      Sudah aku email ya.. Selamat jalan-jalan :)

      Delete
    2. ooo yaa emailku masjava@gmail.com

      Delete
    3. Hai.. Ini email untuk apa ya? Tampaknya message-nya terpotong :)

      Delete
  3. Salam kenal juga mba yani..boleh saya minta kontak info nya mr.danny rencana mo jalan2 ama keluarga nih..kirim ke wardahartantio@gmail.com

    Makasih yah mba yani...

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya mbak. mbak,boleh minta contact person Mr.Danny?kirim ke email fen_181818@yahoo.com.Thanks ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Fenny
      Sudah aku email ya contact-nya.. :)

      Delete
  5. Salam kenal mba..
    Boleh minta no contact mr dany? kirim ke email sischa_sv88@yahoo.com
    Thanks^^

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mba yani, boleh di bagi mba kontak mr Danny guide korea yang bisa bahasa indonesia ke yoyoverticalline@gmail.com mba Thanks banged ya mba. di tunggu mba :) ^^

    ReplyDelete
  7. mba boleh dikirim lagi ga soalnya waktu itu q salah kasih email. harus nya reredmc@gmail.com bukan reredm@gmail.com... kirim ke reredmc@gmail.com mba ini email q yg bener mba ? di tunggu ya mba

    ReplyDelete
  8. Hai, maaf sebelumnya boleh tdk kirim ke email saya kontak person dari mr danny krn saya rencana nya akan pegi ke korea pd bln july. Ini email saya. Tina_selomitha92@yahoo.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Hai mba.. Saya mau ya contact nya mr. Danny skalian tolong email juga perkiraan biaya buat Mr. Danny nya klo jd guide.. Ini email saya failanydestia@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Salam kenal. Saya Fifi. Saya & keluarga ada rencana berlibur ke korea tahun depan. Boleh diemail kan contact mr Danny ke Fifi.widyawati@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
  11. yup... memang benar ... wisatawan indonesia terkenal dengan 3S :

    1. shopping... belanja buat diri sendiri , teman , keluarga , adik kakak , opa oma , paman bibi. pembantu , tetangga dll...
    2. yang kedua adalah she fan dari bahasa mandarin che fan artinya makan ...
    3. siao pien artinya pipis... belanja ? makan ? nanti aja yg penting pipis dulu...


    shopping , se fan , siao pien istilah 3S terkenal di semua negara2 ... bukan hanya korea saja , di negara mana pun yg dikunjungi wisatawan indonesia... istilah ini terkenal .. di eropa , amerika , bahkan di jerusalem israel.. palestina

    ReplyDelete
  12. Hi Yani, boleh aku minta contact nya mr Danny? Mau tanya2 dulu...bisa tdk kalo travelling kesana dg balita & mama yg pake kursi roda....email ke borista_id@yahoo.com...thanks y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Sorry for the late feedback...
      Sudah aku kirim by email ya...

      -Yani-

      Delete
  13. Salam kenal dan selamat malam mbkmbk yani. Insya allah thn depan ada rencana ke korea berdua sama temen. Boleh minta kontak mr. Danny?
    heri.siswanto120@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Hi Yani, bisa minta kontak Mr. Danny, email ke: harisan [at] yahoo.com terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba, boleh minta kontak Mr Danny ke annaaulia24@gmail.com
      terima kasih banyak

      Delete
    2. Halo Anna..
      Sudah aku email beserta kontak Kun Kendo juga ya...

      Delete
  15. Halo mba yani sblmnya salam kenal dl yaaa:) blh saya minta kontak/wa mr.danny? Ke email Rika689@gmail.com terimakasih byk

    ReplyDelete