13 Tempat Wisata Gratis di Melbourne, Australia (Part 2)


Saya dua kali mengunjungi Melbourne, Australia. Bulan November, 2014 dan Mei 2015. Ada banyak tempat menarik yang bisa didatangi di ibukota negara bagian Victoria, Australia ini. Serunya, banyak yang bisa dikunjungi tanpa membayar. Berikut 13 tempat yang bisa dikunjungi secara gratis di Melbourne.

Klik di sini, untuk tempat wisata gratis di Melbourne no. 1 - 6. 

7. Hosier Lane
Melbourne terkenal dengan gang-gangnya yang artistik. Kenapa? Karena banyak gang di sini dihias dengan coretan graffiti. Salah satunya adalah Hosier Lane yang berada di sebrang Atrium (Federation Square). Coretan graffiti memenuhi tembok dan bahkan rolling door yang ada di sini.  

8. Town Hall
Bangunan yang berada di sudut antara Swanston dan Collin Street ini sudah digunakan sejak tahun 1870. Selain digunakan untuk berbagai acara pemerintahan, tempat ini juga disewakan untuk kepentingan konser, pameran dan pernikahan. Menurut situs ini kita juga bisa ikutan free tour untuk tahu lebih jauh tentang Town Hall. Namun sayang saat ke sana saya nggak ikutan free tour ini. Cukup foto-foto di luar saja :)

 Town Hall dihias untuk perayaan Natal.

9. H&M Store
Kalau belanja di sini tentu mengeluarkan uang ;p Tapi nggak perlu bayar kalau ingin memotret salah satu bangunan bersejarah yang terletak di sudut antara Elizabeth dan Bourke Street ini. Dulunya gedung ini merupakan General Post Office (GPO) yang mulai dibangun pada 1859. Namun kini sudah beralih fungsi menjadi salah satu shopping centre.

10. Royal Arcade
Tempat yang tidak jauh dari H&M Store ini juga merupakan salah satu shopping centre. Tapi tanpa perlu belanja di sini, saya bisa menikmati kecantikan arsitektur tempat ini. Terutama jam yang diapit oleh patung Gog dan Magog yang berada di sini, cantik sekali untuk difoto. Bangunan yang menghubungkan antara Bourke, Little Collin dan Elizabeth Street ini dibangun pada tahun 1869 - 1870 oleh arsitek Charles Webb.  

11. State Library of Victoria
Saya bukan pecinta perpustakaan tapi saya sungguh jatuh hati dengan tempat ini. Ini adalah perpustakaan terbesar dan tercantik yang pernah saya masuki dalam hidup saya. Selain berfungsi sebagai mana perpustakaan pada umumnya, tempat ini juga jadi objek wisata. Diperbolehkan untuk memotret di sini selama tidak berisik dan mengganggu pengunjung. Untuk jam buka tutup perpustakaan bisa lihat di sini.  

 Koleksi perpustakaan ini lebih dari 2 juta buku.

12. Royal Exhibition Building + Carlton Gardens
Bangunan yang terletak di Nicholson Street ini termasuk ke dalam World Heritage Site. Dibangun pada tahun 1879 dan selesai pada 1880. Kita memang bisa masuk ke pelataran dan taman yang ada di sekitar bangunan ini secara gratis. Tapi kalau ingin masuk dan ikut tur tentu ada biayanya. Untuk yang mau tahu jadwal dan harga tiket turnya bisa dilihat di sini.

13. Parliement House  
Selain digunakan untuk urusan pemerintahan, tempat ini dibuka juga untuk turis. Bahkan menyediakan free tour. Namun tentunya ada waktu-waktu tertentunya seperti yang tertera di sini. Saat saya ke sini, waktu tur selanjutnya baru akan dimulai sekitar 30 menit lagi. Saya memutuskan melewatkan tur karena ada hal lain yang harus saya lakukan. Plus, this will be another reason to come back there :)



----------@yanilauwoie----------

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie

Blog Sebelumnya:
 

Share:

0 komentar