EuroTrip: “Dirampok” Ryanair di Barcelona

Foto: Dok. Ryanair

“Tiket Anda belum termasuk bagasi,” ujar petugas check in di bandara Barcelona, Spanyol. Hah? Kaget lah saya. Saya meminta petugas wanita tersebut mengecek sekali lagi. Namun hasilnya tetap dinyatakan bahwa tiket pesawat Ryanair yang saya beli belum termasuk bagasi. Bagaimana saya akan membawa koper 20 kg ini ke Roma, Italia?
 
Ternyata bukan hanya saya seorang yang dinyatakan belum memiliki bagasi, Feny dan Mira pun demikian. Iya iya lah, wong kami bertiga membeli tiket pesawat ini bersamaan. Memesannya lewat website resmi, ryanair.com. Dengan rute bandara Barcelona T2 di Barcelona, Spanyol ke bandara Ciampino di Roma, Italia.

Sang petugas pun menyarankan kami untuk memeriksa kembali tiket kami ke kantor Ryanair yang letaknya tidak jauh dari lokasi check in tersebut. Lagi-lagi kami diberi kenyataan pahit bahwa kami belum punya bagasi dan untuk membeli bagasi harganya 105 Euro per 20 kg. Gila! Harga bagasinya bahkan lebih mahal dari harga tiket itu sendiri. Harga tiket kami bertiga hanya 104, 01 Euro. Harga tersebut bahkan sudah termasuk tiket bus dari bandara Ciampino ke pusat kota Roma.  

“Beli langsung di bandara memang lebih mahal dari pada beli online. Kalau beli online harganya bisa setengahnya,” terang si petugas check in. Saya kepikiran untuk membeli secara online saja. Namun sang petugas tersebut memberitahu bahwa pemesanan secara online ditutup 4 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan saat itu kondisinya sudah 2 jam sebelum keberangkatan.

Beli bagasi secara online tidak bisa, sedangkan bawa koper ke kabin tidak mungkin karena koper kami terlalu besar. We had no choice! Kami pun mendatangi kembali kantor Ryanair untuk membeli bagasi. Ternyata saat itu, ada juga seorang pria sedang membeli bagasi karena mengalami kasus seperti kami. 

Jujur saya agak heran sih, kenapa bagasi itu tidak tercatat. Karena waktu saya dan Mira memesan tiket tersebut secara online, kami yakin sudah men-check list pilihan bagasi. Saya ingat betul, karena saat itu ada beberapa pilihan berat bagasi dan kami memilih yang paling ringan yang sekiranya cukup dengan berat koper kami. Tapi mungkin saya dan Mira lengah sehingga bagasi itu tidak tercatat dalam pembelian kami. Pantas saja harga tiketnya murah banget. Dari 5 penerbangan antar negara di Eropa, tiket pesawat inilah yang paling murah. Rupanya oh rupanya…. 

Setelah menyerahkan 105 Euro untuk membeli bagasi, saya tiba-tiba teringat jaket keren yang sempat saya lihat di pasar pagi Barcelona. “Beli jaket harga 38 Euro aja gue sayang. Ini harus bayar 105 Euro,” curhat saya. “Iya gue juga lemas nih, karena ngeluarin 105 Euro,” sambut Feny. “Berasa dirampok,” balas saya. Hening beberapa saat, kami saling berpandangan, kemudian… Ahahahahahahaha. Kami hanya bisa menertawakan kesialan kami. 
----------@yanilauwoie----------


Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Baca Juga:

Share:

0 komentar