EuroTrip: Amazing Race di Paris

Dalam perjalanan saya ke Eropa pada September 2013 kemarin, Paris termasuk salah satu kota yang menyimpan banyak cerita. Padahal nggak sampai 72 jam saya di kota tersebut.

Dimulai dari Feny yang salah mencatat alamat apartemen kami di Paris. Otomatis jalur transportasi umum yang Feny siapkan sejak di Jakarta adalah jalur yang salah. Setelah bertanya sana sini, akhirnya dapat lah kami jalur transportasi seharusnya menuju apartemen. Namun, insiden berlanjut dengan koper Mira melayang di dalam RER dan kami kelewatan stasiun RER yang seharusnya kami turun. Alhasil kami harus pindah RER arah sebaliknya.

Namun peristiwa yang paling bikin saya khawatir adalah kami nyaris tidak bisa masuk apartemen kami, City Résidence Marne-La-Vallée-Bry-Sur-Marne. Ini disebabkan kelalaian kami dalam membaca term & condition apartemen yang kami sewa. Jadi saat saya sedang berada di RER saya membaca lagi surat konfirmasi dari apartemen tersebut. Lalu terlihat lah tulisan yang sebelumnya sama sekali tidak saya perhatikan.

Bunyinya seperti ini: “Reception opening hours: Monday to Saturday: 08:00 to 13:00 then 16:00 to 20:00. Sunday and public holidays: 08:00 to 13:00. If you plan to arrive outside these opening hours, please contact the hotel in advance to get the access code for your apartment. Bed linen and towels are provided on arrival. Apartments are cleaned and linen changed weekly.”

Otomatis saya melihat jam, oh masih sekitar 1 jam lagi sebelum jam 8 malam. Mudah-mudahan sudah bisa sampai sebelum jam 8. Tapi menit demi menit berlalu dan RER terasa berjalan lambat sekali. Sampai akhirnya 30 menit lagi menuju jam 8 dan posisi kami masih jauh dari stasiun kami harus turun, saya mulai panik. Akhirnya kami memutuskan untuk memakai telepon Mira dan menghubungi nomor yang tertera di surat konfirmasi tersebut. Namun berkali-kali mencoba, hanya ada suara mesin penjawab.

Kami pun hanya bisa pasrah ketika waktu akhirnya melewati pukul 8 dan kami belum berhasil menghubungi apartemen tersebut. Saya, Mira dan Feny berusaha mencari solusi apa yang harus dilakukan. Akhirnya kami memutuskan untuk tetap datang ke apartemen tersebut dan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.

Akhirnya kami sampai sekitar pukul 9 malam. Ternyata di depan pagar apartemen ada nomor telepon yang harus dihubungi untuk para tamu yang datang di luar jam kerja. Mira yang menelpon dan saya bertugas mencatat serangkaian kode untuk pintu pagar, pintu lobi, kode brankas kunci kamar dan nomor kamar.

Di depan pagar ada petunjuk nomor yang harus dihubungi.

Kami akhirnya berhasil sampai ke lantai 3 dan berdiri depan kamar kami. Namun kami tidak menemukan brankas penyimpanan kunci kamar. “Aduh, cobaan apa lagi ini?” batin saya. Akhirnya saya dan Feny memutuskan untuk kembali ke lobi sedangkan Mira menjaga koper kami di depan kamar.

Begitu sampai lobi, saya melihat ada beberapa orang sedang berkumpul di pojokan. Termasuk di antaranya pria paruh baya yang tadi saya temui sebelum naik ke lantai 3. Dia juga sama nasibnya seperti kami, datang di luar jam kerja. Pria itu langsung memberi tahu saya di mana letak brankasnya.

Saya langsung menuju brankas yang dimaksud dan memencet sederet angka. Tut.. brankas itu langsung membuka. Di dalamnya ada setumpuk amplop cokelat. Saya menyortir amplop cokelat tersebut dengan perasaan was-was. Satu per satu, nama demi nama saya baca, sampai akhirnya saya membaca nama saya di salah satu amplop tersebut.  Lega langsung terasa di dada.

Tidak sabar, saya buka amplop tersebut dan begitu melihat isinya adalah kunci kamar, saya dan Feny kegirangan bukan main. Refleks, kami saling berpelukan dengan mata berkaca-kaca. “Alhamdulillah, kita nggak jadi tidur di jalanan,” ucap saya yang disambut cengiran bahagia Feny.

“Berasa kayak lagi ikutan Amazing Race, ya?” tutur Feny dalam perjalanan kami kembali ke lantai 3. Yap, dan kami berhasil menyelesaikan misi! ;p
Apartemen kami terdiri dari 2 kamar seperti ini dan 1 kamar yang menyatu dengan ruang makan dan dapur.