Tempat Belanja Oleh-oleh di Hobart, Tasmania

Toko Mawson Sheepskin & Opals

Saat jalan-jalan ke Hobart, Tasmania pada bulan Agustus 2017 saya tidak berniat belanja oleh-oleh. Tapi karena seorang teman menitip souvenir dari Hobart, saya pun menyusuri toko-toko untuk mendapatkan souvenir spesifik yang dititipnya.

Kenapa saya bilang spesifik karena teman saya tidak mau gantungan kunci atau magnet kulkas yang menjadi standar umum souvenir buat oleh-oleh. Titipan dia adalah lonceng dan tudung jari dengan tulisan "Hobart" atau "Tasmania". Pertama kali mendengarnya saya sempat bereaksi, "Memang ada ya, yang jual oleh-oleh tudung jari?". Namun foto yang dikirimkan teman saya menunjukkan bahwa souvenir tudung jari bukanlah hal yang aneh.   

Berbekal foto tersebut, saya mendatangi toko oleh-oleh pertama di Souvenirs & Gifts. Toko yang menjadi satu dengan Sheepskin & Opal World ini terletak di 92 Elizabeth Street. Untuk yang ingin mendapatkan sepatu UGG yang merupakan produk asli Australia, toko ini bisa menjadi pertimbangan untuk didatangi karena mereka memberikan diskon untuk model sepatu tertentu. 

Kalau untuk souvenirnya, toko ini menjual souvenir-souvenir standar seperti magnet bergambar Tasmanian Devil, uang dollar Australia, peta Tasmania, dan sebagainya dengan kisaran harga antara 3 - 7,5 AUD. Ada juga boneka Tasmanian Devil kecil yang bisa mengeluarkan suara bila diremas seharga 13.99 AUD sedangkan boneka koala kecil dijual lebih murah, yaitu 4.5 AUD dan 7 AUD bila membeli dua. Tapi sayangnya mereka tidak menjual souvenir yang saya cari.

Pencarian souvenir titipan pun berlanjut keesokan harinya. Tidak mau membuang waktu, saya pun bertanya ke Tasmanian Travel & Information Centre yang memang kebetulan saya lewati. "Di sebelah ada toko souvenir. Mungkin kamu bisa menemukan souvenir-souvenir tersebut di sana," kata petugas setelah saya menunjukkan foto souvenir yang saya cari.

Ternyata saya sudah melewati toko yang dimaksud sebelum ke Tasmanian Travel & Information Centre. Namun saya nggak ngeh kalau itu toko souvenir. Toko yang bernama Mawson Sheepskin & Opals ini menjual koleksi souvenir yang jauuuuuuh lebih banyak dari toko pertama yang saya datangi. Bisa dibilang semua benda yang bisa dijadikan oleh-oleh tersedia di toko yang beralamat di Mawson Place, 12-14 Argyle Street (sudut antara Argyle Street dan Davey Street) ini. Mulai dari gantungan kunci, magnet, mug, t-shirt, kaos kaki, dompet, tas, tumbler, pulpen, boneka, kartu pos, snow globe, daaaaan tentunya lonceng dan tudung jari yang saya cari ada juga di sini. Saya senang banget akhirnya bisa menemukan si tudung jari itu. Hehehehe.

Lalu bagaimana dengan harganya? Magnetnya dijual mulai dari harga 2 - 4,5 AUD, tergantung dari bahannya. Shot glass 3,5 AUD, snow globe dan pulpen 3 AUD, lonceng 6,5 AUD, dan tudung jari 4,5 AUD. Sedangkan untuk t-shirtnya dijual dengan harga bervariasi mulai dari 17,50 - 25 AUD.

Untuk urusan harga tempat ini memang tidak semurah Queen Victoria Market di Melbourne atau Paddy's Markets di Sydney. Namun bila mencari tempat beli oleh-oleh di Hobart dengan persediaan souvenir yang lengkap, tempat ini bisa dijadikan tujuan.


Selain dua toko di atas yang bisa dibilang menyediakan souvenir yang umum dijadikan oleh-oleh, ada satu tempat belanja oleh-oleh di Hobart yang harus dikunjungi bila ingin beli oleh-oleh yang beda. Nama tokonya adalah Made in Tasmania. Sesuai namanya, toko yang terletak di Salamanca Place ini menjual barang-barang produksi Tasmania. Mulai dari pakaian, aksesoris, sampai souvenir. Namun harganya tentu lebih mahal dibandingkan dua toko di atas. Tapi kualitas barangnya juga berbeda.


Share:

0 komentar