Tip Hemat Jalan-jalan di Sydney, Australia


Saya memang hanya 3 hari, 3-5 Mei 2015 di Sydney, Australia. Tapi bukan berarti bisa berfoya-foya. Tetap wajib hemat, dong! Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran saat traveling di Sydney.

1. Cari penginapan di city centre. Tujuannya selain bisa kemana-mana dengan mudah, kita juga bisa menekan biaya dengan berjalan kaki menuju tempat-tempat menarik. Saat di Sydney kemarin, saya menginap di Sydney Central Inn yang ada di 428 Pitt Street. Dari sini, hanya dalam waktu 10-15 menit berjalan kaki sudah bisa sampai ke Darling Harbour, Town Hall, Queen Victoria Building, dan sekitarnya.

2. Naik free city shuttle bus. Ada beberapa Sydney free city shuttle bus yang bisa dinaiki oleh siapa saja. Yang sempat saya coba adalah Sydney CBD shuttle nomor 555. Bus ini melewati area sekitaran city centre. Saya sempat naik bus ini saat ingin mengunjungi Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge dan Royal Botanic Garden. (Update 26 November 2016: Menurut info yang saya terima dari seorang teman, Sydney CBD shuttle nomor 555 sudah tidak ada lagi. Kalau ada yang tahu apakah ada free shuttle lainnya sebagai pengganti 555, kabari saya ya...)

3. Kunjungi tempat-tempat wisata gratis. Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge dan Royal Botanic Gardens yang lokasinya saling berdekatan bisa kita kunjungi gratis. Kecuali kalau kita mau menonton pertunjukan di Sydney Opera House atau bridge climbing di Sydney Harbour Bridge, tentu harus bayar tiket. Jalan-jalan di sekitaran Darling Harbour atau mengunjungi Queen Victoria Building juga bisa menjadi alternatif free things to do in Sydney.

Baca Juga: Tip Hemat Jalan-jalan di Perth, Australia


Sydney Opera House, tempat wajib foto di Sydney ;p

4. Bawa botol air. Di Sydney, aman untuk minum dari tap water alias dari keran air tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Fasilitas tap water juga ada di beberapa tempat publik seperti bandara dan sekitaran Darling Harbour. Jadi kita tinggal isi botol air kita dari tap water ini. Selama di sana, biasanya saya akan mengisi botol air saya di penginapan sebelum saya bepergian. Lumayan mengirit daripada beli air 600 ml yang harganya sekitar 2 AUD.

5. Beli tiket wisata online. Harga tiket wisata akan lebih murah beli secara online daripada beli langsung di lokasi. Apalagi kalau belinya dalam bentuk paket, akan dapat lebih murah lagi. Waktu itu saya membeli paket yang terdiri dari tiket Madame Tussauds Sydney, Sealife Aquarium, Sydney Tower Eye dan Wildlife Sydney Zoo, secara online di official website Madame Tussauds Sydney, hanya seharga 63 AUD. Sebagai gambaran, kalau beli tiket langsung di lokasi Madame Tussauds, harganya 40 AUD/orang dewasa.

Baca Juga: Tip Hemat Jalan-jalan di Melbourne

6. Gunakan kupon diskon. Ketika sampai di bandara, saya mengambil The Official Sydney Guide yang memang disediakan gratis untuk wisatawan. Nah, di dalam buku ini banyak sekali potongan kupon diskon. Baik diskon untuk tempat wisata, makan atau belanja. Tapi sayangnya, saya tidak sempat untuk mencoba kupon diskon ini.
----------@yanilauwoie----------



Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Baca Juga:

Share:

25 komentar

  1. dear mbak yani , aku mau nanya nanya seputar sydney nih, kebetulan mau kesana februari 2016. apakah boleh minta email nya? hehe makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yauma...

      Email kamu apa? Nanti aku yang email duluan ke kamu... :)

      Delete
  2. Perihal VISA gmn ya, kasih tips nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sandi...

      Aku sudah pernah menulis blog: Mudahnya Mengurus Visa Australia. Coba kamu scroll down ke bawah aja ya... :)

      Delete
  3. Mbak...dari airport ke hotelnya naik apa ya, gampang gak? terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rizal...

      Gampang kok. Bisa naik train seharga 17 AUD atau shuttle 20 AUD. Enaknya naik shuttle bisa langsung diantar sampai depan hotel kita menginap. Aku waktu itu naik shuttle dengan nama AirBus. Bentuknya kayak mobil ELF gitu...

      Semoga membantu ya... :)

      Delete
  4. Mbak Yani,tlg tanya , saya mau sydney akhir Jan, klo mau beli tiket madam tussauds paket, caranya gmn dan tadi saya baca kok g boleh lihat 5 shows berturut2 dlm 1 hari ya....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai July...

      Maksud kamu kalimat yang ini ya: "Not only will this pass get you into all 4 attractions, it also gives you a whopping 30 DAYS to visit the remaining 4 attractions after you've entered the first one - so you don't have to go to all 5 in 1 day!"

      Itu maksudnya tiket ini berlaku selama 30 hari, jadi kamu nggak perlu terburu-buru ke 5 tempat dalam 1 hari. Tapiii, kalau kamu mau kelima tempat itu dalam 1 hari ya gpp. Boleh kok. Tapi dari pengalaman aku, memang nggak keburu ke 5 tempat itu dalam 1 hari. Paling nggak, butuh 2 hari.

      Yang harus diketahui lagi, kalau kamu order tiket untuk 5 atraksi ini di Madame Tussauds, kamu harus ke sana dulu (sebelum ke tempat lain) karena ambil tiket untuk ke tempat lainnya di Madame Tussauds. Seandainya kamu pesan tiketnya di tempat lain, misal di Tower Eye, nah Tower Eye ini yang harus pertama dikunjungi.

      Cara belinya bisa secara online di web masing-masing tempat wisata itu. Bayarnya dengan kartu kredit. Nanti kalau sudah bayar mereka akan email. Email tersebut kamu print dan tunjukkan print-an tersebut di lokasi pembelian tiket. Nanti kamu akan dikasih 5 tiket untuk 5 atraksi wisata yang kamu pilih.

      Begitu July.. Semoga membantu ya...:)

      Delete
  5. Hi Mba Yani, thank you for sharing. Aku akhir Maret Akan berkunjung ke Sydney. Ada Tempat belanja oleh2 lucu gak di Sydney?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shafira....

      Aku pernah menulis tempat beli oleh-oleh di Sydney... Bisa dilihat di sini ya:
      http://yanilauwoie.blogspot.co.id/2015/06/tempat-belanja-oleh-oleh-di-sydney.html

      Delete
  6. mbak yani, sebagai orang yang baru pertama kali ke sana apa saja yang perlu disiapin? takutnya bingung sampai sana, untuk pakaian? bahasa? dan budaya orang disana gimana ya?
    satu lagi, kira" budget untuk trasport, hotel dan makan kurang lebihnya berapa? untuk ukuran normal backpaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Diah...

      1. Pakaian tergantung kamu datang di musim apa. Tentunya pakaian musim dingin berbeda dengan musim panas. Jadi kamu sesuaikan aja dengan musim kamu berkunjung.
      2. Bahasa Inggris.
      3. Budayanya yang mana nih? Karena budaya kan, cakupannya luas :)
      4. Untuk transport, karena aku hanya jalan-jalan di sekitaran kota yang bisa dijangkau dengan jalan kaki atau pakai free city shuttle bus, jadi nggak keluar banyak uang untuk transportasi.
      5. Budget hotel dengan kamar dormitory bisa didapatkan dengan kisaran harga 20-30 AUD per malam.
      6.Kalau makannya bukan di restoran fine dining, rata-rata 10-20 AUD untuk sekali makan.

      Semoga membantu ya...

      Delete
  7. Hai mbak yani, aku mau tanya kalau di syd kan katanya tap water safe untuk diminum. Kalau di restoran gt aku tinggal blg aja tapped water mreka ngerti kan ya? Mksdnya takut diketawain aja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rusty...

      Hehehe... Nggak akan diketawain, kok. Mereka sudah biasa. Kita tinggal bilang aja tap water. Semua restoran menyediakan for free tap water ini..

      Delete
  8. Mau tanya lg mbak, kalau dr airport t2 sydney mau ke cbd kynya lbh murah booked shuttle ya drpd pakai train. Kalau naik train kena biaya gatepass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak punya pengalaman naik train. Aku waktu itu naik shuttle. Yang aku suka dari shuttle ini, kita bisa langsung diturunkan tepat di depan penginapan. Kalau naik train mungkin lebih murah tapi kalau penginapannya agak jauh dari stasiun akan ribet lagi.

      Delete
  9. Hai Mba Yani, sy mau tny kl sy bawa anak 2 under 3 dan 1 taun, kira2 enak kemana aja yah? Apakah transportasi di sana kids friendly?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...

      Wah saya kurang begitu paham mengenai ini. Tapi yang bisa saya pastikan, transportasi umum di sana jauh lebih nyaman dari transportasi umum di Jakarta.

      Lalu untuk tempat wisata: Sealife Aquarium, Sydney Tower Eye dan Wildlife Sydney Zoo adalah tempat wisata yang cukup cocok untuk membawa anak-anak.

      Atau baca tulisan saya di:
      https://yanilauwoie.blogspot.co.id/2015/06/free-things-to-do-in-sydney.html?m=1
      Lalu tentukan, deh, kira-kira cocok nggak untuk anak-anak :)

      Delete
  10. Hallo mba Yani, tolong tanya, kalau punya waktu full 5 hari utk 2 kota, sebaiknya pembagiannya itu : 2 hari di Melbourne dan 3 hari di Sydney atau sebaliknya? Dimanakah diantara 2 kota itu yang mempunyai lebih banyak atraksi/tempat wisata dan tidak terlalu jauh dari pusat kota? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dedi...

      Waduh.. Kalau ditanya mana yang lebih banyak atraksinya saya nggak bisa jawab pasti. Karena saya cuma satu kali ke Sydney sementara ke Melbourne empat kali. Jadi saya lebih banyak tahu tempat-tempat wisata di Melbourne daripada Sydney.

      Kalau saya, sih, pasti akan pilih tiga hari di Melbourne dan dua hari di Sydney. Selain atraksi di pusat kotanya banyak dan banyak juga yang gratisan. Pinggiran kota Melbourne juga menarik untuk dijelajahi.

      Coba deh, baca blog saya yang Itinerary Trip Melbourne. Semoga bisa dapat pencerahan :)

      Delete
  11. hai mbak, kalo belum pernah ke LN , tiba2 harus ke Sydney sendirian, akan membingungkan nggak di bandara Sydney nya?trus nyari shuttle ke hotel nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Aku juga waktu itu ke Sydney sendirian. Hal pertama yang aku lakukan saat mendarat adalah mencari pusat informasi di bandara. Dari pusat informasi, aku jadi tahu alternatif apa aja yang bisa aku ambil untuk sampai ke penginapan. Karena saat itu aku memutuskan pakai shuttle, jadi petugas informasi tersebut, menunjukkan tempat aku bisa beli tiket shuttle. Gitu deh. Semoga membantu ya :)

      Delete
  12. hmmm,, lebiih enak sindney atau melbourne mba? salam kenal ya,, australia mahal ga si untuk akomodasinya??

    salam kenal ya :D

    sincerely
    jenjalanyok.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Faizar...
      Kalau saya lebih suka Melbourne karena kotanya lebih artsy. Gabungan antara vintage dan modern. Bagi saya Sydney, terlalu metropolitan. Kalau akomodasi untuk kelas dormitory, semalamnya sekitar 20 - 35 AUD.

      Btw, saya sudah mampir ke blognya. Orang Bandung ya? :)

      Delete
  13. Halo mbak, saya berencana mau trip 3 hari an jg ni. Apa boleh sy di email itinerary mbak yani selama trip di sydney?

    Email saya fatkur.ua88@gmail.com

    ReplyDelete