Beli Tiket Pesawat Pakai Kartu Kredit Orang Lain

Sebenarnya boleh nggak sih, membeli tiket pesawat secara online dengan menggunakan kartu kredit orang lain? Jawabannya boleh! Tapi tetap ada peraturan yang harus diikuti.

Foto Ilustrasi: Pixabay

Sekitar pukul 5 pagi, teman saya Mira ditelepon oleh teman saya yang lain, Mia. Saat itu Mia sedang ada di bandara Lombok untuk terbang menuju Jakarta. Namun dia sempat terhambat oleh petugas yang mempertanyakan status tiket pesawat-nya yang dibeli dengan kartu kredit Mira. Mia yang kebingungan pun menelpon Mira dan membiarkan Mira menjelaskan kepada petugas maskapai Lion Air. Setelah Mira menjelaskan (termasuk memberikan detail kartu kredit yang diminta petugas), Mia pun diperbolehkan terbang.

Kejadian Mia tersebut membuat saya malas untuk meminjam kartu kredit orang lain untuk beli tiket pesawat. Tapi saat limit kartu kredit saya tidak mencukupi, mau tidak mau saya harus meminjam kartu kredit orang lain. Seingat saya, sudah tiga kali saya meminjam kartu kredit orang lain untuk membeli tiket pesawat yang harganya lumayan mahal. 

Yang pertama adalah saat perjalanan ke Eropa menggunakan Qatar Airways pada tahun 2013. Saat itu saya dan Mira meminjam kartu kredit teman kami, Henny untuk bertransaksi lewat official website Qatar Airways. Setelah membeli tiket pesawat secara online, Mira dan Henny harus datang ke kantor Qatar di Menara BCA, Grand Indonesia, Jakarta untuk membuat surat verifikasi penggunaan kartu kredit atas nama Henny. Yap, Henny harus datang langsung dan menandatangi surat di depan petugas. Surat tersebut kemudian kami bawa untuk ditunjukkan saat check in di bandara.

Pembelian tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit orang lain saya lakukan juga saat membeli tiket pesawat ke Australia PP pada tahun 2014 lalu. Saya meminjam kartu kredit Pemred saya, Mbak Didin untuk membeli tiket di official website Qantas Airways. Saat itu, saya sama sekali tidak ingat untuk melakukan verifikasi kartu kredit. Namun untungnya saya tidak mengalami masalah baik saat pergi maupun pulangnya.

Peminjaman kartu kredit yang ketiga adalah untuk perjalanan saya yang akan terjadi besok. Saya meminjam kartu kredit rekan kerja saya, Mbak Ida untuk membeli tiket pesawat tujuan Australia PP di official website Singapore Airlines. Untuk memastikan tidak akan ada masalah saat di bandara, saya menelepon call centre Singapore Airlines yang ada di Jakarta. Namun setelah menelepon berkali-kali di 2 hari berturut-turut dan tidak ada jawaban maka saya memutuskan untuk datang langsung ke kantor Singapore Airlines Jakarta yang ada di Lantai 8, Menara Kadin, Rasuna Said, Jakarta pada Selasa, 28 April 2015.    

Di sana petugas meminta kode booking tiket saya untuk melakukan pengecekan. Setelah dicek, dia bilang tiket saya sudah diverifikasi by system. Jadi saya tidak perlu melakukan verifikasi kartu kredit dengan mendatangkan pemilik kartu kredit secara langsung. Ini menimbulkan pertanyaan di benak saya, apakah berarti semua pembelian tiket pesawat di website Singapore Airlines dengan kartu kredit orang lain akan otomatis terverifikasi by system? 

Begini kurang lebih jawaban petugas: "Verifikasi itu terjadi secara random. Ada yang terverifikasi by system. Tapi ada juga verifikasi secara manual. itu berarti pemilik kartu kredit harus datang ke sini untuk membuat surat verifikasi."

Nah, jadi amannya, tiap kali membeli tiket pesawat pakai kartu kredit orang lain, lebih baik konfirmasi ke maskapai yang bersangkutan apakah perlu melakukan verifikasi atau tidak. Daripada sudah sampai bandara, terus nggak boleh terbang, repot, deh.

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie

Baca Juga:
Blog Sebelumnya:

Share:

13 komentar

  1. Kalau di India nggak boleh. Dalam artian, harus pakai KK sendiri atau pemilik Kartu kredit ikut dalam rombongan terbang. Sering temna temen dapat masalah ini di India. Cuman kalau foreigner lebih "dimaklumi" sama mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Kalau begitu mending di Indonesia ya.. Dipermudah urusan pinjam meminjam kartu kredit :D

      Delete
  2. Mb yani akhirnya bisa terbang ndak pakai singapore airlines?? Ada hambatan g di negara tujuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sheilla...

      Bisa kok :)
      Aman... Nggak ada masalah sama sekali...

      Delete
    2. Mbak Yani, klo ryanair harus verifikasi CC ga ya? Saya ga punya CC dan rencana beli ryanair Paris-Rome pake CC kaka saya, terus saya kepikiran kalo harus verifikasi gimana ya..Makasi sebelumnya mbak.

      Delete
    3. Hai Dilla...

      Saya waktu itu pernah terbang pakai Ryanair (Barcelona - Roma) di tahun 2013. Tapi belinya pakai kartu kredit saya sendiri... Jadi nggak tahu apakah kalau beli pakai kartu kredit orang harus verifikasi atau nggak.

      Delete
  3. Dear mba Yani.

    Sy pesan tiket pk traveloka. Sby cgk pp dg Lion. Kartu kredit yg di pakai bukan punya sy.

    Waktu itu teman mba gimana jelaskannya ke petugas pas check in?
    ga mgkn bawa2 cc org. Penumpamg domisili SBY. Pemilik cc di jkt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rini...

      Waktu itu Mira menjelaskan bahwa memang benar Mia meminjam kartu kreditnya untuk beli tiket pesawat. Kemudian Mira pun menyebutkan data-data kartu kreditnya karena memang diminta petugas.

      Saran aku, kamu telepon aja pihak Lion Air untuk menanyakan perihal tiket kamu yang dibeli dengan kartu kredit orang.

      Delete
  4. mbak kalo misal beli tiket pesawat atau kereta api ke eropa pake CC temen cukup bawa fotokopi CC temen + fotokopi paspornya + surat kuasa pake bahasa inggris bisa ga sih? hehe apa itu belum cukup? soalnya si temen ga ikut travelling hehe makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yauma...

      Aku belum pernah mengalami kasus beli tiket KA di Eropa pakai CC orang, jadi nggak tahu seharusnya bagaimana. Tapi amannya mungkin akan lebih baik ada surat kuasa berbahasa Inggris. Ya sekedar jaga-jaga aja sih.

      Kalau tiket pesawat, maskapainya punya perwakilan di sini nggak? Kalau punya sebaiknya diurus dulu seperti ketika Mira mengurus dulu ke kantor Qatar Airways di Jakarta.

      Delete
  5. Kalo tigerair ad yg tau ga harus show cc ap ga? Booking pake cc temen juga ini :(

    ReplyDelete