Tour Guide Berbahasa Indonesia di Thailand: Saya Belajar dari Sinetron


Ketika saya mendapat tugas dari kantor ke Thailand pada akhir Agustus - awal September, pihak pengundang, Tourism Authority of Thailand menyediakan tour guide yang pandai sekali berbahasa Indonesia. Bukan hanya pandai berbahasa Indonesia, tour guide Thailand ini juga seorang muslim.

Kun Kendo yang memakai kaos abu-abu, topi dan kacamata

Namanya Kun (panggilan bapak/ibu) Kendo. Pria ini adalah orang Thailand asli yang memiliki pekerjaan tetap di salah satu departemen pemerintahan Thailand. Tapi di waktu luangnya, dia menjadi tour guide. Baik itu tour guide berbahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Saya penasaran kenapa Kun Kendo bisa sangat fasih berbahasa Indonesia. Saya menduga mungkin dia pernah tinggal lama di Indonesia seperti Mr. Danny, tour guide saya di Korea yang pandai berbahasa Indonesia. Tapi ternyata dugaan saya salah.

"Saya hanya pernah mengunjungi Indonesia satu kali," katanya. Itu pun hanya dalam hitungan hari. Lalu kenapa jago sekali berbahasa Indonesia? "Saya dulu suka menonton sinetron-sinetron RCTI yang tayang di Thailand." Jawabannya membuat saya bengong. Itu sama sekali di luar dugaan saya. 

Dari hobi nonton sinetron Indonesialah, Kun Kendo mempelajari bahasa Indonesia. Kemudian dia mengasah kemampuannya dengan terus belajar secara otodidak sehingga dia bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Nggak heran kalau jasa dia sering dipakai oleh orang-orang Indonesia, termasuk seleb-seleb Indonesia. 

"Saya sering menemani artis-artis Indonesia jalan-jalan. Salah satunya pernah menemani Nirina Zubir," ceritanya sambil tersenyum. 

Bukan cuma pandai berbahasa Indonesia, Kun Kendo juga seorang muslim. Jadi sangat membantu untuk memberikan informasi tentang makanan halal di Thailand. Tapi karena kemarin tugas saya bukan tentang makanan halal, jadi info tempat makan halal yang diberikan Kun Kendo adalah di tempat-tempat yang memang kebetulan kami kunjungi, seperti di MBK Center, Siam Paragon, dan pasar malam Talad Turong, Hua Hin. 

Berbeda dengan Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Di Thailand mayoritas penduduknya Budha. Jadi makanan halal tidak terlalu banyak. Contohnya di Food Island MBK Center hanya ada dua tenant makanan halal sedangkan di Food Hall Siam Paragon hanya ada satu tenant. Begitu juga di pasar malam Talad Turong, Hua Hin hanya ada satu gerobak penjual makanan halal. 

Jadi untuk yang mencari tour guide di Thailand yang bisa berbahasa Indonesia dan tahu makanan-makanan halal, Kun Kendo bisa diandalkan. 

----------@yanilauwoie----------



Find me at: (Di bawah ini akun media sosial saya. Bukan akun media sosial Kun Kendo. Maaf harus saya jelaskan seperti ini karena banyak yang salah sangka bahwa ini akun media sosial Kun Kendo ;p)


Blog Sebelumnya:





Share:

209 komentar

  1. Mba yani...saya bari dr tasikmalaya jawa barat...mohon info dong travel di thailand dgn keluarga ..enaknya kemana aja...dan ngga ketinggalan cara menghubungi pa kendo guide yg bisa indonesia..makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Bari...

      Boleh minta alamat emailnya? Nanti saya kirimkan contact Pak Kendo.

      Saya nggak lama di Thailand, jadi kurang bisa kasih masukan untuk traveling bareng keluarga. Yang kebayang sama saya, Madame Tussauds di Bangkok dan Santorini Park di Chaam cocok untuk keluarga. Tapi coba nanti tanya saja ke Kun Kendo, dia pasti lebih paham.. :)

      Delete
    2. Mba yani bisa minta contact pak kendo tq yaa alamat email sya rizkidanamon@gmail.com

      Delete
    3. Halo Rizki...
      Sudah aku email ya...

      Delete
    4. Mba yani saya minta kontak pak kendo jg ya ke email : tyastyando@gmail.com makasih yaa

      Delete
    5. Tyas cek email ya.. Sudah saya email...

      Delete
  2. minta contact Pak Kendo dong, kami berempat sekeluarga mau ke Thailand tgl 9 sd 12 feb17

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Doddy...

      Boleh minta alamat emailnya? Biar aku email...

      Delete
  3. Halo mba Yani, apa boleh saya minta kontak Kun Kendo? Karna saya berencana ke Thailand bersama keluarga besar. Ini email saya, regina.ers@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Selamat malam, boleh saya minta kontak kun kendo? Alamat email saya beautyvalley90@gmail.com.
    Terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Malam.
    Minta kontak kun.kendo ya.
    heri.siswanto12@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Mlm kak yani, bisa minta kontak kun kendonya kak???
    Email: pera_wt@yahoo.com
    Thanks kak ��

    ReplyDelete
  7. Mba blh minta kontaknya Pak kendo ?
    Email sy baehaqi519@gmail.com
    Makasih :)

    ReplyDelete
  8. Saya mau juga kontaknya Kun Kendo. Email saya giothea@gmail.com

    Thx

    ReplyDelete
  9. Hallo mba yani. Kirim kontak Kun Kendo ke oktariandaputraa@gmail.com saya rencana ke bangkok desember ini. Trims yaa

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba
    Bisa minta contact tour guide nya mba. email saya hapsarishinta@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mba.. saya juga tertarik untuk hire tour guide nya. Tolong kirim kontaknya ke red_ache@yahoo.com ya mba. Thx so much

    ReplyDelete
  13. Halo, Mbak Yani. Saya boleh dong diemail kontaknya ke dexil.iprith@gmail.com
    Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  14. Halo kak, salam kenal, boleh minta contact tour guide nya ke email saya nyixoxo@gmail.com ? makasiih

    ReplyDelete
  15. siang mb yani...tolong minta kontaknya kun kendo ya... email ceasarryanrio55@gmail.com

    ReplyDelete
  16. salam kenal mb yani...tolong minta kontaknya kun kendo ya... email Indah1vip@gmail.com mksh

    ReplyDelete
  17. Hi Mba yani.. boleh share Contactnya Kun kah?

    reni.mitasari@gmail.com

    thankyou

    ReplyDelete
  18. Siang mba, tolong minta kontak kun kendo yaa.. imel ke soviekyoko@gmail.com. rencana tahun depan mau kesana.
    makasih

    ReplyDelete
  19. Halo mba yani, bole kirim kan kontak kun kendo ke email aku? azradaniasarah@gmail.com, aku tencana bulan depan mau kesana
    Trimakasih ya mba

    ReplyDelete
  20. Mba Yani..mohon info kontak nya kun kendo ya. Kebetulan minggu kedua januari tmn2 ktr sy mau trip ke thailand. Email sy deny.boy.syasli@gmail.com tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Deny...

      Sudah aku email ya.. :)

      Delete
    2. Mba yani , aku putra, boleh info contactnya , rencana mau ke bangkok juga , tq

      Email responseid@yahoo.com

      Delete
  21. Mba boleh minta kontak nya kun kendo? Kebetulan mau travel ke bangkok nih. Kira kira habis biaya berapa ya kalo pake jasa kun kendo? Emailnya : buatlineatku20@gmaul.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caca...

      Aku sudah email contactnya ya.. Tapi aku nggak tahu tarif dia berapa. Jadi tanya langsung aja ke dia ya.. :)

      Delete
  22. hai mbak yani.. saya rencananya mau ke thailand bulan april 2017.. boleh minta kontak pak kun kendo ya.. kirim ke fais.nozawa@gmail.com .. makasih mbak yani

    ReplyDelete
  23. Selamat siang pak boleh minta email kontak tour guide nya ke alamat email saya gina.xenia.rx@gmail.com ,rencana saya bersama teman mau ke bangkok. Terima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gina..

      Sudah aku email ya..
      Tapi aku bukan bapak ;p

      Delete
  24. Halo mba yani , boleh minta contactnya ga? Mau ke bangkok juga nih hehehe 😊, email kmandalaa@gmail.com
    Makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh minta kontak nya gak?rencana nya mau Bangkok sih,thanks yaaa. email ku
      spsproperty05@gmail.com

      Delete
  25. halo mba bisa saya minta kontak nya Kun kendo..
    ini alamat email saya
    tyaadriani@gmail.com
    makasih sebelum nya..

    ReplyDelete
  26. halo kak kebeneran aku jg mau ke thailand nih nemu blog ini jadi cukup membantu. Boleh minta contact nya mbak ini email akuu adelia.finsani@gmail.com aku tunggu ya mbak, terimakasihh

    ReplyDelete
  27. Salam Sis,terima kasih untuk blognya
    maaf boleh tau contactnya Kun tidak
    saya rencana berangkat akhir january ini
    terima kasih
    acuan.ads@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Aku sudah kirim emailnya tapi dapat balasan failure. Ini yakin emailnya sudah benarkah?

      Delete
  28. Salam kenal mbaK..boleh mnta cntactnya pak ken kendo? Ini email saya diana_sari70@yahoo.com..terimakasih sebelumnyaa..

    ReplyDelete
  29. Halo, salam kenal .. Saya mau juga kontaknya Kun Kendo kebetulan mau berlibur ke Thailand. Email saya herawatibangun6@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Hallo mbak Yani,
    Boleh dikirimkan contact pak Kendo ke alamat email saya ya mbak.. lupuzanwar@yahoo.co.id

    Terimakasih sebelumnya mbak Yani ;)

    ReplyDelete
  31. Selamat tenghari..kami ada rancangan ke thailand pada bulan Mac.ini email saya azrien_bluekru@hotmail.com..tolongkn smpaikn email saya kepada kun kendo utk menjadi tour guide kami

    Trma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Saya sudah kirimkan kontak Kun Kendo ke alamat email tersebut. Silakan menghubungi sendiri Kun Kendo ya.. :)

      Delete
  32. Dear Ms. Yani

    boleh saya minta contact Mr. Kun Kendo? boleh diinfokan ke nicholass.eka@gmail.com

    Thank you

    ReplyDelete
  33. mba yani mohon info contactnya kun kendo ya, saya ada rencana mei ini kesana email : yoan.gubrakz@gmail.com terima kasih mba yani

    ReplyDelete
  34. mbak boleh minta kontak person nya kun kendo? email saya : hanizhira@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Mba...
    aku mau dong kontaknya
    ke shinta.kiara@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  36. Hallo mbak Yani.
    Saya mau ke Thailand bln ini.
    Bole saya minta contact Kun Kendonya?
    Email saya : indibrefhi@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Halo mba boleh mnta contact tour guidenya? Bsa email di 1992yustina@gmail.com
    tq

    ReplyDelete
  38. Halo. Boleh minta contact nya kah? Saya rencana april k bangkok. Ini emailnya mariayolad@yahoo.com
    Thankyou :)

    ReplyDelete
  39. Hallo Mba Yani,
    Tolong bantu share contactnya Ken ya... ini alamat email saya the_o77@yahoo.com dan theo.dora@ap.sony.com

    ReplyDelete
  40. Mbak... mohon minta contact nya pak kendo yah. Email saya chanutama@gmail.com

    ReplyDelete
  41. halo mbak, bole mnt juga ya contactnya hehe email wennyh.18@gmail.com

    Thanks yaa mbak :)

    ReplyDelete
  42. hai mbak yani.. saya rencananya mau ke thailand bulan juni 2017.. boleh minta kontak pak kun kendo ya.. kirim ke wulandarimega80@gmail.com .. makasih mbak yani

    ReplyDelete
  43. Halo mba yank, boleh saya minta contact nya? Email sama armilitamia@gmail.com
    Makasih mba sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Sudah aku kirim kontaknya by email ya.. :)

      Delete
  44. Hai Mbak Yani, aku juga mau donk kontaknya Pak Kendo ke alamat nassya_82@yahoo.co.id

    Trims

    ReplyDelete
  45. Halo mba yani salam kenal :)
    Mba boleh minta contac nya kun kendo ga? Ini emailku
    Fitriainda03@yahoo.com
    Makasih mba :)

    ReplyDelete
  46. Hallo Mbak Yani, kami 1 keluarga ber-4 akan ke Bangkok di Juni 2017 dan membutuhkan info berapa biaya menggunakan jasa Kun KUndo berikut kendaraannya? Apakah perhari atau perpaket?
    Mohon diemailkan ke hijri@spektra-aa.co.id
    Thanks

    ReplyDelete
  47. Halo mba Yani,boleh saya minta email Kun Kendo?..Tolong email ke sini ya..sofwanarief10@gmail.com makasih yaa mba

    ReplyDelete
  48. Halloo Bu Yani, Salam Kenal Saya Djaka, rencana kami sekeluarga akan ke thailand, boleh saya dapatkan contact personnya Mr. Kun Kendo. dan tarif untuk perdaysnya berapa yaa ? bisa tolong email ke saya di djaka.ia.lk@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Selamat Sore, Mohon saya dikirimkan kontaknya juga Mbak. zee.fandy@gmai.com Terimakasih Banyak :)

    ReplyDelete
  50. Mbaa..boleh minta contactnya gaa??sya rncana mau liburan k thailand
    Email sya septianaindra.permana@yahoo.com

    ReplyDelete
  51. Haloo. Saya minta kontaknya Kun Kendo boleh? Tolong kirimin ke efanferd@gmail.com ya. Thankss.

    ReplyDelete
  52. Bisa minta kontaknya bp kun kendo ya emailnya andista.kusuma@yahoo.com

    ReplyDelete
  53. hello ka. Masih aktif ga? masih boleh minta contact nya pak Kun? ini email nya aku gdalengkade@gmail.com

    ReplyDelete
  54. Salam Kenal Mbak, boleh di email ke kita kontak mr kun kendonya... rencana juga mau kesana april ini.. email ke yukkebelitung@gmail.com atau teblyandi@gmail.com terimakasih ya..

    ReplyDelete
  55. Hai Mba, boleh minta kontak Tour Guide nya? minta tolong untuk diemailkan ke auliaamini09@gmail.com.

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  56. mbak saya minta info kontak guide di Bangkok juga yaa .. please email ke beidjaloeardi@gmail.com terima kasih :-)

    ReplyDelete
  57. Halo. Blh minta kontakny kun kendo? Lydia.soegiarto@gmail.com

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  58. Salam kenal Mba Yani, saya Anvi rencana mau ke Bangkok sekitar April/Mei mendatang. Boleh minta kontak Kun Kendo? Email saya: anvifsyafei@gmail.com . Trimakasih ya Mba :)

    ReplyDelete
  59. hai mba. saya minta email dan contact Mr. Kun Kendo..
    alamat email saya vita.apriliani@cni.co.id/ aprilia.vita88@gmail.com
    Thanks before

    ReplyDelete
  60. Mba sya boleh mnta kontak tourguidenya?ini alamat email sya riskyratnasari96@gmail.com makasih sebelumnya🙂

    ReplyDelete
  61. ha;o mbak bisa minta kontaknya gk? milanaputri70@gmail.com
    makasih yaaaa

    ReplyDelete
  62. Halo mba yani.. boleh saya minta kontaknya kun kendo Email saya sukianto.fonih@gmail.com.
    Makasih

    ReplyDelete
  63. Hallo mbak boleh minta ya kontaknya pak kendo
    Email saya: patty.christine@yahoo.com

    ReplyDelete
  64. Hallo mbak yani. Tau gak brp kisaran tarif tour guide dr kun kendo? Hehe sekalian minta kontaknya. Email: rizkanovarianty@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  65. Mba yani boleh aq minta contactnya pak kendo
    Email aq yunaa2612@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Boleh Minta contact kun kendo? Email ke hariyanto2784@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Hello, boleh minta contact pak Kendo? Thank you yahh infonya
    cyin.zhang@gmail.com

    ReplyDelete
  68. hai mba , minta contactnya kun kendo dong. email nathaniaannisa88@gmail com. tx a lot

    ReplyDelete
  69. Dear Mb Yani,
    Bisa email contact guidenya ke emailku dc_chemui02@yahoo.com ?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  70. Halo mba yani, saya berencana ke Thailand Bulan ini, boleh saya minta contactnya juga??
    bisa email ke : intankrisnawanti17@gmail.com atau Krisnawantiintan98@gmail.com

    makasih banyak mba :)

    ReplyDelete
  71. halo mbak, bisa minta tolong kontaknya? email: tiyan.setiawan@yahoo.co.id makasih ya mbk :)

    ReplyDelete
  72. halo mba yani, boleh minta kontaknya ga ya? email natal_ta@hotmail.com
    thankyou yaa

    ReplyDelete
  73. Halo mba Yani, boleh dibantu share kontaknya kun Kendo? Email saya alifdiohendra@gmail.com

    ReplyDelete
  74. Hai mbak Yani,
    Boleh minta kontak pak Kendo nya? Ke email saya trijan.riana@gmail.com

    Thank you mbak :)

    ReplyDelete
  75. Haloo mohon info email contactnya pak kendo ya :) saya ad mw ke thailand bulan november nanti ini email saya nurulhrns@gmail.com makasih sbelumnya :)

    ReplyDelete
  76. halo, saya boleh minta kontaknya pak Kendo?
    tolong balas di email saya: aldhiatatsa@gmail.com
    terimakasih ^^

    ReplyDelete
  77. Haii mbk..boleh minta kontak pak kendo ya boleh? Ini email saya dessy.fardila@gmail.com makasih mbk sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak boleh minta contact pak kendo ,ini email saya ya widyasuwito@yahoo.com thank you mbak

      Delete
    2. salam kenal mba. boleh minta kontaknya Pak Kendo? tolong kirim ke email saya annaaulia24@gmail.com
      terima kasih sebelumnya yaa

      Delete
    3. Hai Mbak Widya...
      Sudah ya.. Silakan cek emailnya...

      Delete
    4. Halo Anna..
      Sudah aku email ya.. Beserta kontak Mr. Danny juga...

      Delete
  78. HAllo Mba.. boleh minta kontaknya Pak kendo, klo boleh ini email saya doctorgrapher@gmail.com terima kasih dan sukses sehat selalu amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah aku email ya Donnie...
      Amin amin untuk doanya.. :)

      Delete
  79. halo, boleh minta contactnya pak kendo? ini emailnya
    oktavianiteresa@yahoo.com
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  80. Hai kka ,

    Minta Contact Pak Kendo ?
    email saya di rchangela2002@gmail.com

    Thank You so Much kka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek emailnya ya.. Sudah aku kirim kontaknya...

      Delete
  81. Mbak minta kontak tourguidenya dong.
    Ini email saya : rizkanovarianty@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  82. Kak... Bagi juga ya... Ada rencana ke sana soalnya... Nie blog membantu bnget


    Adealove.al@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Halo Mba, boleh minta kontaknya kun kendo?

    Kelvinchristiandy@gmail.com

    Thanks

    ReplyDelete
  84. Mba...saya juga minta contact nya mr.Kendo ya..kristina_hypnothe@yahoo.com
    Trimakasih

    ReplyDelete
  85. kak mau dong contactnya kun kendo :) ini alamat email saya : fitritheng1527@gmail.com terimakasih sblmnya :)

    ReplyDelete
  86. Hi sis boleh minta kontak ken kendo buat tour ke thailand email saya paramithavrk@yahoo.com makasihhhhh ya

    ReplyDelete
  87. Hai mba yani,, boleh kah saya minta contact tour guide nya.. wah blog ini ngebantu banget deh.. rencana awal atau pertengahan mei ini saya mau kesana.. ink email saya dhian.88@gmail.com

    Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
  88. Hai kak Yani. Salam kenal sy Yemima. Kak boleh minta email Tourguide yg bisa bahasa indo Di Thailand? Alamat email Saya ymimack@yahoo.com

    Trimakasih kak

    ReplyDelete
  89. Ka ini email ku dheanabilla26@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Selamat sore Mba Yani, mau minta tolong kirimkan contact person nya Kun Kendo donk.. Rencana mau liburan ke phuket island, semoga Kun Kendo bisa jadi tour guide nya. Tapi untuk biaya tour guide nya sendiri berapa mba selama disana kalau boleh berbagi info nya ?
    Terimakasih banyak mba sebelumnya, email saya zahara17041989@gmail.com

    ReplyDelete
  91. Malam kk, mohon info contact tour guide thailand nya . Ini email saya anitatok1013@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  92. Oiya email saya igst.ayurima@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Malam, saya boleh minta kontak tour guidenya? email saya hasfhah2@gmail.com

    ReplyDelete
  94. Hallo kak, boleh minta contack Kun Kendonya? Email: rachwinapriza@gmail.com

    ReplyDelete