7 Tip Berburu Tiket Pesawat Murah di Travel Fair

Agar hasil berburu tiket pesawat murahnya makin maksimal, ada beberapa strategi yang bisa kita gunakan. Berikut adalah tujuh di antaranya. 

Dok. Garuda Indonesia

1. Cari Info Harga Termurah
Sebelum datang ke acara travel fair, pastikan kita sudah tahu batas terbawah dari harga tiket yang dijual. Harga termurah adalah harga yang tertera di promo. Cek aja tulisan, "mulai dari" atau "starting from". Angka yang tertulis setelah kata "starting from" itulah yang jadi target kita untuk mendapatkan tiket pesawat terbang murah.

2. Datang Pagi
Usahakan datang ketika travel fair tersebut baru dibuka karena kesempatan untuk dapat tiket promo lebih besar ketika kita datang awal. Kenapa? Karena biasanya tiap travel agent yang berpartisipasi memiliki kuota tiket promo setiap harinya. Jadi siapa cepat dia dapat. 

3. Datang pada Happy Hour
Selain datang pagi, kita juga bisa datang ketika digelar happy hour. Di jam-jam ini harga tiketnya bisa lebih murah dibanding harga di luar happy hour. Jadi sebaiknya sebelum datang ke travel fair, cari tahu dulu ketentuan mereka tentang happy hour.

4. Siapkan Tanggal Keberangkatan
Jangan harap kita bisa datang ke travel fair dan bilang: "Saya mau dapat harga termurah, terserah tanggal berapa aja." Bukan begitu sistemnya. Kita harus sudah punya tanggal yang ditaksir dan travel agent akan mengecek harga sesuai tanggal yang diinginkan. Kalau harganya belum seperti yang kita harapkan, kita bisa ganti tanggal dan mereka akan kembali mengecek harganya. Begitu seterusnya sampai kita mendapat sesuai yang kita mau. Sebaiknya kita menghindari tanggal-tanggal di akhir pekan atau peak season seperti libur sekolah, libur Lebaran, libur Natal, libur Tahun Baru, atau long weekend. Di waktu-waktu tersebut dijamin nggak akan bisa dapat harga murah.

5. Cek Harga antar Travel Agent
Travel fair yang digelar oleh maskapai penerbangan biasanya terdiri dari sejumlah travel agent. Jangan malas untuk cek harga antar travel agent. Waktu Garuda Travel Fair (GATF) tahun 2016, saya bertanya ke 3-4 travel agent untuk mendapat tiket Jakarta - Melbourne PP. Usaha saya nggak sia-sia karena akhirnya saya bisa dapat harga yang saya mau untuk tanggal yang saya inginkan. 

6. Siapkan Syarat untuk Cashback
Harga tiket promo bisa tambah murah lagi ketika kita mendapatkan cashback dari kartu kredit bank yang bekerjasama dengan travel fair tersebut. Contohnya GATF 2017 yang digelar awal Maret bekerjasama dengan BNI. Atau Singapore Airlines Travel Fair 2017 yang digelar akhir Februari bekerjasama dengan BCA. Cashbacknya nggak tanggung-tanggung. Bisa mencapai jutaan rupiah. Kalau ingin berburu di travel fair mungkin harus disiapkan berbagai kartu kredit dari berbagai bank. Ya kalau nggak punya, bisa pinjam dari orang lain. Tapi pastikan terlebih dahulu apakah pemilik kartu kredit harus ikut dalam perjalanan atau tidak.

7. Cek Harga Travel Agent di Luar Travel Fair
Ketika GATF pada Maret kemarin, teman saya, Selvy menanyakan harga tiket pesawat Jakarta - Kuala Lumpur kepada travel agent langganannya. Ternyata harga tiket pesawat yang mereka jual di JCC, Jakarta tempat GATF dilangsungkan sama dengan harga di kantor-kantor cabang travel agent tersebut. Bedanya adalah mereka tidak pakai cashback. Jadi ketika GATF digelar, harga promo itu berlaku di semua travel agent yang bekerjasama di manapun tempatnya. Selvy yang memang tidak punya kartu kredit BNI berpikir lebih baik pesan di travel agent langganannya daripada harus keluar ongkos dan tenaga lagi untuk datang ke GATF.

Bagaimana? Siap berburu tiket pesawat murah di travel fair?


Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar