Benarkah Ganja Dilegalkan di Belanda?

Foto: Pixabay

Kabarnya kita bisa bebas mengonsumsi ganja di Belanda karena ganja dilegalkan di negara kincir angin tersebut. Benarkah demikian?

Jawabnya bisa ya dan tidak. Ya, orang bisa bebas mengonsumsi ganja dengan batas tertentu dan tidak benar bahwa ganja dilegalkan di Belanda karena berdasarkan hukum, ganja termasuk yang dilarang di Belanda. 

Kalau terlarang kenapa orang-orang diperbolehkan mengonsumsi ganja? Bingung, kan? Saya juga bingung tapi seperti itulah info yang saya dapatkan dari Rocco, pemandu free walking tour yang saya temui di Amsterdam pada Oktober 2018.

"Banyak orang salah sangka. Mereka mengira ganja dilegalkan di sini padahal tidak. Namun hukum ini tidak dijalankan sebagaimana mestinya. Dalam artian polisi tidak akan bertindak apapun bila melihat orang melakukan jual beli ganja. Tapi polisi akan segera bertindak bila melihat orang bercocok tanam ganja," jelas Rocco.

Kalimat terakhir Rocco tentunya menimbulkan tanda tanya. Kalau tidak boleh bercocok tanam, lalu dari manakah ganja-ganja itu berasal? "Banyak orang menanam ganja secara diam-diam," ungkap Rocco.  

Pria asli Belanda ini selanjutnya menerangkan bahwa biasanya polisi akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menanam ganja ini saat musim dingin. Karena sifat ganja yang memanaskan maka rumah-rumah yang tak bersalju saat musim dingin akan menjadi target utama dalam penyelidikan polisi.  

Mendengar penjelasan Rocco saya merasa bingung sekaligus geli sendiri. Saya benar-benar gagal paham dengan konsep yang diterapkan Belanda dengan tidak melegalkan ganja secara hukum tapi tidak mempermasalahkan bila orang-orang mengonsumsinya. Maksudnya kenapa setengah-setengah? Kenapa tidak 100% dilarang atau sekalian saja dilegalkan?

"Sebenarnya ganja sedang dalam proses untuk dilegalkan. Hal ini sudah berlangsung sekitar dua tahunan," jelas Rocco. Namun Rocco sendiri tidak tahu apakah hal tersebut akan terjadi dalam waktu dekat atau tidak mengingat hal tersebut bukanlah isu mendesak yang harus dibahas oleh pemerintah Belanda saat ini. 

Sementara itu, kabarnya sangatlah mudah untuk menemukan ganja di kafe atau coffee shop di Belanda tapi saya tidak tahu seberapa mudah karena saya tidak mencobanya saat saya ke Amsterdam. 

Mungkin ada yang punya pengalaman mencoba ganja di Belanda? Kalau nggak keberatan, boleh lho, berbagi di kolom komentar. 

Booking.com----------@yanilauwoie----------




Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar