Self-service di Supermarket Coles di Melbourne, Australia

Ini Coles yang di Geelong, Victoria (update foto: 29 April 2017)

Konsep self-service dalam artian memilih dan mengambil sendiri barang-barang yang ingin kita beli di supermarket bukan hal asing buat saya. Namun men-scanning serta melakukan pembayaran sendiri hasil belanjaan tersebut benar-benar hal baru buat saya. Sempat bikin panik dan bingung. Hahaha...

Sore itu, di bulan Oktober 2015 saya masuk ke supermarket Coles yang ada di Elizabeth Street (dekat Flinder Street Station) untuk membeli sebungkus kopi. Setelah sibuk memilih-milih aneka kopi bungkusan yang tersedia, saya pun memutuskan membeli satu bungkus di antaranya. Karena Coles hampir tutup saya segera bergegas menuju kasir untuk membayar.

Dekat kasir sudah banyak orang mengantri. Di antara antrian yang cukup panjang itu, tiba-tiba terdengar seorang petugas yang kurang lebih berkata seperti ini: "Siapa lagi yang mau bayar pakai kartu? Yang mau bayar pakai kartu bisa langsung ke sini." Karena saya niat bayar pakai uang tunai, saya pun mengacuhkan suara tersebut. 

Tiba-tiba antrian di depan saya pun terbagi menjadi dua. Saya pun langsung mengambil yang antriannya paling pendek. Tidak lama, di depan saya pun kosong. Sang petugas lalu meminta saya maju dan menunjuk ke sebuah mesin. Lalu dia kembali sibuk mengarahkan pembeli lain. Saya pun sendirian memandangi mesin tersebut. Apa yang harus saya lakukan dengan mesin ini? 

Saya menoleh ke samping saya, seorang wanita sedang melakukan scanning barang-barang yang dibawanya. Dari situ saya paham, oh ini adalah mesin pembayaran memakai kartu yang tadi diumumkan petugas. Lalu saya pun memandangi mesin tersebut. Membaca kata-kata berbahasa Inggris di layar. Aduh, saya harus mulai dari mana ini? Tombol apa yang harus saya pencet? Akhirnya saya pun memencet salah satu tombol yang tersedia. Tapi tidak ada reaksi apa-apa. Saya mulai panik. Tenang Yani, tenang Yani. Itu kata-kata yang saya ucapkan terus menerus dalam hati saya. 

Di tengah kebingungan, seorang petugas menghampiri saya. Mungkin dia melihat kebingungan saya. Setelah memencet sebuah tombol, dia pun mempersilakan saya men-scan kopi saya. Lalu meninggalkan saya. Saya berhasil men-scan kopi yang saya beli. Terbukti langsung keluar namanya dan harganya di layar mesin. Setelah itu, saya men-scan kartu kredit saya. Lalu, voila keluarlah struk pembelian dari mesin tersebut. Selesai sudah pengalaman saya membayar sendiri barang belanjaan saya. Pffuuiihh...

Setelah meninggalkan Coles, timbul pemikiran di benak saya. Dengan adanya mesin pembayaran sendiri (saya melihat deretan mesinnya cukup banyak) dan tanpa adanya petugas yang mendampingi masing-masing mesin, itu berarti mereka cukup percaya bahwa tiap orang yang melakukan pembayarannya sendiri tidak akan melakukan tindakan penyelewengan. Bisa aja dong, satu atau dua barang tidak di-scan dan langsung masuk kantong belanja? Bisa jadi karena keamanan mereka yang sangat ketat atau orang Australia yang sangat taat aturan. 

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie

Share:

4 komentar

  1. nice post! mau nanya nih saya kan minggu depan mau ke melbourne dan saya juga tinggal di deket flinders st station. itu tombol yg mana yg dipencet buat scan belanjaan? kartu yg dimaksud itu credit card ya? ga bisa cash? trus scan credit cardnya gimana ya? tolong detailnya ya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Melody...

      Sejujurnya saya tidak ngeh tombol mana yang dipencet petugas ;p

      Dan untuk menjawab pertanyaan lainnya. Seperti yang saya tulis di atas, iya pakai kartu kredit. Scan kartunya di layar touch screen.

      Tapi kalau bingung, mending lakukan pembayaran dengan uang tunai aja. Bisa kok :)

      Delete
  2. itu kan ada mesin alarmnya mbak. sama kayak di woolworths. kalo ambil barang kagak discan otomatis alarm nyala

    ReplyDelete