Itinerary Trip Melbourne, Australia

Belum lama ini, saya dapat pertanyaan apakah saya punya itinerary untuk perjalanan 3 hari di Melbourne. Hmm, 3 kali berkunjung ke Melbourne saya tidak pernah membuat itinerary Melbourne. Jadi tergantung kaki mau melangkah kemana di hari itu. Namun dari perjalanan tersebut saya bisa rangkum seperti ini. Jumlah hari dan tujuan bisa disesuaikan minat masing-masing.

Hari 1: keliling kota Melbourne. Sebenarnya cukup 1 hari kita bisa mendapatkan beberapa tempat menarik di pusat kota Melbourne. Enaknya, banyak di antaranya yang gratis. Untuk tempat wisata gratis di Melbourne bisa dilihat di sini dan di sini. Tapi kalau ingin agak santai dan berlama-lama di satu tempat, mungkin harus menyediakan waktu 2 hari.


State Library of Victoria, must visit place in Melbourne City

Hari 2: menyusuri Great Ocean Road. Datang ke tempat ini merupakan hal yang wajib dilakukan kalau sudah sampai di Melbourne. Memang sih, jaraknya jauh dari pusat kota. Bisa mencapai 4-5 jam. Tapi percaya, deh, kecantikan wilayah ini membuat perjalanan panjang itu terbayar. Hal yang menjadi perhatian utama dari area ini adalah 12 Apostles, bongkahan batu yang tersebar di beberapa titik di laut. Tapi bagi saya, kenikmatan utama dari road trip ke sini adalah perjalanannya itu sendiri. Bisa menikmati perbukitan di satu sisi dan hamparan laut di sisi lain. Hijau dan biru di antara jalanan berliku. Indah!

Hari 3: berkunjung ke Phillip Island. Untuk yang tertarik wisata wildlife bisa datang ke sini. Pasalnya di sini ada di antaranya konservasi koala dan parade little penguin. Saat berkunjung ke lokasi yang berjarak sekitar 1,5 jam dari Melbourne ini saya tidak mengunjungi konservasi koala karena fokus saya memang ingin melihat little penguin. Pengalaman yang benar-benar seru melihat penguin-penguin kecil itu pulang ke rumahnya setelah mencari makan di laut. Kalau berkunjung ke sini jangan lupa pakai jaket. Lokasinya yang di pinggir pantai dan waktu mendaratnya penguin yang malam hari membuat kita harus siap menghadapi angin dingin.

Hari 4: eksplore perkebunan-perkebunan anggur. Ada beberapa titik di luar kota Melbourne yang menjadi lokasi perkebunan anggur. Salah satu yang pernah saya kunjungi adalah Brown Brothers Winery di daerah Milawa. Sekitar 2,5 berkendara dari pusat kota Melbourne. Ada beberapa winery di daerah ini. Jadi kalau memang suka dengan wine atau at least pemandangan hijau perkebunannya, bisa menghabiskan seharian mengunjungi beberapa winery.

Hari 5: belanja di Torquay. Kalau kita penyuka brand seperti Rip Curl, Billabong, Quiksilver, dan Roxy rugi kalau sampai nggak datang ke sini. Di daerah yang berjarak sekitar 1 jam berkendara dari pusat kota Melbourne inilah store-store tersebut berada. Bukan berarti di kota Melbournenya tidak ada ya. Hanya saja, di sini terdapat factory outlet-nya yang membuat harga-harga barangnya sangat miring.

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie

Share:

2 komentar

  1. Selamat siang, mau nanya, Dulu pas ke Great Ocean Road naik apa? saya mau solo traveling ke Melbourne bulan november. Tapi setelah cari-cari di google untuk kesana harus ikut tour dan waktu disananya sedikit bgt. Apakah disana ada kaya sharing cost ke Great Ocean Road? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Henry...
      Saya waktu itu pakai mobil pribadi. Setahu saya memang untuk ke sana hanya bisa pakai tur. Kecuali ada teman-teman yang bisa diajak bareng untuk sewa mobil bersama.

      Delete