Cara Mudah dan Murah Pergi ke Surfers Paradise dari Brisbane dan Bandara Gold Coast, Australia

Gold Coast train yang saya naiki

Ketika pergi ke Surfers Paradise, Gold Coast dari Brisbane pada bulan Agustus 2017, saya dan kedua teman saya menggunakan sarana transportasi umum. Ternyata bukan hanya murah, tapi juga sangat mudah pergi ke Surfers Paradise dari Brisbane dengan transportasi umum. Berikut rute dari Brisbane ke Surfers Paradise.

Rute kendaraan umum dari Brisbane ke Surfers Paradise
  • Naik Gold Coast train dari Roma Station di Roma Street yang ada di pusat kota Brisbane.
  • Turun di Nerang Station. Perjalanan dari Roma Station ke Nerang Station sekitar 1 jam.
  • Keluar dari stasiun kereta Nerang dan menuju ke halte bus (yang lokasinya ada tepat di pintu keluar stasiun).
  • Di halte bus, cari stop A. Naik bus nomor 740 yang menuju Surfers Paradise.
  • Turun di halte Surfers Paradise Cypress Avenue. Perjalanan dari stasiun Nerang ke Surfers Paradise Cypress Avenue sekitar 20 menit. 
  • Dari Surfers Paradise Cypress Avenue, jalan kaki sekitar 5 menit sudah sampai ke pantai Surfers Paradise. 
  • Total perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Lalu berapa ongkos kendaraan umum dari Brisbane ke Surfers Paradise? Saat itu saya menggunakan Go Card (baca info tentang Go Card di sini) dan membayar tiket seharga 8.26 AUD. Harga ini sudah mencakup ongkos tiket kereta dan bus. 

Saya tahu bus tidak dikenakan tarif lagi dari sopir bus 740 yang saya naiki. Kurang lebih seperti ini percakapan kami.
"Apakah kamu baru turun dari kereta?" tanya sang sopir kepada saya.
"Iya," jawab saya.
"Mana tiketnya?"
"Saya pakai Go Card."
"Ya sudah tap on lagi saja. Ini perjalanan lanjutan"

Begitu saya tap on Go Card saya, di mesin tertulis "continued", dan nilai uang di Go Card saya tidak terpotong lagi. Wah, senangnya :)

Pulang dari Surfers Paradise saya tidak lagi kembali ke Brisbane melainkan ke bandara Gold Coast. Berikut adalah rute kendaraan umum dari Surfers Paradise ke bandara Gold Coast.
  • Naik tram dari Cavill Avenue menuju Broadbeach South (pemberhentian terakhir)
  • Dari Broadbeach South naik bus no. 777 dengan jurusan bandara Gold Coast. Letak halte busnya ada di jalur sebelah pemberhentian tram.
  • Total perjalanan sekitar 40 menit.

Untuk rute perjalanan dari bandara Gold Coast ke Surfers Paradise, bisa melakukan rute kebalikan di atas.

Ongkos kendaraan umum dari Surfers Paradise ke bandara Gold Coast juga tidak mahal. Total untuk 3 penumpang adalah 17.10 AUD. Saya dan teman-teman saya membeli tiket di mesin tiket yang ada di Cavill Avenue. Kami tidak lagi memakai Go Card, soalnya kartu ini kami tukarkan untuk mendapatkan kembali deposit sebesar 10 AUD. Go Card tidak bisa ditukarkan di bandara Gold Coast karena di sana tidak ada tempat penukaran Go Card. 

Harga tersebut sudah mencakup untuk ongkos tram dan bus. Jadi beli tiketnya cukup sekali saja. Ketika kami naik bus 777, kami hanya perlu menunjukkan tiket tersebut. Di tiket tertulis "transfer until 16.10", sementara kami membeli tiket pada pukul 14.10. Dengan kata lain tiket ini berlaku untuk 2 jam. Saya mengasumsikan kita bisa pindah moda transportasi umum (yang memang sesuai zona, karena pembelian tiket berdasarkan zona) selama 2 jam tanpa harus membayar lagi.  

Dengan ongkos yang cukup terjangkau, kereta, bus, dan tram yang saya naiki sangat nyaman. Jadi jangan ragu untuk naik kendaraan umum untuk menuju Surfers Paradise. Nyaman, mudah, dan murah. 

Booking.com

----------@yanilauwoie----------






Share:

0 komentar