Tip Hemat Jalan-jalan di Hobart, Tasmania, Australia

Constitution Doc

Ingin hemat saat jalan-jalan di Hobart, Tasmania, Australia? Coba deh, praktikkan beberapa tip hemat jalan-jalan di Hobart berikut ini. Saya sendiri mencoba hampir semua poin di bawah ini saat jalan-jalan ke Hobart pada bulan Agustus 2017.

1. Menginap di pusat kota Hobart. Ini adalah salah satu syarat utama untuk menghemat di Hobart, Tasmania. Pasalnya dengan menginap di pusat kota, kita bisa menghemat pengeluaran transportasi karena bisa jalan-jalan ke beberapa atraksi wisata yang tersebar di pusat kota. Waktu itu saya menginap di hostel yang terletak di Collins Street. Dari sini, saya bisa jalan kaki ke berbagai atraksi wisata gratis di pusat kota Hobart.

2. Kunjungi tempat-tempat wisata gratis. Ada banyak tempat wisata gratis di Hobart. Mulai dari Constitution Doc, Franklin Wharf, Brooke Street Pier, Victoria Doc, yang menawarkan pemandangan Sungai Derwent dan kapal-kapal pesiar, Royal Tasmanian Botanical Gardens, Tasmanian Museum & Art Gallery, hingga Battery Point yang bersejarah. Semuanya bisa dikunjungi gratis dan terjangkau dengan berjalan kaki dari pusat kota.


3. Bawa botol air. Penuhi botol air sebelum berangkat dari penginapan dan isi botol air di keran-keran air yang tersebut di pusat kota. Nggak perlu khawatir airnya akan bikin sakit perut karena belum dimasak, karena di Australia cukup aman untuk meminum air secara langsung dari keran air. Cara ini lumayan menghemat daripada beli air dalam kemasan botol yang harganya sekitar 3AUD.

4. Pesan tap water saat makan di restoran. Karena cukup aman minum langsung dari keran air, jadi nggak masalah bila kita meminum tap water yang sumber airnya dari keran. Nggak perlu malu juga karena restoran-restoran di Hobart dan kota-kota lain di Australia sudah sangat terbiasa menyediakan tap water, bahkan untuk di restoran mewah sekalipun. 




5. Manfaatkan free wi-fi. Di beberapa titik pusat kota Hobart tersedia koneksi wi-fi gratis. Wi-fi ini bisa digunakan selama 30 menit per hari, per lokasi, dan per gadget. Kalau dari pengamatan saya, titik-titik free wi-fi ini berada di jaringan telepon umum yang tersebar di kota Hobart. Saya tidak menggunakan fasilitas ini karena saya memiliki nomor Australia. Tapi saya sempat mencobanya untuk sekadar mengetes koneksinya. Koneksinya bisa dibilang lumayan cepat tapi sayangnya area yang dijangkaunya tidak terlalu jauh dari telepon umum tersebut. Jadi kalau memang mau internetan gratis, ya harus berdiri dekat kotak telepon umum, yang letaknya biasanya di pinggir jalan.   

6. Bawa kantong plastik/tas. Sebagai upaya mengurangi sampah plastik, supermarket Woolworths di Hobart tidak lagi menyediakan kantong plastik gratisan bagi para pembelinya. Jadi bagi para pembeli yang membutuhkan kantong plastik untuk barang belanjaannya, mereka harus membayar seharga sekian cent (saya lupa tepatnya, tapi nggak sampai 1AUD). Kabarnya, peraturan ini juga akan diterapkan di jaringan supermarket Woolworths dan Coles yang ada di negara-negara bagian Australia lainnya mulai tahun depan.  

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar