3 Tur Gratis di Melbourne, Australia




Untuk bisa menikmati tempat wisata di Melbourne, Australia tidak melulu harus merogoh kantong. Bahkan, kita bisa lho, mengikuti tur gratis yang akan memberikan pengalaman istimewa saat jalan-jalan di kota paling layak huni di dunia ini. Berikut adalah tiga tur gratis di Melbourne yang bisa dicoba.

1. Tur Gratis Parliament of Victoria



Melalui tur ini kita bisa mengetahui sedikit sejarah Australia, pemilihan nama Victoria sebagai salah satu negara bagian di Australia dan tentunya sejarah Parliament of Victoria itu sendiri. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk memahami bagaimana keputusan-keputusan penting di buat oleh para elite politik. Sambil mendengarkan penjelasan-penjelasan tersebut dari sang pemandu, pengunjung diajak berkeliling gedung parlemen, termasuk ke dalam ruangan Legislative Assembly dan Legislative Council. Favourit saya sih, ruangan Legislative Council. Terlihat cantik dan megah. 

Tur berdurasi sekitar 1 jam ini terbuka untuk umum. Kita hanya perlu datang sesuai waktu yang ditentukan. Tapi karena jumlah peserta tur di setiap sesinya terbatas, jadi sebaiknya datang sekitar 15-30 menit sebelum tur dimulai. Karena berlaku sistem siapa cepat, dia dapat. Namun bila ingin berkunjung dengan rombongan, disarankan untuk daftar terlebih dahulu. Untuk jadwal tur dan daftar rombongan bisa dilakukan di situs ini.

Cerita lebih lengkap tentang tur ini bisa dibaca di blog saya yang ini.

2. Tur Gratis Melbourne Town Hall



Sama seperti tur di Parliament of Victoria, tur ini juga berdurasi sekitar 1 jam dan dipandu oleh seorang pemandu yang akan menemani pengunjung keliling gedung yang sudah digunakan sejak tahun 1870 ini. Pemandu ini juga akan menceritakan sejarah tentang Melbourne Town Hall dan kota Melbourne. 

Salah satu hal yang paling saya sukai dari tur ini adalah saya bisa melihat piano yang dimainkan oleh Paul McCartney ketika The Beatles tur ke Melbourne pada tahun 1964 dan berdiri di balkon tempat The Beatles membuat kehebohan ketika menyapa para penggemarnya. 

Berbeda dengan tur Parliament of Victoria yang bisa langsung datang, untuk bisa ikutan tur ini, kita harus daftar terlebih dahulu melalui situs ini.    

Cerita lebih lengkap tentang tur ini bisa dibaca di blog saya yang ini.

3. Free Walking Tour
Tur ini menawarkan turis keliling kota Melbourne dengan berjalan kaki. Dengan durasi sekitar 2 jam turis akan dibawa ke tempat-tempat menarik yang ada di Melbourne. Plus, akan mendapatkan penjelasan tentang lokasi-lokasi yang didatangi. 

Tur ini tidak memungut bayaran namun mengandalkan tip. Jadi bila terkesan dengan sang pemandu, turis bisa memberinya tip namun hal ini sifatnya tanpa paksaan. Tertarik untuk ikutan free walking tour? Silakan browsing saja, ada beberapa jasa free walking tour di Melbourne yang bisa dipilih.

Jadi, mau pilih yang mana? Ketiganya juga boleh kok, dicoba :)

Tulisan saya ini pertama kali diterbitkan di situs Womantalk.

Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Share:

0 komentar