MONA, Museum Wajib Kunjung di Hobart, Tasmania, Australia



Awalnya saya malas untuk berkunjung ke Museum of Old and New Art (MONA) soalnya tiket masuknya lumayan mahal bagi kantong budget traveler seperti saya, yaitu 28 AUD. Tapi karena dua orang teman saya yang sudah pernah ke Hobart merekomendasikan untuk datang ke sini, jadi saya putuskan untuk pergi. Keputusan yang tidak salah karena MONA ini menghadirkan koleksi seni yang gila kerennya.

400 Karya Seni
Sesuai namanya, museum yang pertama kali dibuka pada 21 January 2011 ini menghadirkan banyak karya seni. Kabarnya, tidak kurang dari 400 karya seni dipamerkan di museum swasta terbesar di Australia ini. Semua tersebar di dalam maupun luar bangunan 3 lantai. Saya menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk menjelajah ke-3 lantai tersebut. Waktu yang cukup lama bagi saya yang bukan penggemar fanatik museum dan tidak terlalu paham karya seni.

Dari sekitar 400 karya seni yang ada di sini, berikut adalah beberapa karya seni yang menurut saya cukup out of the box. 

1. bit.fall (Julius Popp). Karya seni ini berupa kata-kata dalam bentuk air yang jatuh. Tampil dengan latar belakang tebing berwarna krem, saya terus terpaku mengamati kata-kata yang terus keluar dan kemudian menghilang menjadi butiran air. Ini adalah karya seni favorit saya di MONA. 

2.  Fat Car (Erwin Wurm). Sesuai namanya mobil ini terlihat gendut dengan body yang melar. Warnanya yang merah merona dengan tubuh yang terlihat seperti buble, mobil ini sepintas terlihat seperti chewy. Tapi tentunya mobil ini tidak chewy karena terbuat dari fibreglass. 



3. 1 Naked Hermaphrodite (Peter Hand). Patung manusia yang memiliki payudara dan penis. Kalau ini tidak cukup out of the box, saya tidak tahu lagi yang seperti apa yang memenuhi kriteria tersebut.  

4. Snake (Sydney Nolan). Susunan karya seni yang didesain menyerupai ular super besar. Nggak kebayang usaha dan upaya yang dikerahkan sang seniman untuk membuat satu persatu karya seni untuk kemudian disusun menjadi karya seni yang berbeda. Luar biasa!

Selain ke-4 karya tersebut, tentu masih ada ratusan karya lainnya, mulai dari lukisan, patung, dan yang lainnya yang semuanya menunjukkan pola pikir yang tidak biasa dari para senimannya. 

Cara Menuju MONA
Lalu bagaimana caranya menuju tempat ini? Untuk sampai ke MONA, ada banyak alternatif. Mulai dari naik kapal, sepeda, sampai naik bus. Saya memilih naik bus karena ini adalah yang termurah. Berikut adalah rute dari pusat kota Hobart ke MONA dengan menggunakan bus
  • Naik bus Metro x20 di depan GPO (General Post Office), Elizabeth Street. 
  • Turun di stop 33, MONA. 
  • Dari stop 33, jalan kaki ke MONA sekitar 7 menit. 
  • Pulangnya ke arah kebalikan. Naik bus x20 dari stop yang berada di sebrang stop yang tadi turun.
Harga tiket busnya adalah 4.60 AUD untuk sekali jalan. Ini harga yang berlaku untuk zone 2 (MONA berada di zone 2). Pulangnya saya hanya bayar 3.30 AUD. Bukan sengaja bayar harga segitu, tapi sopir yang memberikan tarif sekian, padahal saya sudah menyebutkan dengan jelas di mana saya akan turun dan sudah menjawab 'bukan' setelah dia bertanya apakah saya pelajar atau bukan. Ya anggap saja hari keberuntungan saya :)

Saya tidak tahu bagaimana perjalanan ke MONA bila menggunakan kapal laut namun saya merekomendasikan menggunakan bus karena selain murah, dalam perjalanan ke sana, mata saya dimanjakan oleh pemandangan gunung Wellington. Cantik! Membuat perjalanan selama 25 menit jadi tidak berasa. 

Museum Wajib Kunjung
Setelah menjelajahi MONA, saya dengan mantap berkata bahwa ini adalah museum wajib kunjung di Hobart. Selain koleksinya yang luar biasa, MONA juga sangat tertata rapi sehingga membuat nyaman pengunjungnya. Lalu tidak perlu khawatir bila tidak paham seni seperti saya, karena selama di MONA, kita akan diberikan gadget yang berisi keterangan dari karya seni-karya seni yang dipamerkan. Cara mengoperasikannya pun mudah, gadget tersebut akan otomatis menampilkan karya seni-karya seni yang berada di dekat kita. Kita hanya perlu membaca atau mendengarkan penjelasannya. Canggih!



Kelebihan lainnya adalah MONA dikelilingi pemandangan alam yang cantik! Saran saya coba masuk ke dalam kafe yang ada di sini, dari dalam sini, pengunjung disuguhkan pemandangan  laut yang cantik!

Pernah ke MONA? Kalau iya, share di kolom komentar dong, apakah terkesan juga dengan MONA seperti saya?

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Share:

0 komentar