9 Info Tentang Kartu Ez-Link, Alat Bayar Transportasi di Singapura

Kartu Ez-Link bisa digunakan untuk melakukan pembayaran ongkos SBS Transit Bus

Bila ingin jalan-jalan di Singapura dengan alat transportasi publik, seperti bus dan MRT, saya sarankan untuk menggunakan Ez-Link card. Bila perhitungannya tepat, membayar dengan menggunakan kartu Ez-Link lebih murah dibandingkan membeli tiket satuan. Selain itu, berikut info lainnya tentang kartu Ez-Link.

1. Saat jalan-jalan ke Singapura pada Januari 2018, saya menggunakan kartu Ez-Link untuk membayar tiket bus dan MRT tapi menurut situs resmi Ez-Link, kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar taksi, pelayanan publik, belanja, makan di restoran, dan banyak lagi lainnya.  

2. Kartu Ez-Link bisa dibeli di antaranya di TransitLink Ticket Offices yang tersebar di stasiun MRT dan terminal bus, Passenger Service Centres di stasiun MRT, dan toko 7-Eleven.   

3. Harga kartu Ez-Link adalah 10SSGD bila membeli di 7-Eleven dan 12SGD bila membeli di stasiun MRT dan terminal bus. Kesannya membeli di 7-Eleven lebih murah tapi itu karena saldo yang diberikan hanya 5SGD. Sedangkan saldo yang diberikan bila membeli di stasiun MRT dan terminal bus adalah 7SGD. Jadi harga kartunya sendiri adalah 5SGD. 

4. Kartu Ez-Link ini mengenakan biaya administrasi 1SGD per bulannya. Bila saldo di kartu masih banyak, sebaiknya melakukan proses refund sebelum keluar Singapura, daripada uang akan habis terkuras. Menurut situs resmi Ez-Link, proses refund bisa dilakukan melalui customer service hotline di nomor 6496 8300. Saya belum pernah melakukan proses refund, jadi saya tidak tahu apakah yang dikembalikan hanya sisa saldo atau termasuk uang kartunya juga yang sebesar 5SGD. 

5. Membayar ongkos MRT dan bus dengan Ez-Link lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket satuan. Berapa persen lebih murah? Berbeda-beda, tergantung jauh dekatnya perjalanan. Namun ada yang sampai 45% lebih murah, lho! 

6. Paling tidak, harus memiliki saldo 3SGD untuk bisa menggunakan kartu Ez-Link untuk pembayaran tiket bus dan kereta. Waktu itu bapak saya tidak bisa melewati mesin pembaca kartu di stasiun MRT karena sisa saldonya hanya sekitar 2SGD padahal perjalanan yang akan kami tempuh harganya bahkan tidak mencapai 2SGD. Namun saat saldo tidak mencapai 3SGD, mesin akan otomatis membacanya dan kita tidak bisa masuk. Menurut situs resmi Ez-Link, standar 3SGD ini untuk meng-cover perjalanan terjauh dengan harga tiket termahal.

7. Untuk melakukan pembayaran dengan kartu Ez-Link kita harus tapping dua kali pada mesin pembaca kartu, yaitu pada saat masuk dan keluar.      




8. Isi ulang kartu Ez-Link bisa dilakukan di antaranya di General Ticketing Machine (GTM), Passenger Service Centres serta TransitLink Ticket Offices yang ada di stasiun MRT dan terminal, kantor pos, dan serta 7-Eleven. Saya waktu itu mencoba isi ulang di GTM tapi karena menurut petugas yang ada di sana, GTM tidak menyediakan kembalian, akhirnya saya putuskan untuk mengisi ulang di TransitLink Ticket Offices. 

9. Kartu Ez-Link memiliki masa berlaku hingga lima tahun. Jadi kalau memang akan sering bolak-balik Singapura dalam kurun waktu lima tahun, kartu ini bisa dijadikan pilihan untuk pembayaran. Tapi harus diingat, ada biaya administrasi 1SGD setiap bulannya.  

Untuk info lebih lengkap tentang kartu Ez-Link bisa dilihat di tautan berikut ini.

Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h




Share:

0 komentar