10 Alasan Singapura Nyaman untuk Traveler

Cloud Forest di Gardens by the Bay

Singapura menduduki posisi tiga besar di Asia Tenggara dalam mengantongi jumlah wisatawan mancanegara. Untuk negara yang sangat kecil, posisi tersebut tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya pun berusaha mereka-reka apa daya tarik dari negara yang luasnya hanya sedikit lebih besar dari kota Jakarta ini. Dan berdasarakan pengalaman saya, inilah sepuluh alasan tersebut!

1. Kemana-mana Dekat
Karena Singapura adalah negara yang kecil, jadi pergi kemana-mana terasa dekat. Ditambah lagi tingkat kemacetannya yang tidak parah (saya bilang tidak parah karena saya masih melihat kemacetan di area Orchard Road tapi tidak di area-area lainnya), jadi membuat waktu tempuh tidak terlalu lama ketika bepergian.

2. Sarana Transportasi Nyaman
Saat jalan-jalan ke Singapura, saya mencoba dua moda transportasinya, yaitu MRT dan bus. Keduanya sangat nyaman untuk dikendarai karena bus-bus dan MRT-MRT-nya dalam kondisi bagus dan bersih. Rentang waktu antara bus dan MRT yang satu dengan yang lain dengan tujuan yang sama juga tidak terlalu lama sehingga membuat saya bisa nyaman bepergian tanpa merasa dikejar waktu karena takut ketinggalan bus atau MRT.  

3. Mudah Memperhitungkan Waktu
Baik MRT maupun bus yang saya naiki memiliki waktu keberangkatan yang bisa dibilang nyaris pasti. Waktu keberangkatan ini bisa dilihat di stasiun MRT dan halte bus yang bersangkutan. Saya juga bisa melihat jadwal keberangkatan terdekat ketika saya mencari rute di google maps. Bagi saya hal ini sangat memudahkan saya untuk memperhitungkan waktu ketika akan bepergian.

4. Pilihan Akomodasi Beragam
Mau menginap di hostel dengan kamar dormitory hingga di hotel mewah seperti Marina Bay Sands bisa dilakukan di Singapura. Lokasi hotelnya juga menyebar di seluruh Singapura. Tinggal memilih yang sesuai keuangan dan lokasi saja. Terakhir saya ke Singapura, saya menginap di Summer View Hotel. Review-nya bisa dibaca di sini

5. Pilihan Makanan Banyak
Mau makanan Asia maupun western bisa ditemui di banyak restoran di Singapura. Asyiknya lagi, tersedia juga banyak pilihan makanan halal. Untuk restoran halal di Singapura bisa dibaca di blog saya yang ini

6. Bisa Minum Air Keran
Saya sebelumnya tidak tahu bahwa cukup aman untuk minum air langsung dari keran seperti halnya di Australia tapi begitu mendengar info ini dari petugas Summer View Hotel, tanpa sungkan saya langsung mencobanya dan Alhamdulillah saya tidak mengalami masalah apa-apa. 

7. Banyak Atraksi Wisata Gratis



Saya harus akui Singapura tidak memiliki destinasi wisata alam yang natural, semuanya artificial. Namun justru itu yang membuat saya mengagumi usaha negara kecil ini untuk membuat negaranya tetap dilirik di antara negara-negara tetangga yang memberikan penawaran destinasi wisata alam yang keindahannya tiada bandingnya. Usaha yang dilakukan Singapura ini bukan hanya untuk atraksi wisata berbayar saja, terbukti banyaknya atraksi wisata gratis di Singapura yang juga menawarkan pesona, seperti Gardens by the Bay: Supertree Grove Garden Rhapsody Music & Light Show dan Spectra Light & Water Show Marina Bay Sands. Untuk atraksi wisata gratis di Singapura lainnya bisa dilihat di sini

8. Tingkat Kejahatan Rendah
Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kejahatan rendah. Saya memang belum pernah tinggal lama di Singapura untuk membuktikan ini secara langsung namun dari pengalaman saya beberapa kali ke Singapura, saya tidak pernah mengalami hal yang mengancam keamanan saya. 

9. Mudah Berkomunikasi dengan Orang Lokal
Singapura memiliki empat bahasa resmi, yaitu bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Dari empat pilihan tersebut, saya bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia karena kemiripannya dengan bahasa Melayu, meskipun tidak bisa dibilang sama persis. Alhasil, ini mempermudah saya berkomunikasi dengan orang-orang lokal ketika di jalan-jalan di Singapura.

10. Serba Teratur
Jujur saja, saat mengunjungi Singapura beberapa tahun lampau, saya merasa keteraturan negara ini membuat negara ini terkesan kaku dan membosankan. Tapi ketika saya bepergian dengan orangtua saya pada awal tahun, justru keteraturan ini mempermudah perjalanan saya dengan orangtua sehingga mereka pun merasa nyaman. 

Punya pendapat yang berbeda? Share di kolom komentar, ya... :)


Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h




Share:

0 komentar