5 Tempat Wisata Gratis di Kopenhagen, Denmark


Kelima tempat wisata gratis di Kopenhagen, Denmark ini sempat saya kunjungi saat saya jalan-jalan ke negara Skandinavia tersebut pada bulan Oktober 2018.

1. Istana Amalienborg 
Teman saya, Asri berfoto dengan salah satu pengawal Istana Amalienborg

Istana yang mulai dibangun pada tahun 1750 ini awalnya merupakan tempat tinggal para keluarga bangsawan. Namun saat Christiansborg Palace terbakar pada 26 Februari 1794, keluarga Kerajaan Denmark membeli tempat ini dan menjadikan sebagai kediaman mereka.   

Istana ini terdiri dari empat bangunan utama yaitu Istana Christian VII atau Moltke's Palace, Istana Frederik VIII atau Brockdorff’s Palace, Istana Christian IX atau Schack’s Palace, dan Istana Christian VIII atau Levetzau' Palace. 

Untuk sebuah istana, tempat ini bisa dibilang sangat nyantai. Siapapun, termasuk turis, bisa dengan bebas masuk ke area Istana (bukan ke dalam empat bangunan utamanya, ya). Saya bisa dengan bebasnya mengikuti kegiatan pergantian pengawal istana kerajaan dari jarak yang sangat dekat. Berbeda dengan pergantian pengawal istana kerajaan di istana Buckingham, Inggris yang memiliki banyak barikade pengaman, pergantian pengawal di istana Amalienborg terkesan cukup sederhana dan tanpa penjagaan.  

2. Little Mermaid

Ini nih, salah satu atraksi wisata wajib kunjung di Kopenhagen. Patung Little Mermaid terinspirasi dari kisah berjudul sama yang ditulis oleh seorang penulis Denmark, Hans Christian Andersen. 

Pematungnya adalah seniman Denmark bernama Edvard Eriksen yang mulai membuat patung tersebut pada tahun 1909 atas perintah Carl Jacobsen – seorang brewer, kolektor seni dan dermawan Denmark. Patung setinggi 1,25 meter dan berat 175 kilogram ini terletak di dermaga Langelinje. 

Sayangnya, patung ini sering jadi korban vandalisme. Mulai dari kehilangan anggota tubuh hingga berganti warna. Letaknya yang dipinggir air tanpa penjagaan sama sekali membuat siapun bisa berbuat iseng kepada Little Mermaid. Untung saja saat saya ke sana sang patung dalam kondisi utuh. 

3. Ny Carlsberg Glyptotek

Apa yang bisa dilihat di museum yang menyimpan lebih dari 10.000 karya seni yang merupakan koleksi pribadi Carl Jacobsen ini? Koleksi utama dari museum ini adalah patung-patung antik yang di antaranya terbagi ke dalam koleksi Mesir, Yunani, dan Romawi.

Namun selain itu, museum yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 1897 ini juga menyimpan berbagai koleksi lukisan dari abad ke-19 dari para pelukis Prancis dan Denmark, di antaranya Monet, Pissarro, dan Renoir.

Saran saya, datanglah ke sini pada hari Selasa karena pengunjung bisa masuk gratis. Bila datang di hari lain maka harus membayar tiket masuk dengan harga yang variatif antara 85 s/d 115 DKK (sekitar Rp183.000,- s/d Rp248.000,-).

4. Nyhavn

Coba deh, googling Kopenhagen atau Denmark. Pasti Nyhavn akan keluar sebagai salah satu tempat yang direkomendasikan oleh Google. Apalagi dengan tampilan bangunan warna-warninya bikin tempat ini sangat menarik perhatian untuk ditelusuri lebih jauh. 

Lalu apakah aslinya tempat ini secantik foto-foto yang menyebar di berbagai situs? Bagi saya sih, ya. Gabungan antara bagunan beraneka warna, perairan yang menjadi tempat wara-wiri kapal serta langit yang biru (kalau lagi cerah), bikin tempat ini memang seindah foto-foto yang sempat saya lihat sebelumnya. 

Selain lokasinya yang fotogenik, saya senang berjalan-jalan di sekitar lokasi ini. Apalagi di sini banyak kafe yang menjual aneka makanan, jadi kalau lapar atau sekadar ingin duduk-duduk bisa langsung masuk saja ke salah satu kafenya. 

Ingin mencoba salah satu kapal dan jalan-jalan keliling Kopenhagen dari atas air? Bisa juga. Tapi untuk yang ini siap-siap mengeluarkan uang mulai dari 50DKK untuk tur sekitar satu jam. 

5. City Hall Square
Saya dengan background City Hall

Ada beberapa spot foto di sini. Selain gedung City Hall-nya sendiri yang bagus untuk jadi latar foto, ada juga Dragon Fountain. Tidak jauh dari sini juga ada Statue of Andersen atau patung Hans Christian Andersen. 

Saya berkunjung ke tempat ini karena ingin mengikuti free walking tour yang diselenggarakan oleh SANDEMANs yang menjadikan tempat ini sebagai meeting point-nya. Karena letaknya yang di pusat kota, tempat ini memang sering dijadikan titik pertemuan atau tempat menyelenggarakan kegiatan.  

Punya rekomendasi tempat wisata gratis di Kopenhagen lainnya? Share di kolom komentar, ya. 


Booking.com
----------@yanilauwoie----------


Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Share:

0 komentar