Belajar Masak di Australia: Resep Spicy Tuna Spaghetti

Spicy Tuna Spaghetti

Dulu Trav pernah bilang sama saya yang kurang lebih begini, "Kalau memang suka banget sama suatu makanan, kenapa nggak coba bikin sendiri?" 

Saya tidak terlalu menganggap perkataannya karena menurut saya lebih praktis dan murah bila makan di luar daripada masak untuk seorang diri. 

Ketika itu saya masih tinggal di Jakarta di mana dengan uang Rp20.000 sudah bisa makan nasi, ayam, dan lalapan. 

Nah, sekarang saya nggak bisa lagi tuh, berpendapat sama karena makan di luar di Melbourne, terutama makanan Asia harganya tidak semurah di Jakarta. Jadi, saya harus membiasakan diri untuk masak. 

PR banget sih, untuk saya yang bisa dibilang hampir tidak pernah menyentuh dapur. Karena itu, saya putuskan untuk mencatat percobaan-percobaan masak saya di blog ini. Biar sekalian ada contekan kalau di kemudian hari lupa resepnya. 

Resep pertama yang saya catat adalah resep Spicy Tuna Spaghetti yang saya praktikkan tadi siang. Setelah browsing sana-sini, ini resep improvisasi saya:

Bahan Membuat Spicy Tuna Spaghetti:
  • 125 gram Spaghetti. Saya pakai merk Woolworths
  • Tuna chilli kaleng. Saya pakai merk Woolworths
  • 2 cabai merah (chilli) ukuran agak besar dipotong kecil-kecil.
  • 2 siung bawang putih (garlic) dicincang.
  • 1/2 buah tomat merah (tomato) dipotong kotak-kotak kecil. Buang bagian dalamnya.
  • Garam (salt) secukupnya. Saya pakai jenis iodised merk Stonemill
  • Lada hitam (black pepper grinder) secukupnya. Saya pakai merk Stonemill
  • Keju tabur parmesan (parmesan cheese) secukupnya. Saya pakai merk Woolworths
  • Margarin 2 sendok makan. Saya pakai Sunflower Spread merk Sunny Vale


Harga Bahan Membuat Spicy Tuna Spaghetti:
  • 500 gram Spaghetti Woolworths: 65 cent (untuk 4 porsi)
  • Tuna chilli kaleng Woolworths: 80 cent (untuk 1 porsi)
  • Cabai merah (untuk 2 porsi), tomat (untuk 2 porsi), bawang putih (untuk 4 porsi): 2.44 AUD
  • 750 gram Garam Stonemill: 1.34 AUD (bisa dipakai lagi)
  • Lada hitam Stonemill: 2.69 AUD (bisa dipakai lagi)
  • Keju tabur parmesan (parmesan cheese) Woolworths: 1.60 AUD (bisa dipakai lagi)
  • 500 gram Margarin Sunflower Spread Sunny Vale: 1.49 AUD (bisa dipakai lagi)

Cara Membuat Spicy Tuna Spaghetti:
A. Spaghetti
  1. Masukkan air, garam, dan lada hitam secukupnya ke dalam panci. Kemudian didihkan.
  2. Masukkan spaghetti ke dalam rebusan air mendidih. Untuk membuat spaghetti bisa masuk seutuhnya ke dalam panci, jangan dipatahkan. Biarkan 1 menit sampai sisi yang di dalam panci agak lunak, kemudian dorong sisanya yang belum terkena air agar masuk ke dalam panci seluruhnya.
  3. Masak dengan tingkat kematangan sesuai selera. Di kemasan spaghetti disebutkan kira-kira 12 menit. Sementara saya memasaknya sekitar 25 menit. Saya sempat menggigit spaghetti beberapa kali sampai akhirnya mendapatkan tingkat kematangan yang saya mau.
  4. Tiriskan spaghetti.

B. Spicy Tuna
  1. Masukkan 2 sendok makan margarin.
  2. Masukkan bawang putih, aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan cabai merah, aduk-aduk lagi, lalu masukkan tuna chilli. Tambahkan garam dan lada hitam sekucupnya, lalu aduk rata.
  3. Setelah semuanya terlihat campur baur, masukkan spaghetti, aduk rata. Kemudian tambahkan lagi garam dan lada hitam, aduk rata.
  4. Masukkan potongan-potongan tomat, aduk sebentar, lalu angkat. Jangan memasak tomat terlalu lama karena nanti terlihat kuyu.
  5. Letakkan Spicy Tuna Spaghetti pada piring dan taburi keju parmesan secukupnya sesuai selera.

Bagaimana rasanya? Tanpa bermaksud menyombong, hahahaha, rasanya cukup bersaing dengan Spicy Tuna Spaghetti yang biasa saya makan di restoran-restoran di Jakarta.

Gurihnya tuna berasa, pedasnya juga lumayan (meski saya berharap bisa lebih pedas), asin dan gurih dari keju parmesan juga cukup pas mengimbangi segar asam dari tomat.

Kalaupun ada yang ingin saya sempurnakan adalah membuat spaghettinya agak berminyak, tidak terlalu kering.

Namun secara keseluruhan saya cukup puas dan bangga dengan percobaan pertama saya dalam membuat spaghetti :)

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:


Share:

0 komentar