Masuk Bandara Internasional Melbourne Passport Tidak Lagi Dicap

Foto Ilustrasi: Pixabay

Belum lama ini saya melihat postingan seseorang di facebook mengenai passport-nya yang tidak dicap di imigrasi kedatangan di negara Australia (saya lupa apa kotanya). Membaca postingan tersebut, saya langsung iseng memeriksa passport saya.

Saya sudah keluar masuk Australia sejak tahun 2014. Tiap kali keluar Australia, passport saya tidak pernah dicap, meskipun saya tidak melewati autogate imigrasi karena saya baru mulai melewati autogate imigrasi kepulangan pada tahun 2016. Namun passport saya selalu dicap saat saya masuk Australia. Baik itu masuk lewat Melbourne, Sydney maupun Perth.

Tapi ceritanya berbeda saat saya mendarat di Bandara Internasional Melbourne pada 8 April 2017. Seperti sebelum-sebelumnya ketika saya masuk ke Melbourne, saya melewati petugas imigrasi yang memeriksa passport saya. Selesai melewati imigrasi, saya langsung memasukkan passport saya dan tidak memeriksanya sampai saya melihat postingan tersebut di facebook. Ternyata, passport saya juga tidak lagi mendapatkan cap kedatangan.

Baca Juga: Plus Minus Fasilitas Autogate Imigrasi di Bandara

Saya penasaran dan menanyakan ke teman saya, Uliel yang sering keluar masuk Perth. Dia pun baru sadar bahwa Februari lalu ketika dia masuk Perth, dia tidak mendapatkan cap di passport-nya. Cap kedatangan terakhir yang dia dapatkan di passport-nya adalah pada tanggal 30 Desember 2016. 

Kemudian, saya juga sempat browsing-browsing, ada juga beberapa orang yang mengalami hal sama. Saya tidak tahu kapan tepatnya kebijakan ini mulai berlaku tapi saya asumsikan, saat ini Australia tidak lagi memberikan cap kedatangan di passport.  Dengan kata lain, sekarang keluar masuk Australia tidak akan mendapatkan lagi cap di passport.

Saya sih, tidak menganggap ini sebagai masalah karena saya percaya semuanya sudah terekam secara elektronik dan terintegrasi oleh sistem.  Sama halnya seperti visa Australia yang dibuat dalam bentuk elektronik. Tidak lagi ditempel di passport seperti dulu. 

Jujur saja saya merasa kehilangan karena seperti ada kesenangan tersendiri ketika melihat passport penuh dengan cap berbagai negara. Kalau sampai semua negara memberlakukan sistem elektronik (baik untuk visa maupun bukti kedatangan atau keluar dari suatu negara) sudah dipastikan kita nggak butuh lagi passport berhalaman-halaman.

Selain Australia, mungkin ada yang pernah mengalami passport-nya tidak dicap saat datang atau keluar dari suatu negara? Boleh dong, di-share :)

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

2 komentar

  1. Betul, Agustus tahun lalu 2016, paspor saya masih di cap, tapi balik Australi maret 2017 kemarin sdh tidak ada cap2an lagi. Saya sempat bertanya2 juga 😃😃

    ReplyDelete