Hopetoun Tea Rooms, Tempat Minum Teh dan Makan Kue Enak yang Cantik di Melbourne, Australia


Sebenarnya sudah lama saya penasaran ingin mencoba jajan di Hopetoun Tea Rooms di Block Arcade, Melbourne, Australia. Awalnya sih, karena tergoda dengan deretan kue cantik yang didisplay di jendela mereka. Makin tergoda karena tiap kali melewati tea house ini, selalu saja ada orang-orang yang mengantri untuk bisa masuk ke sini. Patokan tempat makan enak, biasanya dilihat dari penuhnya tempat tersebut, kan? Wah, jadi makin penasaran.

Akhirnya rasa penasaran itu terpenuhi ketika saya mengunjungi Hopetoun Tea Rooms pada Rabu, 26 April 2017. Saya datang ke sana bersama teman saya dari Jakarta, Nopenk yang sedang liburan di sini. Kami pun masuk dalam antrian untuk mendapatkan tempat duduk. Untungnya pas kami datang, antriannya tidak begitu panjang, hanya ada satu pasangan di depan kami. 

Di garis antrian terdapat buku menu. Saya pun membukanya untuk mendapat gambaran apa saja yang mereka jual sekalian memilih makanan apa yang mau saya pesan. Mereka memiliki menu sarapan, makan siang, dan aneka minuman dengan teh mendominasi. Eh, tapi kok nggak ada kue ya, dalam buku menu ini? Padahal justru saya ke sana karena penasaran ingin mencicipi kue-kue cantiknya. 

"Untuk kue, tidak ada di menu. Bisa langsung melihat kue yang ada di jendela dan memesannya," pelayan Hopetoun Tea Rooms menjawab pertanyaan saya ketika kami sudah mendapatkan tempat duduk. Karena saya pencinta cheesecake, saya pun langsung bertanya kepadanya apakah mereka memiliki cheesecake. "Kami ada dua pilihan cheesecake, White Chocolate Cheesecake dan Baked Berry Cheesecake." Saya putusakan untuk mencoba Baked Berry Cheesecake yang dijual dengan harga 9.50 AUD.

Ketika cheesecake ini datang, saya terkesan dengan tampilan cantiknya. Sepotong cheesecake dengan potongan stroberi, kiwi, dan blueberi di atasnya. Kemudian di sisinya terdapat krim keju dengan potongan stroberi, kiwi, dan jeruk. Sedangkan di sisi lainnya terdapat olesan saus stroberi. Sebagai pelengkap, sajian tersebut ditaburi gula halus. Cantik!

Sebagai penggemar cheesecake, untuk rasanya saya bisa bilang cheesecake ini lolos lidah saya. Dominan rasa gurih dari keju diimbangi oleh asam manis stroberi dan kiwi. Kelembutan kuenya juga pas. Yang sedikit berbeda dari cheesecake-cheesecake yang pernah saya makan adalah base atau dasar dari kuenya. Kalau kebanyakan base cheesecake agak sedikit keras dan garing, base cheesecake ini justru lembut. Jadi gampang terpotong dengan sendok dari atas sampai dasar. Saya sih, suka. Secara keseluruhan cheesecake ini adalah salah satu cheesecake terlezat yang pernah saya makan. 


Saya juga sempat mencoba kue yang dipesan Nopenk yaitu Peach, Blood Orange & Vanilla Cake. Harganya sama dengan cheesecake yang saya pesan. Saya tidak bisa bicara banyak mengenai cake ini karena hanya mencobanya sedikit. Tapi dari cicipan tersebut saya bisa bilang kue ini juga enak. Flavor yang paling terasa di lidah saya adalah rasa segar. Ini pasti karena gabungan peach dan orange-nya. 

Selain dua kue tersebut, mereka memiliki banyak jenis lainnya. Dari penjelasan seorang pelayan kepada salah satu tamu, saya dapat info bahwa jenis kue-kue yang dibuat setiap harinya berbeda-beda. Jadi kue yang ada di hari ini belum tentu ada di keesokan harinya. Saya cukup beruntung hari itu bisa menemukan cheesecake.

Untuk minuman, saya pesan Mango Tango, teh dengan cita rasa mango, rhunarb & green tea seharga 6.50 AUD. Aroma dari mangonya sih cukup kuat jadi tercium manis dan segar. Tapi untuk rasanya ya menurut saya seperti teh pada umumnya bila belum dikasih gula. Agak pahit. Tapi saya kan bukan ahli teh, ya. Jadi kurang bisa membedakan rasa teh. Hanya bisa membedakan sebatas aromanya saja. Saya sengaja memesan teh karena itu memang spesialisasi mereka. Tapi kalau ditanya apakah saya akan memesan teh lagi saat berkunjung ke sini? Jawabannya adalah tidak :)

Overall, saya suka dengan tea house ini. Meskipun tempatnya kecil namun kue-kuenya enak. Jadi kapan-kapan saya pasti akan datang lagi ke tempat ini.

Hopetoun Tea Rooms
Alamat: 282 Collins Street (Block Arcade), Melbourne, Victoria 3000
Telepon: 0396502777 
Waktu buka: 08.00 - 17.00 (Senin - Sabtu), 09.00 - 17.00 (Minggu)

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar