7 Alasan untuk Menginap di CMM Crystate Kyoto (Aparthotel yang Dekat Stasiun Kyoto, Jepang)


Saat jalan-jalan di Jepang pada April 2019, saya sempat menginap di empat hotel yang berbeda, dua hotel di Osaka, satu hotel di Tokyo, dan satu hotel di Kyoto. Dari empat hotel tersebut favorit saya adalah yang di Kyoto yang merupakan aparthotel. Berikut tujuh alasannya.   

1. Kamar luas
Saya memesan kamar economy double room. Jangan terkecoh dengan kata "economy" karena kenyataannya dengan ukuran 22 meter kamar tidurnya terasa luas dibandingkan dengan kamar-kamar hotel yang saya inapi sebelumnya di Osaka dan Tokyo. Selain kamar tidur, tersedia ruangan lain, yaitu dapur, kamar mandi, dan toilet (yap, kamar mandi dan toiletnya terpisah).   

2. Lokasi strategis
Lokasi tempat ini juara banget, deh. Tinggal jalan kaki, nggak sampai 5 menit dari stasiun Kyoto. Karena dekat dengan stasiun, bikin mudah kemana-mana, termasuk ke Fushimi Inari Taisha (yang nggak sampai 10 menit dari stasiun Kyoto) atau ke atraksi Sagano Scenic Railway (yang hanya sekitar 15 menit dari stasiun Kyoto). Selain itu, memudahkan juga untuk saya yang mau lanjut ke Osaka karena naik shinakansen juga dari stasiun yang sama. 

3. Perlengkapan komplet
Karena ini merupakan aparthotel maka perlengkapan yang disediakan sangat komplet. Mulai dari televisi, sofa, lemari, kompor, mesin cuci, kulkas, microwave, ketel, dan alat makan. Intinya, kalau menginap di sini dalam jangka waktu lama akan nyaman sekali karena berasa seperti di rumah yang perlengkapannya komplet.  



4. Dapat pinjaman ponsel
Di dalam kamar terdapat ponsel merek Handy yang bisa dipakai secara gratis, baik untuk mengakses internet maupun telepon lokal dan internasional. Keren nggak, tuh? Tapi karena ponsel saya sudah terisi paket internet dan telepon, jadi saya tidak menggunakan ponsel Handy ini. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya menemukan penginapan yang menyediakan jasa peminjaman ponsel Handy, sebelumnya pernah mendapatkan fasilitas yang sama saat menginap di Summer View Hotel, Singapura. Namun bedanya, saat di Singapura, resepsionis yang memberikan ke saya dan meminta saya menandatangani pernyataan peminjaman ponsel, kemudian saya harus mengembalikan lagi ke resepsionis. Sedangkan di CMM Crystate Kyoto, ponsel tersebut sudah tersedia di dalam kamar. Wah, segitu percayanya ya, mereka dengan tamu. 

5. Sirkulasi udara yang baik 
Aparthotel ini memiliki balkon dan jendela yang besar, jadi bisa mendapatkan penerangan alami sekaligus sirkulasi udara yang baik. 

6. Free wi-fi
Saya sempat mencoba free wi-fi yang tersedia di dalam kamar dan koneksinya cukup baik. 

7. Pelayanan yang luar biasa
Sebenarnya jarak hotel dan Kyoto station dekat sekali. Namun kondisi kaki Biru yang sedang sakit membuatnya tidak memungkinkan berjalan. Maka kami meminta bantuan resepsionis untuk mencarikan taksi.  

Sang petugas wanita ini dengan gesitnya keluar ke jalanan dan mencarikan taksi. Kemudian setelah mendapat taksi, dia pun berusaha membantu membawa koper besar kami walaupun Biru melarangnya. 

Selanjutnya dengan sigapnya dia menjelaskan kepada sang sopir taksi dalam bahasa ibunya. Meskipun saya tidak mengerti namun saya menduga dia meminta sang sopir untuk menurunkan kami di sisi stasiun yang paling dekat dengan shinkansen agar Biru tak perlu berjalan terlalu jauh. Saya menduga demikian karena ketika menjelaskan dia menunjuk kaki Biru dan kami diturunkan tepat di depan pintu masuk arah platform shinkansen ke Osaka. 

Setelah memberikan intruksi kepada sang sopir taksi, dia menghadap ke arah kami, mengucapkan terima kasih sambil membungkukkan badannya. Lalu dengan lincahnya dia berlari kecil menyebrang jalan, kembali ke arah hotelnya. Pelayanan yang sangat luar biasa!

Kalau ditanya apa kekurangan tempat ini? Jujur saya tidak bisa menjawabnya. Kalau suatu waktu saya ke Kyoto lagi, saya pasti akan memilih aparthotel ini lagi. 

Ada yang pernah menginap di sini juga? Share di kolom komentar, ya...

Booking.com
----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h




Share:

0 komentar