Tempat Membeli Oleh-oleh Murah di Jepang dan Kisaran Harganya



Sebagai salah satu destinasi travelling favorit di Asia, Jepang bukanlah negara murah. Namun bukan berarti juga semuanya serba mahal. Contohnya, saya bisa menemukan toko oleh-oleh murah di Jepang namun memiliki barang yang lucu-lucu. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

1. Daiso

Hands down deh, untuk toko yang satu ini. Bukan cuma koleksinya yang lengkap tapi nyaris seluruh barangnya cuma dibandrol 100 atau 108 setelah pajak. Kalau 1 = 130, berarti setiap barangnya sekitar 14 ribuan. Barang-barang lucu yang saya temukan dengan harga tersebut di antaranya adalah koleksi Sesame Street, koleksi Hello Kitty dan koleksi Disney. Contohnya adalah kotak makan plastik cookie monster, sumpit Elmo, pewangi ruangan disney, dan dompet koin Hello Kitty.

Selain barang-barang lucu, mereka juga menyediakan aneka perlengkapan rumah tangga. Saya membeli spatula atau sodet kayu, saringan alumunium, dan centong alumunium dengan masing-masing harga yang sama. Saya juga membeli penggorengan dengan diameter berukuran sekitar 20cm, hanya seharga 216. Meskipun lebih mahal tetap saja kalau dirupiahkan, tidak sampai 30 ribu.

Yap di sini juga tersedia barang-barang yang harganya di atas 108. Biasanya untuk barang-barang yang harganya di atas 108, mereka memberikan label keterangan harga. Sedangkan barang yang tidak ada label keterangan harganya, bisa dipastikan berharga 108. 

Daiso ini ada di mana-mana di Jepang. Semakin besar tokonya maka akan semakin lengkap barangnya. Saya merekomendasikan untuk mengunjungi Daiso di Takeshita Street, Harajuku, Tokyo dan Shinsaibashi Shopping Shopping Arcade, Osaka. Kedua toko Daiso di sini sangat besar. Kalau tidak salah masing-masing mencapai 3 lantai. Jadi koleksi barangnya, termasuk makanan camilan, tersedia lengkap. 

2. Flying Tiger

Brand ini berasal dari Denmark tapi bukan berarti kita tidak bisa menemukan barang-barang yang sudah disesuaikan dengan cita rasa lokal. Contohnya saja saya sempat membeli pinset dengan bentuk boneka memakai kimono hanya seharga ¥150 ketika mengunjungi Flying Tiger yang ada di Seaside Mall, Decks, Tokyo.

Selain itu di sini juga ada tempat sikat gigi plastik seharga ¥100, kotak makan plastik seharga ¥150, tempat paspor seharga ¥400 - ¥500, boneka-boneka lucu seharga ¥300 - ¥600 dan banyak lagi koleksi perlengkapan atau aksesori lucu-lucu lainnya. Oh iya, semua harga tersebut belum termasuk pajak 8%. 


3. Don Quijote


Kalau ingin mendapatkan koleksi barang yang agak ajaib, ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Salah satu koleksi mereka adalah kostum pesta. Mulai dari kostum perawat, pelayan, anak sekolah, cheerleader, kimono, dan model lainnya yang ajaib-ajaib. Harga kostum-kostum ini mahal, mulai dari ¥1000 - ¥4000. 

Selain itu, di sini juga ada berbagai magnet dan gantungan kunci khas Jepang dengan harga sekitar ¥398 - ¥598, sedangkan t-shirt dijual seharga ¥1590.

Untuk yang suka Doraemon, Hello Kitty, dan Rilakkuma di sini bisa didapatkan pernak-perniknya. Mulai dari gantungan kunci, dompet, boneka dan banyak lainnya. Harganya mulai dari ratusan hingga ribuan Yen. 

Bukan cuma koleksi merchandise-nya saja yang super banyak, di sini juga menjual aneka makanan. Saya sempat membeli cokelat Kit Kat rasa green tea berisi 13 buah seharga ¥268 (belum termasuk 8% pajak). Harga ini lebih murah dari di Family Mart yang sekitar 300-an dan bandara Kansai yang sekitar 500-an. 


4. 3 Coins


Kalau Daiso menjual barang-barang serba ¥100, di sini menjual barang serba ¥300 (belum termasuk pajak 8%). Memang lebih mahal dari Daiso, tapi koleksi barang-barang di sini sepadan dengan harganya. Menurut saya, desainnya bagus-bagus. 

Bila beruntung malah bisa mendapatkan juga barang-barang yang dijual dengan harga di bawah ¥300. Contohnya saya sempat melihat piring beling dengan bentuk roti seharga ¥100, mug untuk anak-anak seharga ¥150, dan aksesori kayu berbentuk bintang seharga ¥150. 


3 Coins ini sempat saya lihat beberapa tokonya di Tokyo dan Osaka. Untuk harga yang saya sebutkan di atas adalah yang saya lihat di Shinsaibashi Shopping Arcade, Osaka. 


Booking.com
----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h





Share:

0 komentar