Ketemu Komodo Mini di Pulau Macan


Sampai saya mengetik ini, saya belum berkeinginan untuk mengunjungi Pulau Komodo. Bukan karena tidak tertarik dengan keindahannya (karena pulau tersebut luar biasa Indah) tapi karena saya takut ketemu komodo. Seriusan deh, membayangkan binatang mematikan itu bisa memburu baik di darat maupun laut bikin nyali saya ciut. Eh, tapi kok ya, saya malah ketemu dengan adiknya komodo di Pulau Macan, Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Waktu itu saya baru saja keluar dari kamar mandi namun langkah kaki saya menuju kamar tidur langsung terhenti ketika saya melihat kadal yang sangat besar tepat di sisi kiri pintu kamar mandi. Ya ampuuuun kaki saya langsung bergetar melihatnya. Kalau tidak ingat pembicaraan dengan sesama tamu resort semalam yang mengatakan di sini ada biawak besar, mungkin saya sudah pingsan (atau paling tidak pipis di celana) karena mengira sang kadal adalah komodo. 

Tanpa mampu menggerakkan kaki sama sekali saya memanggil biru dengan suara bergetar. Dia segera datang karena khawatir terjadi sesuatu dengan saya. Begitu tahu apa yang terjadi, Biru langsung menggandeng saya berjalan ke arahnya. "Dia tidak berbahaya. Tidak akan menyerang," katanya. Ya saya sih, tahu fakta itu tapi melihat binatang yang beratnya mungkin lebih dari setengah berat tubuh saya ini, tetap saja bikin saya takut bukan main. 

Berada dekat Biru membuat saya merasa sedikit tenang dan saya pun bisa mengamati apa yang dilakukan si komodo mini ini. Rupanya dia sedang mencari makan. Dia berkali-kali menjulurkan lidahnya ke arah tanah, mungkin memakan serangga. Sambil terus memperhatikannya, saya kepikiran bagaimana kalau ini adalah komodo, saya yakin saya tidak akan berani berada sedekat ini dan bahkan mengambil foto.

Lalu bagaimana ceritanya biawak sebesar ini bisa beredar di penginapan? Karena resort di Pulau Macan ini mengusung konsep eco village, jadi memang tamu diharapkan bisa menyatu dengan alam. Hal ini bisa dilihat dari pondokan-pondokan yang terbuka langsung menghadap alam dan binatang-binatang yang dibiarkan hidup bebas, termasuk sang biawak tersebut. Untuk info lengkapnya mengenai resort ini bisa melihat blog saya di tautan ini.       

Well, mungkin ini latihan sebelum akhirnya saya melihat komodo suatu hari nanti (kalau rasa berani saya sudah muncul). 

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Share:

0 komentar