Tempat Belanja Oleh-oleh di Praha, Ceko

Saya tidak menyusuri seluruh Praha saat mengunjunginya pada September 2013 lalu. Saya hanya berjalan-jalan di sekitaran Old Town. Tidak sempat ke wilayah New Town. Tapi untuk wilayah Old Town saja, ada banyak tempat belanja oleh-oleh yang menjual souvenir khas Praha. Berikut tempat-tempat membeli oleh-oleh yang sempat saya kunjungi.

1. Havel's Market
Market yang berada di Havelska Street, Prague 1 ini bentuknya adalah deretan tenda yang memanjang di tengah jalan. Yap, kesannya seperti bazaar. Bedanya bila bazaar hanya digelar untuk periode waktu tertentu, market ini tidak demikian. Havel's Market buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 18.00. Barang jualannya pun beraneka ragam, mulai dari buah, sayur, bunga, mainan, kerajinan tangan sampai souvenir khas Praha dijual di sini. Saya sempat melihat-lihat magnetnya yang dijual dengan harga sekitar 50 - 70 CZK. 

2. Wenceslas Square
Di sekitar Wenceslas Square ada banyak toko. Mulai dari toko pakaian, toko sepatu, makanan cepat saji dan termasuk toko souvenir. Ada beberapa toko souvenir yang saya lihat di sini. Rata-rata barang yang dijualnya hampir sama. Misalnya T-Shirt, magnet, gantungan kunci, pajangan dan sebagainya.

3. Art Gama Gallery
Sebenarnya saya tidak sengaja menemukan toko yang terletak di Karla Aksamita 858/6 ini. Saat itu saya dari Old Town Square sedang berjalan menuju Prague Castle. Saya masuk ke lorong-lorong kecil yang memiliki jalanan bebatuan khas abad pertengahan. Di tengah perjalanan sempat mampir ke toko yang menjual lukisan ini. Lukisan Old Town Square, Prague Astronomical Clock, Prague Castle dan ikon kota Praha lainnya ada di sini. Saya tentu tidak membeli lukisan. Selain harganya yang diluar budget, agak repot membawa lukisan yang ukurannya cukup besar. Tapi, saya membeli satu lukisan dalam bentuk magnet imut. Eh tapi jangan membayangkan magnet ini dilukis asli oleh tangan, seperti lukisan beneran yang dijual di sini. Lukisan di magnet ini adalah lukisan yang sudah diperbanyak. Karena itu kisaran harganya tidak terlalu mahal. Yang paling murah bisa didapatkan hanya 50 CZK saja per magnetnya.   



Teman saya, Mira yang penggemar kalung langsung berbinar-binar melihat ini.


4. Charles Bridge
Kalau mau membeli oleh-oleh yang mungkin agak berbeda, bisa datang ke sini. Di sekitaran Charles Bridge ada penjual aksesoris batu-batuan. Misalnya kalung, gelang atau anting yang terbuat dari batu. Aksesoris ini juga handmade, jadi bentuknya tidak pasaran. Sebagai gambaran harga, 1 kalungnya saat itu dijual seharga 10 Euro. Selain itu, di sini juga ada penjual magnet dengan gambar yang tidak standar - seperti Prague Castle atau Prague Astronomical Clock. Magnet yang dijual di sini bergambar badut, kucing dan malaikat. Harganya lumayan mahal, yaitu 8 Euro untuk 1 magnetnya. Nggak heran bila harganya segitu karena magnet tersebut hand painted alias dilukis satu-satu dan bukan dibuat secara massal oleh pabrik. 

5. Prague Castle
Di kompleks Prague Castle ada 1 area bernama Golden Lane. Di sini, ada beberapa rumah yang sudah beralih fungsi menjadi toko buku dan souvenir. Saya sempat membeli 1 magnet Prague Astronomical Clock seharga 99 CZK. Yang saya suka dari magnet ini adalah terbuat dari kayu dengan ukiran yang sangat rapi. Worth the prize. 

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie


Share:

0 komentar