Tip Hemat Jalan-jalan di Perth, Australia

Saya sangat terbantu dengan keberadaan CAT bus selama saya di Perth pada Oktober 2015, jadi saya merasa perlu mengingatnya dalam bentuk catatan. Tapi selain CAT bus ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk penghematan selama jalan-jalan di Perth.

1. Keliling kota dengan CAT bus. Perth memiliki empat CAT bus, yaitu Blue CAT, Yellow CAT, Green CAT dan Red CAT. Semua bus ini bisa dinaiki oleh siapapun tanpa harus membayar apapun. Yap, ini adalah bus gratis. Tiap bus memiliki tujuan sendiri tergantung warnanya masing-masing. Namun tentu ada irisan antara bus yang satu dengan yang lainnya. Jadi kalau kita mau ke tujuan tertentu, perhatikan rute CAT bus (petanya bisa diambil di dalam bus) apakah melewati tujuan kita atau kita harus ganti CAT bus warna lainnya.


Tempat naik dan turun CAT bus. Di sini, ada keterangan waktunya kapan CAT bus berikutnya akan datang

2. Sharing makanan. Untuk yang pergi bareng teman-teman, sharing makanan bisa jadi salah satu cara berhemat. Saya pernah makan pho (makanan Vietnam) yang ukurannya luar biasa besar dan akhirnya tidak habis. Di saat yang bersamaan, teman saya, Asri juga makan pho yang sama dan tidak habis juga. Akhirnya menyesal kenapa tidak sharing makanan. Tapi memang harus dicek dulu sih, seberapa besar porsinya. Karena tidak semua porsi makanannya besar.


3. Bawa botol air. Yap daripada mengeluarkan sekitar 3 AUD untuk ukuran air 600 ml, lebih baik bawa botol air sendiri dan mengisinya dengan tap water dari keran-keran/tap yang tersebar di pusat kota. Sama seperti di Melbourne dan Sydney, di Perth juga cukup aman untuk minum tap water.


4. Pesan tap water di restoran. Karena tap water ini gratis, jadi kalau lagi makan di restoran minta aja tap water sebagai peneman makanan kita.


5. Kunjungi tempat wisata-tempat wisata gratis. King's Park, London Court, area Hay Street Mall dan Muray Street Mall adalah beberapa tempat menarik yang bisa kita kunjungi tanpa harus mengeluarkan uang. Oh iya, jangan lupa juga nonton film gratis di Northbridge Piazza. 


6. Pergi ke Rottnest Island di hari Selasa. Rottnest Island salah satu wilayah wajib kunjung bila sudah berada di Perth. Untuk sampai ke pulau kecil ini kita bisa naik kapal Ferry sekitar 1,5 jam dari pelabuhan di Perth. Nah biar lebih hemat, coba deh, pesan di hari Selasa karena khusus di hari ini ada potongan harga. Karena waktu yang terbatas di Perth saya tidak bisa ke Rottnest Island di hari Selasa. Saya pergi di hari Kamis dengan menggunakan ferry Rottnest Express seharga 119 AUD (ini sudah tiket ferry PP Rottnest - Perth dan sewa sepeda untuk keliling pulau).


7. Pergi ke Rottnest Island dari Fremantle. Kalau kebetulan kita punya agenda ke Fremantle, lebih baik ke Rottnest Island-nya dari Fremantle saja. Selain menghemat waktu karena perjalanannya searah, menghemat biaya juga. Ferry + sewa sepeda Fremantle - Rottnest PP hanya 99 AUD, ditambah biaya kereta PP 9 AUD total hanya 108 AUD. Lebih murah daripada berangkat dari Perth yang harganya 119 AUD. Saya waktu itu beli tiket ferry PP Perth - Rottnest tapi pulangnya sengaja turun di Fremantle untuk jalan-jalan di kota itu. Dari Fremantle saya naik kereta one way ke Perth seharga 4.5 AUD.


8. Gunakan kupon diskon. Di buku Hello Perth yang bisa didapatkan gratis di bandara banyak berisi kupon diskon untuk restoran, tur dan banyak lainnya. Selain bisa dapat potongan harga, buku ini juga lumayan untuk memberi gambaran apa yang bisa kita lakukan di Perth.



Booking.com
----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Blog Sebelumnya:

Share:

1 komentar