Bisakah Visa Amerika Serikat Dipindahkan ke Paspor Baru?

Photo: Nataliya Vaitkevich/Pexels


Saya akan melakukan perjalanan ke Costta Rica dimana saya tidak harus membuat visa Costa Rica apabila saya masih memiliki visa Amerika Serikat yang masih berlaku. Nah, pasalnya, visa Amerika Serikat saya ada di paspor lama. Apakah bisa visa Amerika Serikat saya dipindahkan ke paspor baru?

Kenapa harus dipinndah ke paspor baru? Ya ini lebih ke tindakan pencegahan saja sih, takutnya pihak imigrasi Costa Rica tidak menerima bila visa tersebut berada di paspor yang sudah kedaluwarsa. Saya pun mulai mecari informasi. 

Dari informasi yang saya dapat dari teman dekat saya, Mbak Dea yang sering bolak-balik Amerika Serikat, dia bilang visa US tidak bisa dipindah paspor. Jadi yang dia lakukan adalah travelling dengan membawa dua paspor dan itu tidak msalah dengan pihak imigrasi US. Nah, pasalnya saya tidak akan travelling ke US. 

"Waktu itu masuk Kanada aku juga begitu. petugas cek visa US di paspor lama, setelah itu visa Kanada ditempel di paspor baru," katanya. Tapi apakah petugas imigrasi Costa Rica akan memperlakukan hal yang sama? Ya saya harus mencari informasi lebih lanjut. 

Namun pernyataan Mbak Dea ini dibenarkan oleh seseorang yang ada di grup WhatsApp travelling saya. Visa US tidak bisa dipindahkan ke paspor baru. 

Dan kepastian yang benar-benar valid ini pun akhirnya saya dapatkan ketika saya berhasil menelpon Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta. Setelah memastikan bahwa visa US saya masih aktif, petugas yang saat itu berbicara dengan saya menjelaskan bahwa visa Amerika Serikat tidak bisa dipindahkan ke paspor baru. Jadi saya hanya perlu membawa dua paspor saat mau masuk US. 

Tapi masalahnya saya bukan mau travelling ke US. "Seharusnya sih, bisa ya, membawa paspor lama yang ada visa US-nya ke negara tersebut karena visa US memang tidak bisa dipindahkan ke paspor baru," ucapnya. 

Seharusnya sih, demikian tapi berurusan dengan pihak imigrasi tanpa kepastian yang solid bikin saya dobel khawatirnya. Tapi yang pasti, saya sudah mendapatkan jawaban bahwa visa US tidak bisa dipindahkan ke paspor baru

Selanjutnya adalah memastikan saya bisa masuk Costa Rica dengan visa US di paspor lama. saya akan tulis ceritanya di blog selanjutnya. 


Share:

0 komentar