6 Makanan Wajib Coba di Turki Beserta Harga dan Lokasi Membelinya


Makanan Turki enak-enak! Ya paling nggak itu menurut saya, ya. Bumbunya berasa dan cocok di lidah saya. Dari beberapa yang saya makan, berikut yang menurut saya wajib dicoba. 

1. Kebab

Belum ke Turki kalau belum makan kebab. Tapi dimanakah restoran atau tempat yang menjual Turki enak di Istanbul? Setelah browsing dan mengecek review di Google, kami memutuskan untuk pergi ke Sultan Doner Kebab Restaurant

Tempatnya kecil dan terletak di sebelah salah satu pintu masuk Grand Bazaar. Kami memesan kebab daging sapi dengan wrap. Porsinya luar biasa besar. Saking besarnya cukup dimakan kami bertiga untuk sarapan. Tapi harap dicatat ya, porsi makan kami memang kecil. Lalu bagaimana rasanya? Enaaak! Bumbunya berasa dan daging sapinya luar biasa banyak. 

Nggak heran tempat ini terpilih sebagai "Best Doner Kebab" restaurant dri Istanbulrestaurants.net. Saat makan siang, antrian di sini juga luar biasa panjang. Untungnya kami datang pagi hari sekali, tepat saat tokonya baru buka, jadi cuma ada kami yang makan di situ. Kami pun bisa berbincang dengan salah satu penjualnya yang biasa berbahasa Indonesia. 

Untuk harga, agak sedikit mahal. Kami memesan satu Meat Doner Wrap, dua teh turki, dan satu jus pomegranate harganya TL900. Ya pantas saja sih, ukuran kebabnya juga super gede. 

2. Es Krim Turki


Es krim, terutama yang rasa pistachio di sini enaknya kebangetan! Belinya di abang-abang es krim pinggir jalan. Saya coba es krim dengan rasa ini di tukang es krim depan Hermes Cave Hotel, Cappadocia dan tukang es krim dekat Galata Tower, Istanbul, keduanya enak banget. Rasa lainnya menurut saya biasa aja tapi yang rasa pistachio benar-benar memikat lidah. 

Tapi siap-siap ya, beli es krim di pinggir jalan, akan 'dikerjain' dulu oleh mereka. Contohnya lihat aja di video di atas. 

3. Turkish Delights

Saya merekomendasikan untuk mencoba Turkish Delights untuk yang penyuka manis. Turkish Delights teksturnya kenyal seperti marshmallow. Rasanya juga beraneka, mulai dari pistachio, red velvet, oreo, dan berbagai rasa lainnya. Saya sempat membeli di toko yang di Spice Bazaar dan Cappazaar, Uchisar, Cappadocia, yang saya suka adalah yang di Cappazaar, meskipun harganya lebih mahal TL750/kg dibanding yang di Spice Bazaar TL240-330/kg. 

4. Jus Pomegranate 
Kalau yang ini bisa ditemukan dimana-mana, baik di rumah makan maupun penjual jus di pinggir jalan. Delima atau pomegranate adalah salah satu buah yang diproduksi di Turki, karena itu menu jus delima mudah ditemukan dimana-mana. Jus delima yang saya suka adalah yang dijual di dekat kolam air panas di Karahayit karena rasa manisnya pas, tidak kemanisan dan tidak terlalu kecut. Kisaran hargany antara TL20-50. Kalau di restoran, harganya bisa lebih mahal lagi. 

5. Ikan dan Ayam di Orient Express Restaurant
 
Saya dan teman saya memutuskan makan di restoran Orient Express di Istanbul karena restoran ini pernah masuk film dokumenter di Netflix. Nggak ada ekspektasi apa-apa kecuali mencoba makanan di retoran yang direkomendasikan film tersebut. 

Kami memasan Grilled Chicken dan Fish of the Day. Setelah mencobanya, reaksi saya adalah, "Ya ampun pantesan aja restoran ini masuk Netflix." Rasa kedua makanan itu bikin saya pengen nangis. Enaaak banget! Bumbunya tuh menyerap sampai ke daging-dagingnya dan berasa banget! Enak nak nak nak! Saya bisa bilang ini best food saya di Turki!

Untuk sekelas restoran, harganya pun masih masuk akal. Dua makanan, dua gelas teh, dan satu dessert (Apple Dessert with Ice Cream) hanya TL1020. 

Kamu yang pernah ke Turki, ada rekomendasi makanan Turki yang wajib coba juga nggak? Share dong, di kolom komentar!

Share:

0 komentar