6 Rekomendasi Oleh-oleh Turki, Kisaran Harga dan Tempat Membelinya


Cari oleh-oleh di Turki? Ini daftar oleh-oleh yang saya beli saat saya trip ke Turki pada Oktober 2023. Daftar oleh-oleh turki ini sudah termasuk kisaran harga dan tempat membelinya. 

1. Turkis Delight/Lokum

Kalau yang suka makanan manis, saya merekomendasikan Turkish Delight untuk dibawa pulang. Makanan manis kenyal dengan aneka rasa ini dijual di berbagai toko oleh-oleh di Turki. Saya melihatnya di Istanbul, Cappadocia, dan Pamukkale. Rasanya beraneka, ada yang rasa red velvet, pistachio, oreo, dan lain sebagainya. Hargannya pun variatif, ada yang menjualnya seharga TL240/kg (di Spice Bazaar, Istanbul), TL330/kg (di Spice Bazaar, Istanbul), sampai yang TL750/kg (di Cappazaar, Uchisar, Cappadocia). Saya membeli yang seharga 240 dan seharga 750. Bagi saya yang rasa 750 di Cappazaar jauh lebih enak daripada yang seharga 240 di Spice Bazaar. Teksturnya lebih kenyal, tidak keras dan manisnya terasa nagih. 

2. Kopi
Sama halnya dengan Turkish Delight, kopi Turki juga mudah ditemukan dimana-mana. Namun yang mau harga muraah bisa datang ke toko Cekilmis Kahve yang ada di Spice Bazaar. Di sini harga kopi bubuk dijual mulai dari TL20 untuk 56 gram hingga TL360 untuk 1 kg. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan kopi yang saya beli di Findik Cafe, Sirince seharga TL100 per 100 gram. Tapi tolong jangan tanya saya bagaimana rasanya karena saya nggak ngopi. Hehehe. 

3. Teh bubuk 
Di Spice Bazaar, Istanbul banyak sekali dijual teh bubuk aneka rasa. Yang saya beli adalah teh bubuk rasa apel dengan haarga TL100 per 100 gramnya. Rasanya? Saya sih suka banget! Aroma apelnya tercium sekali dan sudah ada rasa manisnya meskipun sedikit/sangat samar. 

4. Cokelat Pistachio

Pistachio cukup populer di Turki. Kita dengan mudah menemukan makanan dengan kandungan pistachio seperti es krim maupun cokelat atau bahkan kacang pistachionya langsung. Nah, untuk oleh-ol;eh coba deh beli cokelat pistachio yang bisa ditemukan di aneka superrmarket di Istanbul. Mereknya pun beragam namun yang saya beli adalah cokelat putih pitstachio dari Nestle dengan nama Damak Inci. Harganya TL30 per satuannya (60 gram) dan rasanya enak banget! Saya menyesal hanya membeli sedikit. 

5. Karpet

Kalau punya bagasi lebih, kayaknya wajib deh, beli karpet di Turki. Baik karpet yang handmade dengan harga mencapai jutaan rupiah atau karpet pabrikan yang bisa dibeli dengan ratusan ribu. Catat ya, karpet pabrikannya pun bagus banget motif dan kualitasnya. Saya membeli karpet pabrikan ini di Varol, shopping centre di Pamukkale. Di sini dijual karpet dengan berbagai ukuran, seperti 90 x 60cm seharga USD7,5 dan 150 x 80cm seharga USD20. Saya membeli yang ukuran kedua. Karpet sebesar itu, dengan motif dan kualitas bagus, hanya seharga 300 ribuan saja!

6. Souvenirs 

Mau bawa pulang gantungan kunci, dompet kecil, t-shirt, dan souvenir lainnya? Dan ini juga bisa ditemukan di Grand Bazaar, Istanbul, atau semua toko-toko souvenir yang ada di sekitar tempat-tempat wisata yang ada di Turki. Tapi kalau boleh saya menyarankan, sebaiknya beli di The Gallery Has yang ada di Goreme, karena selain pilihannya sangat variatif dan lengkap, harganya juga lebih murah. Misalnya nih, harga t-shirt dewasa di toko tersebut TL260, sementara di Grand Bazaar TL400. Di toko ini lengkap tersedia gantungan kunci aneka rupa, karpet, sajadah, pajangan keramik, tas, topi, perhiasan, dan buanyak lainnya. 


Share:

0 komentar