5 Lokasi Christmas Lights dan Dekorasi Natal di Melbourne



Berbeda dari Eropa dan Amerika yang mengalami musim dingin, bulan Desember adalah musim panas di Australia. Karena itu, jangan berharap deh, mengalami White Christmas di Melbourne. Jangankan di musim panas, musim dingin saja tidak ada salju di Melbourne. Meskipun demikian, bukan berarti Melbourne tidak memesona saat Natal. Sudut-sudut kota ini dipenuhi dekorasi Natal dan Christmas Lights yang memukau. Dimana saja lokasinya?

1. Federation Square
Alun-alun yang berada tepat di Flinder Street Railway Station ini jadi tempat langganan bertenggernya pohon Natal besar setiap tahunnya. Selain pohon Natal, biasanya area di Federation Square juga dipenuhi hiasan Natal lainnya. Lebih seru datang ke sini pada malam hari karena kita bisa melihat lampu Natal yang berkelap-kelip. 


Video ini gabungan dari Federation Square, Melbourne Town Hall dan Southern Cross Station. Saya ambil pada Desember 2023.

2. Melbourne Town Hall
Dari Federation Square kita bisa naik tram gratis ke Melbourne Town Hall, meskipun saya pribadi lebih suka jalan kaki karena lokasinya tidak jauh. Biasanya gedung ini akan dihias dengan pita merah sehingga terlihat seperti kado Natal dan akan banyak sekali dekorasi bunga di halaman depannya. Namun tentu saja daya tariknya adalah pada malam hari ketika gedung dipenuhi permainan cahaya lampu. Cantiik!

State Library Victoria 
Permainan cahaya lampu juga ada. di State Library of Victoria. Jadi kalau sudah sampai di Melbourne Town Hall, jangan lupa mampir juga ke perpustakaan ini. Lokasinya berada di jalan yang sama dengan Federation Square dan Melbourne Town Hall. Lagi-lagi bisa naik tram gratis atau jalan kaki. Saran saya sih, jalan kaki karena lokasinya benar-benar dekat banget dan sekalian kita bisa melihat dekorasi Natal lainnya sepanjang jalan. 

4. Goodwin Street, Glen Iris
Bila tiga tempat di atas adalah tempat publik yang juga atraksi wisata, Goodwin Street adalah nama jalan di komplek perumahan di salah satu suburb Melbourne. Kenapa jalanan ini harus didatangi karena rumah-rumah di jalanan ini dipenuhi Christmas Lights yang luar biasa. Well, tidak semuan dekorasinya luar biasa sih, ada juga yang hanya biasa saja. Tapi ada satu rumah di ujung jalan yang Christmas Lights-nya the best banget deh, selain halaman, sekeliling pagar rumahnya juga dipenuhi Christmas Lights. 

Saya sudah dua tahun berturut-turut ke sana, tahun 2022 dan 2023 dan tetap terkagum-kagum sama berbagai printilan dekorasinya yang bikin mengaga. Tahun ini saya sempat ketemu sama pemilik rumah dan dia bilang dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mendekor semuannya. Ckckck!


Video ini merupakan gabungan dari rumah di Goodwin Street dan 997 Torak Road. Saya ambil pada Desember 2023. 

5. 997 Toorak Road, Camberwell
Kalau rumah yang sebelumnya butuh waktu sekitar satu bulan untuk mendekorasi rumahnya, rumah yang satu ini butuh sekitar dua bulan. Ini menurut pengakuan pemilik rumah George yang sempat kami temui. Bukan cuma sekadar hiasan Natal dan lampu-lampu cantik, George juga membuat salju buatan dari shampoo yang tentunya bikin anak-anak yang berkunjung, termasuk Noah kegirangan karena disemprot "salju". 

Rumah George masuk ke dalam 10 rumah Christmas Lights terbaik versi media Australia, The Age.  

Dekorasi Natal dan Christmas Lights ini biasanya akan mulai ada pada pertengahan November atau awal Desember hingga tahun baru. Kurang lebih sekitar sebulan kita bisa menikmati dekorasi Natal dan Christmas Lights di Melbourne.

Saran saya kalau memang waktunya tidak banyak, cukup datang ke Melbourne CBD, muter-muter di sana, akan ketemu banyak dekorasi Natal. Selain Federation Square, Melbourne Town Hall, dan State Library Victoria, di area CBD juga ada Royal Arcade, gedung H&M store, dan Southern Cross Station yang biasanya dipenuhi hiasan Natal yang cakep. 



Share:

0 komentar