6 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jerman


Kayaknya kita semua sudah tahu bahwa harga barang-barang di Jerman mahal-mahal. Eh tapi kalau kita datanng ke toko yang tepat, kita bisa lho, dapat oleh-oleh murah di Jerman. Paling tidak, itu yang saya rasakan ketika ke Jerman pada November 2023. 

Berikut tempat belanja oleh-oleh murah di Jerman yang saya datangi dan beli beberapa barang-barangnya. 

1. Aldi dan REWE, Tempat Beli Cokelat Murah di Jerman

Aldi dan REWE (dua tempat yang berbeda) adalah supermarket yang menjual banyak kebutuhan sehari-hari. Kalau di Indonesia mirip Lotte atau Hero yang menjual aneka sayur, daging, perlengkapan mandi, dan banyak lainnya, termasuk camilan seperti cokelat. Kalau memang mau bawa pulang oleh-oleh cokelat dari Jerman, saya sarankan datang ke Aldi atau REWE. Selain pilihannya sangat variatif harganya juga mulai dari sekitar 1 Euro (sekitar 17 ribuan). Saya sempat membeli cokelat praline berisi 16 buah di Aldi. Cokelat ini dibungkus dalam kemasan cantik dengan harga 2,99 Euro saja (sekitar 50 ribu rupiah). Cakep untuk dijadikan oleh-oleh. 

2. DM, Tempat Beli Parfum Murah di Jerman

Kalau mau cari parfum murah di Jerman, coba datang ke DM. Di sini dijual parfum asli dengan harga yang lebih murah dari Indonesia. Contohnya, saya sempat membeli EDP 15ml Christina Aguilera yang Cherry Noir dan Xtina dengan harga masing-masing 8,95 Euro (sekitar 150 ribuan). Mereka juga jual yang ukuran 30ml dengan harga 11,95 Euro (sekitar 200 ribuan). Di toko ini juga dijual berbagai kosmetik, perlengkapan kecantikan dan kesehatan. 

3. Müller, Tempat Beli Hand Cream Murah di Jerman
Saya sudah sampai pada tahap tidak pernah lagi membawakan oleh-oleh seperti gantungan kunci dan sejenisnya. Sekarang saya lebih suka membeli suatu produk yang diproduksi di negara tersebut. Karena itu, ketika saya masuk ke toko ini saya senang karena bisa menemukan berbagai hand cream produksi Jerman. Di sini banyak pilihannya dengan harga terjangkau. Saya sempat membeli hand cream Aveo yang harganya hanya 0,85 Euro. Yap, harganya bahkan tidak sampai 1 Euro. Di tangan rasanya ena, tidak lengket dan aromanya juga saya suka karena tidak menyengat. Untuk aroma tentunya tergantung pilihan dan selera ya. Di toko ini juga dijual aneka kosmetik, mainan anak, cokelat dan camilan lainnya.  

4. Euroshop, Tempat Beli Souvenir Nama Negara Murah di Jerman


Nah, kalau mau cari oleh-oleh seperti souvenir khas negara (yang ada tulisan nama negara atau kota), seperti kartu pos, magnet, atau gantungan kunci, Euroshop wajib banget didatangi. Karena aneka souvenir Jerman di sini murah-murah. Kartu pos hanya seharga 0,55, magnet kecil isi 6 seharga 1,50 Euro, dan asbak seharga 1,30 Euro. Di sini juga ada cokelat seharga sekitar 1 Euro namun pilihannya tak sebanyak di Aldi atau REWE. 

5. Flying Tiger Copenhagen, Tempat Beli Souvenir Unik Murah di Jerman
Bisa ditebak dari namanya toko ini berasal dari Kopenhagen, Denmark. Berdiri pertama kali tahun 1995, kini toko ini tersebar di banyak kota di Eropa. Yang saya suka dari toko ini adalah banyaknya souvenir dan merchandise unik yang dijual dengan harga terjangkau. Barangnya gemes-gemes gitu. Saya sempat membeli kotak kecil dari kayu seharga 1 Euro. Cocok untuk penyimpanan cincin, gelang, atau koleksi koin. Untuk yang mau tahu lebih banyak tentang toko ini bisa baca tulisan saya di sini

Toko-toko tersebut di atas tersebar di seluruh Jerman, terutama di kota-kota besar ya. Jadi kalau kita jalan-jalannya di kota, bukan rural area, pasti ketemu deh, sama toko-toko ini. 

Kamu pernah ke Jerman dan punya rekomendasi tempat belanja oleh-oleh murah di Jerman? Tolong tulis di kolom komentar ya. 




Share:

0 komentar