10 Rekomendasi Tempat Wisata di San Francisco, Amerika Serikat




Berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang saya kunjungi ketika jalan-jalan ke San Francisco pada Oktober 2019. Asyiknya, tujuh di antaranya bisa saya kunjungi tanpa mengeluarkan uang, yang bayar hanya tur ke Alcatraz island, naik cable car dan masuk ke Coit Tower.  

1. Golden Gate Bridge
Ini adalah landmark paling terkenal dari San Francisco. Kalau sering nonton film atau serial televisi Hollywood dengan lokasi San Francisco bisa dipastikan akan ada jembatan ini dalam tayangan. Karena sudah sering melihatnya di melalui layar bioskop dan layar kaca, saya berasa sangat familiar ketika mengunjungi jembatan sepanjang 2,7 km ini. Satu hal lagi, di sini sangat berangin, jadi siap-siap bawa jaket yang bisa melindungi diri dari angin. 

2. Fisherman's Wharf + Pier 39
Kalau suka dengan suasana pelabuhan, pasti suka area ini. Saya sih senang duduk-duduk sambil mengamati laut dan kapal-kapal yang berjejer. Di area sini juga banyak kafe dan tempat untuk belanja. Jadi lumayanlah sekalian window shopping. 

Dari berbagai dermaga yang ada di Fisherman's Wharf, dermaga 39 atau pier 39 adalah yang paling terkenal. Bukan saja karena dipenuhi berbagai atraksi permainan, restoran dan deretan toko tapi juga lokasi ini merupakan rumah bagi kawanan singa laut. Kalau mau lihat para singa laut berjemur, becanda, berenang dan saling dorong-dorongan untuk menceburkan temannya ke air, bisa datang ke sini.  

3. Ghirardelli Square
Tempat ini tidak jauh dari area Fisherman's Wharf. Di sini juga berderet tempat belanja dan kafe namun yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi The Original Ghirardelli Ice Cream & Chocolate Shop, toko pertama dari cokelat Ghirardelli yang diproduksi di California. Ya memang cokelat ini sudah banyak dijual di Indonesia, sih. Tapi kalau memang bisa beli langsung di tempat asalnya dan dengan harga lebih murah, kenapa nggak?   

4. Cable Car




Belum lengkap rasanya berkunjung ke San Francisco kalau nggak mencoba naik cable car keliling kota. Meskipun harganya jujur saja terlalu mahal untuk sekali naik, yaitu 7USD untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh namun tentu saja memberikan sensasi yang berbeda.


5. Alcatraz Island
Dahulu, di pulau ini terdapat penjara untuk penjahat-penjahat paling menyeramkan. Kini, penjara tersebut masih ada namun dijadikan sebagai tempat wisata. Untuk bisa ke sini, saya membeli tiket tour Alcatraz Island yang sudah menyediakan transportasi kapal ferry untuk menyebrang pulau dan biaya masuk penjara. Kira-kira dibutuhkan waktu 1 jam untuk mengitari penjara. Tidak ada pemandu, namun tersedia audio guide yang mengarahkan pengunjung untuk berjalan ke arah mana dan ada cerita apa di tempat tersebut. 

6. The Painted Ladies 

Tidak heran kalau The Painted Ladies menjadi salah satu objek yang paling sering difoto di San Francicso. Selain menawarkan pemandangan deretan rumah berdesain Victoria, letaknya yang di ketinggian, membuat kita juga bisa melihat pemandangan San Francisco dari atas. Gabungkan dengan langit biru (bila cuaca cerah) maka kita akan mendapatkan foto yang cantik. 

7. Union Square
Hobi nongkrong-nongkrong sambil melihat aneka kendaraan lalu lalang atau gedung-gedung bertingkat? Pas banget kalau datang ke sini. Lumayanlah jadi tempat istirahat setelah capek belanja karena lokasinya yang tepat berada di sebrang pusat perbelanjaan Macy's.  

8. Lombard Street/Crooked Street

Sebenarnya ini tidak lebih dari sekadar jalanan, sih. Namun yang menjadi istimewa dari jalanan ini adalah bentuknya yang berliku-liku alias bengkok dan menurun, jadi harus ekstra hati-hati bila melintasi jalanan ini sambil menyetir. Selain itu, keistimewaannya adalah banyaknya bunga yang ditanam di sekitaran jalanan ini sehingga membuatnya kelihatan cantik. Cocok deh, untuk yang hobi berburu foto Instagram. 

9. Coit Tower
Kalau memang menyukai pemandangan dari ketinggian, tempat ini bisa jadi salah satu tempat yang didatangi. Dari menara ini, kita bisa melihat kota San Francisco secara 360 derajat. Bukan hanya melihat berbagai bangunan kota tapi juga bisa melihat teluk dan bahkan Alcatraz dari sini. Pastikan ke sini saat cuaca cerah sehingga pemandangan tidak tertutup kabut.

10. City Hall

Sebenarnya ada bagian dari City Hall ini yang bisa dikunjungi oleh publik tapi sayangnya saat saya ke sana tempat ini tutup. Jadi saya hanya bisa menikmati dari luar saja. Untuk yang suka dengan bangunan-bangunan kuno di Eropa, seperti itulah penampakan gedung City Hall. Lagi-lagi bisa jadi objek foto yang bagus.  

Share:

0 komentar