My 2021 Highlight: Road Trip di Australia dengan Balita Saat Pandemi COVID-19


Kondisi pandemi COVID-19 yang tak berkesudahan membuat saya belum bisa bepergian meninggalkan Australia, bahkan untuk pulang ke Indonesia sekalipun. Namun saya bersyukur karena hasrat travelling saya masih bisa terpenuhi tahun ini karena saya, Shannon dan Noah sempat melakukan road trip ke beberapa tempat pada tahun 2021 ini. Jadi bisa dibilang, highlight perjalanan saya pada tahun ini adalah road trip di Australia. 

1. Road Trip ke Canberra
Berkunjung ke Canberra, ACT menjadi road trip pertama yang kami lakukan pada tahun ini. Ini pertama kalinya saya ke Canberra. Yang saya suka dari Canberra adalah banyak museum dan galeri bagus terbuka untuk umum, gratis dan ramah bayi. Cocok dengan kondisi kami yang membawa Noah yang saat itu masih berusia 11 bulan. 


Termasuk di antaranya National Museum of Australia, National Gallery of Australia yang saat itu memiliki pameran karya seni dari Yayoi Kusama yang instagrammable, National Potret Gallery yang memiliki pameran lukisan potrait tokoh-tokoh terkenal, dan Australian War Memorial, monumen yang didedikasikan kepada para prajurit korban perang. Untuk keterangan tempat tersebut dan tempat-tempat gratis lainnya bisa dibaca di tautan berikut ini.

Saya juga suka dengan kotanya yang berada di bawah kaki gunung dengan danau besar yang ada di tengah kota. Keberadaan gunung dan danau ini membuat Canberra yang sangat kota menjadi terasa cukup hijau dan cukup damai. 

Kalau untuk liburan atau jalan-jalan rasanya cukup menghabiskan waktu hanya 2-3 hari saja di sini pasti sudah habis terkunjungi semuanya. Tapi kami waktu itu tinggal lebih lama di sana karena Shannon ada pekerjaan yang harus dilakukan di sana dan itu alasan kenapa kami melakukan road trip ke sana.

2. Road Trip ke Australia Selatan
Road trip yang kami lakukan pada tengah tahun ini adalah road trip dalam rangka liburan. Dari rumah kami di Victoria, kami berhenti di berbagai titik yang menurut kami menarik dijelajahi, sebelum kami sampai di ibukota Australia Selatan, yaitu Adelaide. Namun Adelaide memang bukan tujuan utama kami. Ini hanya satu tempat yang kami kunjungi selama road trip. Tujuan utamanya tentu menikmati berbagai destinasi yang kami kunjungi. 

Dengan mengunjungi Adelaide, saya sudah resmi berkunjung ke seluruh negara bagian Australia dengan ibukotanya. Mulai dari Melbourne, Sydney, Perth, Hobart, Brisbane dan Adelaide. Menurut saya Adelaide hanyalah kota biasa. Kota ini tidak memesona saya layaknya Melbourne dan Hobart namun countryside Australia Selatan sangatlah memesona saya. Banyak sekali tempat yang luar biasa bagus yang membuat saya berkata, "Australia itu indah!"


Beberapa di antaranya adalah Tantanoola Caves (videonya bisa ditonton di sini), gua kecil namun memiliki susunan stalaktit dan stalakmit yang cantik sekali, Umpherston Sinkhole (videonya bisa ditonton di sini), taman cantik yang unik karena ada di lubang bawah tanah, dan Granite Island (videonya bisa ditonton di sini), pulau kecil yang memesona dengan susunan bebatuan granitnya. Tiga tempat tersebut benar-benar membuat saya terkagum-kagum dan sangat bersyukur karena diberikan kesempatan untuk menikmati keindahannya. 

3. Road Trip ke Ballarat 
Ini adalah road trip terakhir yang kami lakukan pada tahun ini sekaligus yang sempat membuat saya deg-degan. Berbeda dengan road trip yang kami lakukan ke Canberra dan Australia Selatan di mana kami datang ke tempat yang saat itu bebas COVID-19 sehingga meembuat saya merasa sedang ada di planet lain, Ballarat tidak bebas COVID-19. Berada di negara bagian Victoria yang selalu jadi salah satu hot spot COVID-19, saat kami berkunjung, Ballarat memiliki 5 kasus COVID-19 per hari. Namun karena beberapa pertimbangan, kami memutuskan pergi. Bisa dibaca alasannya di sini

Meski hanya melakukan perjalanan 2 malam 3 hari saja, saya cukup terkesan dengan kota tua ini. Bangunan-bangunan tua berpadu dengan nuansa hijau dan danau di pusat kota membuat kota ini terasa hangat meskipun termasuk kota yang terdingin di Victoria. 

Salah satu favorit saya adalah Ballarat Botanical Gardens (videonya bisa dilihat di sini) yang tertata cantik dengan bunga-bunga yang berwarni-warni. Saya sudah pernah mengunjungi botanical gardens di beberapa kota di Australia dan yang ada di sini merupakan salah satu yang tercantik. Jadi wajib banget dikunjungi. 

Hal lain yang saya sukai ketika melakukan road trip ke Ballarat adalah mengunjungi ladang bunga canola yang sungguh memesona. Bayangkan saja, hamparan bunga berwarna kuning yang memenuhi lahan berhektar-hektar. Cantiknya nggak ketolongan!

Note:
Travelling dengan Bayi
Travelling dengan bayi yang kemudian bertambah besar dan menjadi balita memiliki keseruan dan tantangannya tersendiri. Yang jelas, saya dan Shannon tidak boleh egois hanya memikirkan kepentingan kami saja. Kami juga harus memasukkan Noah dan kebutuhannya ketika melakukan rencana perjalanan. 

Berbeda ketika Noah masih bayi kecil di mana dia cukup anteng dalam mobil, makin dia bertambah besar maka dia makin tidak betah bila berlama-lama berada di dalam mobil. Karena itu, sebelum pergi Shannon biasanya sudah mengatur rute tempat-tempat mana saja kita bisa break agar Noah bisa bermain sesaat, menyalurkan keaktifannya. 

Untuk yang ingin bepergian dengan bayi, saya pernah menuliskan tip road trip yang mungkin bisa berguna. Silakan dibaca di sini

Road Trip Saat Pandemi
Bepergian saat pandemi jelas berbeda dengan situasi normal (bisa dibaca di sini untuk detailnya). Banyak hal yang harus kita perhatikan untuk memastikan perjalanan kita bisa tetap lancar dan aman. Dan tentunya protokol kesehatan yang tidak boleh dikasih kendor. 

Saya sungguh berharap kita semua bisa tetap sehat dan pandemi ini segera berakhir. Semoga tahun 2022 bisa membawa lebih banyak kebaikan untuk kita semua. 

Selamat tahun baru 2022!



 



Share:

0 komentar