14 Tempat Wisata Gratis yang Instagrammable di London, Inggris (Bagian 1)

Foto: Pixabay

Sebagai kota terbesar di United Kingdom, London memiliki banyak sekali atraksi menarik. Untungnya, tidak semua atraksi tersebut berbayar, banyak tempat wisata gratis  yang instagrammable di London yang terbuka untuk semua turis dari berbagai belahan dunia. Berikut adalah di antaranya.  


1. Platform 9¾ King's Cross Railway Station  
Untuk potterhead seperti saya, tempat ini wajib dikunjungi. Apalagi tujuannya kalau bukan berfoto di tempat Harry Potter dan teman-teman penyihirnya 'berpindah' dari dunia manusia ke dunia sihir. Saat ke sini, terdapat dua orang petugas yang membantu memperlancar pemotretan. Satu petugas bertugas memotret dan satu lagi membantu memasangkan dan memegangkan syal. Para petugas ini berasal dari The Harry Potter Shop at Platform 9¾ yang ada di sebelahnya. Melihat mereka saya sempat khawatir harus membayar sesuatu namun ternyata atraksi ini tetap gratis bila kita memotret sendiri. Meskipun demikian sang petugas tetap akan memotretkan dan kita bisa mencetak hasil fotonya di toko tersebut dengan membayar 15 pounds. Yang saya senang, mereka tidak memaksa saya untuk mencetak foto tersebut, jadi saya tidak merasa terbebani. 



Saya dengan latar the London Eye

2. Westminster Bridge
Selain Tower Bridge, ini adalah salah satu jembatan yang paling sering diabadikan di London. Pasalnya dari jembatan ini, kita bisa menikmati pemandangan ke Big Ben (yang saat saya ke sana masih direnovasi), the London Eye, Palace of Westminster dan sungai Thames. Jembatan yang menghubungkan area Westminster pada sisi barat dan Lambeth pada sisi timur ini merupakan spot foto Instagrammable di London. 




3. Upacara Pergantian Pengawal di Buckingham Palace
Ini salah satu atraksi yang menarik perhatian banyak orang. Terbukti saat saya ke sana ketika hari hujan, kerumunan orang tetap luar biasa banyaknya. Saya sendiri sempat mempertanyakan apakah upacara akan tetap dilangsungkan dengan kondisi cuaca yang tak bersahabat. Namun ternyata cuaca tidak menghalangi upacara ini, baik untuk para pengawal sendiri maupun penonton yang menyaksikan. Untuk yang ingin ke sini, saya sarankan tibalah sekitar 1 jam sebelum jadwal upacara berlangsung untuk mendapatkan posisi yang enak, jangan seperti saya yang datang sangat mepet sehingga mendapatkan posisi yang kurang menguntungkan untuk melihat keseluruhan upacara. Untuk jadwal upacaranya sendiri bisa dilihat di tautan berikut ini




4. Trafalgar Square
Tempat yang tidak jauh dari Buckingham Palace ini bisa dibilang sebagai alun-alunnya kota London. Di tempat inilah pusat perayaan malam tahun baru diselenggarakan. Untuk yang senang hunting foto, tempat ini bisa menjadi pilihan karena dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang instagrammable, di antaranya adalah gedung National Gallery dan St Martin-in-the-Fields Church. 




5. National Gallery

Untuk pencinta seni, museum ini merupakan salah satu tempat wisata gratis di London yang wajib dikunjungi. Berdiri sejak tahun 1824, tempat ini memiliki koleksi lebih dari 2.300 lukisan yang berasal dari pertengahan abad ke-13 hingga tahun 1900. Selain eksibisi koleksi seni, terdapat juga workshop dan kursus singkat yang digelar secara rutin. Untuk info lengkap tentang museum ini bisa dibaca di tautan ini.    



Saya dan kedua teman saya di depan Tower of London

6. Tower of London
Sejak mulai didirikan pada tahun 1066, bangunan ini telah banyak berganti fungsi, mulai dari benteng pertahanan, istana kerajaan, penjara, gudang senjata hingga kebun binatang. Kini, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang salah satu daya tariknya adalah mengajak pengunjung untuk melihat koleksi mahkota dari Ratu Inggris. Untuk masuk ke tempat ini tentu harus bayar. Tapi bagi saya cukup untuk mengagumi dan mengambil foto dari luarnya saja, yang tentunya tak perlu mengeluarkan uang. Di sini juga terdapat area publik yang memungkinkan pengunjung untuk duduk-duduk sambil menikmati Tower of London di bawah sinar matahari (bila cuaca sedang cerah).  




7. Tower Bridge
Berdekatan dengan Tower of London, terdapat Tower Bridge yang merupakan salah satu jembatan yang paling banyak difoto. Bagaimana nggak? Selain Big Ben, jembatan ini merupakan salah satu landmark paling terkenal dari kota London. Dibangun antara tahun 1886 dan 1894, jembatan yang berada di atas sungai Thames ini memiliki dua menara yang menjulang dan membedakannya dari jembatan-jembatan lain. Belum sah ke London kalau belum foto dengan latar jembatan ini.  

Untuk tempat wisata gratis 
 yang instagrammable di London no. 8 - 14 bisa dilihat di tautan ini



Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Share:

0 komentar